7 Jenis Olahraga untuk Cegah Obesitas pada Kucing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   22 September 2021
7 Jenis Olahraga untuk Cegah Obesitas pada Kucing7 Jenis Olahraga untuk Cegah Obesitas pada Kucing

Olahraga juga penting untuk kucing peliharaan agar hewan tersebut bisa tetap sehat dan terhindar dari obesitas. Berbeda dengan olahraga manusia, olahraga untuk kucing berbentuk permainan yang mendorong hewan tersebut untuk lebih banyak bergerak. Oleh karena mengajak kucing berolahraga tidak semudah anjing, diperlukan kreativitas untuk membuat permainan yang menarik bagi kucing.

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya kamu saja yang perlu berolahraga, kucing peliharaan kamu juga perlu berolahraga, apalagi bagi kucing rumahan. Pasalnya, kucing yang tidak pernah keluar rumah berisiko tinggi untuk mengalami obesitas karena lebih jarang bergerak.

Nah, olahraga, terutama jenis yang melatih keterampilan berburu mereka, bisa membantu kucing menurunkan berat badan dan mengeluarkan energi ekstra. Berbeda dengan olahraga manusia, jenis olahraga untuk kucing lebih berbentuk seperti permainan. Jadi, kamu bisa mengajak kucing untuk melakukan berbagai permainan yang mendorongnya untuk lebih banyak bergerak. Dengan begitu, kucing kesayangan kamu bisa tetap aktif, sehat, dan juga sedikit bersenang-senang.  

Baca juga: 3 Cara Menangani Kucing Peliharaan yang Terkena Obesitas

Jenis Olahraga untuk Kucing

Mengajak kucing untuk berolahraga mungkin tidak akan semudah mengajak anjing berolahraga. Namun, berikut ini beberapa strategi dan jenis olahraga yang akan membuat kucing kamu tertarik untuk melakukannya:

  1. Berikan Teman untuk Berolahraga

Oleh karena kucing biasanya malas untuk menanggapi ajakan olahraga dari tuannya, Jean Hofve, DVM, penulis dan manajer Little Big Cat di Denver, memberikan solusi sederhana agar kucing tetap aktif bergerak. Berikan kucing peliharaan kamu, pasangan untuk berolahraga! Bila ada temannya, kucing cenderung lebih banyak bergerak melalui permainan gulat atau kejar-kejaran.

  1. Coba Menara Kucing

Menara kucing bertingkat yang sudah banyak dijual baik di toko online maupun di toko hewan peliharaan adalah ide lain yang baik untuk mendorong kucing kamu untuk berolahraga. Mainan ini bisa memberi kucing peliharaan kamu banyak tempat untuk bermain dan memanjat, yang bisa membantu untuk menjaga berat badannya tetap ideal. Taruhlah camilan kecil di berbagai bagian menara untuk mendorong kucing memanjat dan bermain.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Mainan Terbaik untuk Kucing

  1. Taruh Banyak Mainan di Sekitar

Strategi lain untuk mendorong kucing berolahraga adalah beri mereka banyak pilihan mainan. Tidak harus selalu mainan yang mahal yang dibeli di toko hewan peliharaan, kamu bisa menggunakan benda-benda rumah tangga sehari-hari sebagai mainan. Misalnya, bola ping pong atau gulungan benang wol. Bermain adalah salah satu jenis olahraga untuk kucing yang paling baik dan menyenangkan.

  1. Buat Arena Hoki

Kamu juga bisa membuat arena hoki instan untuk kucing dengan memasukkan bola ke dalam kotak kardus yang sangat besar atau bak mandi. Ketika kucing kamu mengejar bola dan bolanya memantul dan keluar dari kardus, lalu hewan tersebut “terbang” keluar untuk mendapatkannya, hal itu bisa menjadi jenis olahraga untuk kucing yang pasti akan membuat kamu tertawa.

  1. Bersenang-Senang dengan Laser

Berbicara mengenai jenis olahraga untuk kucing yang bisa membuat tertawa, permainan tembak laser melalui alat seperti pen juga bisa menghibur kamu sekaligus membuat kucing bergerak lebih cepat. Meski begitu, Hofve menyarankan agar kamu melanjutkan dengan mainan nyata yang bisa ditangkap kucing untuk mencegah hewan tersebut menjadi frustasi karena tidak pernah bisa menangkap sinar. Selain itu, pastikan juga untuk tidak pernah menyorotkan laser langsung ke mata kucing.

  1. Tongkat Pancingan

Menurut Hofve, tongkat pancingan adalah mainan yang baik untuk lanjutan permainan laser dan juga jenis olahraga untuk kucing yang baik. Belilah atau kamu juga bisa membuat sendiri tongkat pancingan dengan bulu atau tikus mainan atau pengalihan lain yang dipasang di ujung tongkat. Permainan interaktif dengan tongkat atau mainan jenis pancing adalah jenis olahraga untuk kucing yang biasanya cukup lucu dan sangat memuaskan bagi sisi pemburu besar pada kucing peliharaan kamu. Kamu juga bisa membuat permainan ini lebih menantang dengan mengajak kucing naik turun tangga dengan menggunakan tongkat pancingan.

  1. Berikan Catnip dengan Bijak

Kucing dikenal sangat menyukai catnip, tanaman yang memiliki aroma yang khas. Tanaman ini juga bisa menjadi mainan yang berguna untuk membuat kucing kamu berolahraga. Namun, Hofve menyarankan agar memberikan catnip dengan bijak dan hanya dalam situasi yang tepat. Ingat, tidak semua kucing menyukai tanaman ini dan mereka yang tidak menyukainya bisa menjadi agresif karena catnip. Selain itu, hindari juga memberikan catnip sebelum acara yang membuat kucing stres, seperti pergi ke dokter hewan.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

Itulah jenis olahraga untuk kucing agar hewan peliharaan kamu tersebut bisa terhindar dari obesitas. Bila kucing kamu sakit, jangan khawatir. Hubungi saja dokter hewan dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter hewan terpercaya bisa memberikan saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Cat Exercises Your Pet Will Enjoy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan