4 Jenis Kucing Peliharaan yang Menggemaskan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   20 Mei 2021
4 Jenis Kucing Peliharaan yang Menggemaskan4 Jenis Kucing Peliharaan yang Menggemaskan

Halodoc, Jakarta – Kucing menjadi salah satu jenis hewan peliharaan favorit. Mulai dari kucing yang memiliki tubuh imut-imut, bertubuh besar, memiliki bulu yang biasa saja, sampai kucing berbulu tebal. Kamu berencana memelihara hewan yang satu ini? Sudah tahu mau memilih jenis kucing yang seperti apa? Berikut daftar jenis kucing peliharaan yang menggemaskan! 

Jenis Kucing yang Perlu Diketahui 

Sebenarnya, ada banyak jenis kucing tentu dengan karakteristik yang berbeda-beda. Namun, beberapa jenis kucing nyatanya lebih populer dan sering dijadikan peliharaan di rumah. Apa saja jenis kucing yang bisa dipelihara dan menggemaskan? 

1.Persia 

Persia menjadi jenis kucing ras yang paling populer di dunia. Jenis kucing ini juga paling banyak dan cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Kucing Persia seakan tidak bisa lepas dari kesan mewah dan istimewa yang bisa membuat semua orang merasa gemas.

Baca juga: Pertama Kali Memelihara Kucing, Perhatikan 7 Hal Ini

2.Japanese Bobtail

Japanese Bobtail alias kucing ekor bundle dari Jepang. Jenis kucing yang satu ini juga sering dijadikan hewan peliharaan di rumah. 

3.Norwegian Forest Cat 

Jenis kucing selanjutnya adalah Norwegian Forest Cat alias kucing hutan Norwegia. Jenis kucing ini dikenali dengan bentuk tubuhnya yang lebih besar, tetapi lebih tenang dan menyukai afeksi dari manusia. 

4.Siamese Cat 

Kucing siam dikenal memiliki kemampuan mengeluarkan suara mengeong yang keras. Jenis kucing ini lahir tanpa ada pola khusus, tetapi warna pada bagian telinganya akan berkembang seiring dengan pertambahan usia. Kucing ini akan memiliki pola khas pada saat dewasa. 

Tips Memelihara Kucing Berdasarkan Jenisnya 

Ada sangat banyak jenis kucing lain yang ada di dunia. Namun, satu hal yang paling penting untuk diketahui adalah cara merawat dan kebutuhan tiap kucing akan berbeda. Selain memperhatikan rasa tau keturunan kucing, beberapa hal ini juga perlu diperhatikan saat kamu memutuskan untuk memelihara kucing! 

Baca juga: Ini 6 Jenis Kucing Berukuran Besar yang Menggemaskan

Anak Kucing 

Merawat anak kucing cenderung lebih sulit, sebab anak kucing memiliki daya tahan tubuh paling rentan. Maka dari itu, penting untuk selalu memperhatikan jadwal vaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Selain itu, penting juga untuk mengetahui jenis-jenis penyakit yang bisa menyerang jenis kucing ini, di antaranya: 

  • Flu.
  • Feline Panleukopenia Virus (FPV).
  • Chlamydia Conjunctivitis.

Kucing Dewasa 

Jenis kucing selanjutnya adalah kucing dewasa, yaitu kucing usia 1-6 tahun. Pada jenis kucing ini, daya tahan tubuhnya sudah lebih baik. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatannya, salah satunya memperhatikan berat badan kucing. Sebab, kucing obesitas rentan mengalami penyakit, seperti:

  • Penyakit persendian.
  • Diabetes.
  • Penyakit jantung.
  • Daya tahan & stamina berkurang.
  • Fungsi hati yang kurang baik.

Kucing Senior 

Kucing di atas usia 7 tahun masuk dalam kategori senior. Pada jenis kucing ini, fokuslah pada tingkat stres-nya. Kamu tetap harus memberi perhatian dan mengajaknya bermain meskipun jenis kucing ini sudah tidak lincah lagi. Selain itu, perhatikan asupan makanan harian kucing dan pastikan hewan peliharaan ini minum cukup air. 

Baca juga: Ketahui 6 Penyakit yang Rentan Dialami Kucing Peliharaan

Jika kucing peliharaan menunjukkan gejala penyakit yang parah, segera hubungi dokter hewan di Halodoc. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apa penyebab kucing mengalami sakit serta mengurangi risiko terjadinya komplikasi. Biar lebih mudah, pakai aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar klinik hewan terdekat. Ayo, download Halodoc sekarang!

Referensi:
Britannica. Diakses pada 2021. The 10 Best Types of Cat.
Proplan. Diakses pada 2021. Jenis-jenis Kucing dan Cara Perawatannya. 


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan