• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Hal yang Sebabkan Mulut Terasa Pahit

7 Hal yang Sebabkan Mulut Terasa Pahit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Hal yang Sebabkan Mulut Terasa Pahit

“Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Meski kebanyakan penyebabnya tidak berbahaya, sensasi pahit di mulut tentu mengganggu dan bisa menurunkan nafsu makan. Bila dibiarkan saja, hal itu bisa berdampak pada kesehatan kamu. Selain itu, rasa pahit di mulut juga bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius.”

Halodoc, Jakarta – Rasa pahit di mulut biasanya muncul saat sedang sakit atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Hal itu sebenarnya wajar terjadi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Mengetahui penyebabnya bisa membantu kamu mencari cara untuk mencegah atau mengatasi kondisi ini.

Meski tidak berbahaya, tetapi sensasi pahit yang terasa bisa membuat kamu tidak nyaman. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa muncul sebagai tanda ada gangguan kesehatan di area mulut. Jadi, jangan diabaikan, ketahui penyebab mulut terasa pahit di sini.

Baca juga: Langit-Langit Mulut Membengkak, Apa Sebabnya

Penyebab Rasa Pahit pada Mulut 

Mulut bisa terasa pahit karena beberapa hal, mulai dari gangguan pada asam lambung, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga masalah pada gigi dan gusi. Mulut pahit juga bisa menyebabkan penurunan nafsu makan dan enggan untuk minum air putih. Padahal, tubuh manusia membutuhkan asupan air yang cukup setiap hari. Bila hal ini dibiarkan saja, kamu berisiko mengalami dehidrasi yang akhirnya bisa berdampak pada kesehatan tubuh. 

Jadi, kondisi mulut yang terasa pahit sebaiknya jangan dibiarkan. Nah, mengetahui penyebabnya penting untuk menentukan pengobatan yang tepat. Berikut ini hal yang menjadi pemicu seseorang mengalami rasa pahit di mulut:  

1. Dysgeusia 

Gangguan pada mulut bisa menjadi salah satu penyebab munculnya rasa pahit yang mengganggu. Di dalam dunia medis, ada gangguan mulut yang disebut dysgeusia. Pada kondisi ini, pengidapnya mengalami mulut terasa asam, pahit, atau asin seperti tersentuh logam. Pada kondisi yang lebih parah, dysgeusia juga bisa menyebabkan mulut terasa tengik atau busuk.

2. Penumpukan Bakteri  

Rasa pahit juga bisa muncul akibat ada penumpukan bakteri dan kuman di dalam mulut. Kondisi ini menjadi semakin parah jika ada gigi yang berlubang. Tidak hanya memicu rasa pahit, tumpukan kuman dan bakteri juga bisa memicu bau mulut. Maka dari itu, penting untuk selalu menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan. 

3. Mulut Kering

Mulut kering atau xerostomia terjadi ketika mulut tidak menghasilkan cukup air liur. Karena air liur membantu mengurangi bakteri di mulut, memiliki air liur yang sedikit menyebabkan lebih banyak bakteri bertahan di dalam mulut. 

Orang dengan mulut kering bisa merasakan rasa lengket dan kering, serta pahit di mulut mereka. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti konsumsi obat-obatan, gangguan yang sudah ada sebelumnya atau penggunaan tembakau. Seseorang juga bisa mengalami mulut kering bila hidungnya tersumbat, sehingga harus bernapas melalui mulut yang bisa membuatnya kering. 

Bila kamu memiliki mulut kering terus menerus, bicarakanlah pada dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Baca juga: Sering Diabaikan, 4 Gangguan Mulut ini Berakibat Fatal

4. Masalah Asam Lambung

Naiknya asam lambung ternyata juga bisa menjadi penyebab mulut terasa pahit. Saat hal ini terjadi, kamu mungkin akan mengalami mual dan muntah yang pada akhirnya berujung pada muncul rasa pahit di mulut. Gastroesophageal reflux disease (GERD) umumnya disebabkan oleh makan berlebih, konsumsi makanan pedas, konsumsi makanan diwaktu yang tidak tepat serta faktor stres.

5. Sedang Hamil

Rasa pahit pada mulut bisa terjadi pada siapa saja, termasuk wanita yang tengah hamil. Hal ini terjadi karena ada peningkatan atau penurunan kadar hormon estrogen yang tidak seimbang. Perubahan hormon tersebut menjadi penyebab perubahan rasa pada area mulut menjadi pahit. Kondisi ini juga biasanya terjadi pada wanita yang tengah haid

6. Kurang Vitamin

Mulut pahit juga bisa menjadi tanda kurang asupan vitamin. Kurangnya asupan vitamin B12 dan zinc bisa memicu mulut terasa pahit. Padahal, asupan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ. Maka dari itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, baik dari makanan maupun suplemen tambahan. 

Kamu bisa beli vitamin dan suplemen yang kamu butuhkan melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa pesan obat lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam.

7. Konsumsi Obat 

Konsumsi obat tertentu juga bisa meninggalkan rasa pahit di mulut. Rasa pahit juga bisa muncul karena faktor cara konsumsi atau jenis obat yang diminum. Obat berbentuk sirup yang memiliki rasa pahit lebih mungkin meninggalkan sensasi pahit lebih lama di mulut. 

Baca juga: Adakah Efek Virus Corona pada Kesehatan Gigi dan Mulut?

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Untuk mempermudah kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap, yuk download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
Health Grade. Diakses pada 2021. What is a bitter taste in the mouth? 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 8 Possible Causes for That Metallic Taste in Your Mouth.
Verywell Health. Diakses pada 2021. Causes of a Sour or Bitter Taste in the Mouth.
Web MD. Diakses pada 2021. Oral Side Effects of Medications.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Why do I have a bitter taste in my mouth?