• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan untuk Mencegah Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil

7 Makanan untuk Mencegah Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Gangguan pencernaan adalah keluhan paling umum yang dialami oleh 80 persen wanita selama masa kehamilan. Meskipun ada berbagai macam hal yang dapat memicu kondisi tersebut, namun gangguan pencernaan selama kehamilan biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dan perkembangan rahim yang semakin membesar.

Kehamilan membawa perubahan pada sistem pencernaan tubuh ibu yang menyebabkan ketidaknyamanan. Meningkatnya produksi hormon progesteron selama kehamilan dapat memperlambat proses pencernaan pada tahap awal kehamilan. Seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran rahim yang membesar juga dapat menekan organ dalam perut, sehingga menambah ketidaknyamanan ibu hamil. 

Akibatnya, ibu hamil dapat mengalami sembelit, kembung, perut bergas, dan juga sensasi terbakar di dada (heartburn), yang semuanya adalah gejala gangguan pencernaan. Untungnya, masalah kesehatan tersebut bisa dicegah dengan menerapkan kebiasaan sehat, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. 

Baca juga: 4 Gangguan Pencernaan Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Makanan untuk Mencegah Gangguan Pencernaan Selama Kehamilan

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah gangguan pencernaan selama kehamilan, yaitu:

1.Buah-buahan dan Sayuran Segar

Mengonsumsi makanan seimbang dengan banyak buah-buahan dan sayuran memberikan asupan serat yang ibu butuhkan untuk memfasilitasi pergerakan usus. Dengan begitu, ibu bisa mencegah gangguan pencernaan selama kehamilan.

2.Almond

Almond yang kaya kalsium bermanfaat untuk menenangkan perut. Jadi, ibu bisa mengonsumsi almond sebagai camilan yang sehat selama kehamilan.

3.Susu Hangat dengan Madu

Susu hangat yang dicampur madu adalah minuman yang mampu menenangkan dan membuat perut menjadi nyaman. Namun, hindari minuman ini bila ibu tidak toleran terhadap laktosa.

4.Oatmeal

Makanan sehat yang satu ini dapat menyerap asam berlebih dan menambah kepadatan pada kotoran, sehingga dapat mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil.

5.Teh Peppermint atau Teh Jahe

Selain susu hangat dengan madu, teh peppermint atau teh jahe juga adalah minuman yang dapat menenangkan dan memberi kenyamanan pada perut ibu. Minuman tersebut juga membantu ibu hamil mengatasi mual yang sering muncul selama awal kehamilan, atau dikenal dengan morning sickness.

6.Jus Cranberry

Jus cranberry dapat menghambat pertumbuhan bakteri pylori dan menjaga kesehatan usus ibu hamil.

7.Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt juga dapat membantu mencegah dan meredakan mulas, karena yoghurt adalah probiotik alami.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil

Cara Lain untuk Mencegah Gangguan Pencernaan Selama Kehamilan

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan pencernaan, ibu hamil perlu melakukan perubahan kebiasaan berikut untuk mencegah gangguan pencernaan:

  • Alih-alih makan dalam porsi besar, makanlah dalam porsi kecil tapi lebih sering sepanjang hari. Cara ini dapat mengurangi tekanan pada usus, sehingga membuat pencernaan makanan menjadi lebih mudah.
  • Makanlah secara perlahan dan kunyah dengan baik. Cara ini membantu proses pencernaan.
  • Hindari makanan berlemak dan pedas karena dapat menyebabkan refluks asam.
  • Hindari berbaring tepat setelah makan. Cara terbaik adalah dengan tetap duduk atau berdiri agar gravitasi dapat membantu makanan turun ke usus.
  • Jangan merokok. Merokok cenderung mengendurkan katup antara perut dan pipa makanan, sehingga membuat ibu lebih rentan mengalami gangguan pencernaan.
  • Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat di malam hari dapat membantu mencegah refluks asam.

Baca juga: Waspada Asam Lambung Naik saat Hamil, Ini Sebabnya

Itulah makanan sehat yang baik dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah gangguan pencernaan. Bila ibu mengalami gejala gangguan pencernaan yang bikin tidak nyaman, bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. Indigestion During Pregnancy.
Mother and Baby. Diakses pada 2020. 5 ways to beat pregnancy indigestion