7 Manfaat Agar-Agar, Tak Hanya Melancarkan Pencernaan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 November 2023

“Melancarkan pencernaan dengan mengatasi sembelit merupakan salah satu manfaat agar-agar yang tak perlu kamu ragukan lagi. Namun, makanan sehat ini juga menawarkan banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh.”

7 Manfaat Agar-Agar, Tak Hanya Melancarkan Pencernaan7 Manfaat Agar-Agar, Tak Hanya Melancarkan Pencernaan

DAFTAR ISI

  1. Manfaat Agar-agar untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Agar-agar memiliki rasa yang manis, tekstur yang kenyal, dan banyak warna yang sangat menarik. Manfaat agar-agar yang paling utama dan populer adalah membantu melancarkan pencernaan. 

Makanan satu ini terbuat dari gelatin, bahan yang baik untuk kesehatan. Pada dasarnya, gelatin adalah zat padat yang berasal dari kolagen hewan, tidak berasa dan tidak berwarna. Hanya, agar-agar yang biasa kamu konsumsi terbuat dari ekstrak rumput laut.

Manfaat Agar-agar untuk Kesehatan

Gelatin tidak hanya menjadi bahan untuk membuat agar-agar, tapi juga pembentuk gel pada kosmetik dan produk farmasi. Agar-agar menjadi salah satu makanan sehat, karena merupakan sumber asam amino yang baik. 

Melancarkan pencernaan merupakan salah satu manfaat agar-agar yang telah lama diketahui. Dalam sebuah penelitian pada tikus, gelatin terbukti membantu melindungi dinding usus dari kerusakan. 

Dalam prosesnya, tubuh mengubah salah satu jenis asam amino dalam gelatin, yaitu glutamat menjadi glutamin. Senyawa tersebut terbukti dapat meningkatkan keutuhan dinding usus dan mencegah usus bocor. 

Usus bocor terjadi ketika dinding usus menjadi berpori. Hal tersebut memungkinkan bakteri dan zat berbahaya lainnya keluar dari usus ke aliran darah, sebuah proses yang seharusnya tidak terjadi secara normal. Dalam dunia medis, kondisi ini memiliki sebutan sindrom iritasi usus besar.

Tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, agar-agar juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya yang sayang untuk kamu lewatkan, seperti:

1. Manfaat agar-agar untuk meredakan sembelit

Salah satu cara pengobatan rumahan untuk mengatasi sembelit yaitu mengonsumsi makanan tinggi serat. Agar-agar merupakan salah satu makanan tinggi serat yang baik untuk meredakan sembelit.

Makanan tersebut dapat bertindak sebagai pencahar alami yang membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah keluar dari tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat agar-agar selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Ini berkat gelatin yang menjadi bahan bebas lemak dan karbohidrat. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu tentu tidak boleh menambahkan gula dalam makanan ini.

Dalam sebuah penelitian, konsumsi gelatin menyebabkan peningkatan kadar hormon yang dapat mengurangi nafsu makan. Selain itu, gelatin juga membantu tubuh merasa kenyang.

Ini artinya, orang yang sedang menurunkan berat badan bisa mengonsumsi agar-agar sebagai makanan pendukung. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Tips dan Menu Diet Sehat 30 Hari untuk Turunkan Berat Badan.

3. Memperkuat tulang

Agar-agar mengandung magnesium, kalsium, sulfur, silikon, dan mineral. Kandungan tersebut memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan dan kekuatan tulang.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan satu ini dapat mengurangi nyeri sendi, menguatkan sendi, dan meningkatkan kepadatan tulang rawan.

4. Manfaat agar-agar untuk mencegah stretch mark

Selain itu, gelatin yang terkandung dalam agar-agar juga baik untuk kesehatan kulit. Salah satu manfaatnya adalah membantu meningkatkan elastisitas dan mengencangkan kulit, termasuk mencegah stretch mark

Tak ketinggalan, gelatin juga berperan dalam peningkatan produksi kolagen pada tubuh yang penting untuk mencegah terbentuknya stretch mark pada permukaan kulit. Selain mengonsumsi makanan ini, kamu juga bisa mencoba 8 Cara Menghilangkan Stretch Mark yang tak kalah efektifnya.

5. Menjaga massa otot

Seseorang akan cenderung kehilangan massa otot ketika sakit. Dengan mengonsumsi agar-agar, maka massa otot tubuh dapat terjaga. Selain itu, proses pemulihan tubuh pun berlangsung lebih cepat.

6. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan lain dalam agar-agar adalah asam amino glisin. Senyawa ini dapat membantu mengelola kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2. Selain itu, makanan ini juga menjadi salah satu pengobatan alami untuk meredakan peradangan.

Selain agar-agar, kamu juga bisa mengonsumsi 13 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes secara rutin. Jangan lupa, imbangi dengan pola hidup sehat lainnya, ya!

7. Meningkatkan kualitas tidur

Masih berkaitan dengan asam amino glisin, senyawa penting ini juga efektif untuk meningkatkan kualitas tidur dan fungsi saraf lainnya. Tentunya, ini sangat baik untuk pengidap insomnia. Namun, tentu perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk dapat merasakan manfaat tersebut. 

Itu tadi beberapa manfaat agar-agar untuk kesehatan tubuh yang penting untuk kamu dan keluarga ketahui. J

ika mengonsumsi makanan sehat ini masih belum efektif untuk membantu mengatasi keluhan yang kamu alami, jangan tunda untuk bertanya pada dokter dari Halodoc penanganan medisnya.✔️ 

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2022. What is gelatin made of, and is it good for you?
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Gelatin Good For? Benefits, Uses and More
India.com. Diakses pada 2022. Health benefits of gelatin: 7 amazing health benefits of gelatin

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan