Catat, Ini 7 Manfaat Buah Kesemek dan Cara Mengolahnya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 September 2023

“Buah kesemek berasal dari Jepang dan Cina. Di dalamnya terdapat banyak vitamin dan mineral yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai zat antikanker”.

Catat, Ini 7 Manfaat Buah Kesemek dan Cara MengolahnyaCatat, Ini 7 Manfaat Buah Kesemek dan Cara Mengolahnya

Halodoc, Jakarta – Kesemek adalah buah yang memiliki bentuk bulat dan memiliki kulit tipis yang dapat dimakan. Buah ini berasal dari keluarga Rosaceae dan varietasnya dapat berbeda-beda. Tetapi kesemek umumnya memiliki warna kulit oranye atau kuning dengan daging buah yang manis dan lembut.

Tak cuma manis dan lembut, nyatanya buah unik asal Jepang dan China ini juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Hal ini berkat kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Lantas, apa saja manfaat buah kesemek dan bagaimana cara mengolahnya? 

Kandungan Nutrisi Buah Kesemek

Dalam 100 gram buah kesemek mengandung:

  • Serat: 3.6 gram. 
  • Kalori : 78 kilokalori. 
  • Karbohidrat: 20 gram.
  • Protein: 0.8 gram.
  • Lemak : 0.4 gram.
  • Kalsium: 6 miligram.
  • Fosfor: 26 miligram.
  • Zat besi: 0.3 miligram.
  • Kalium: 34.5 miligram.

Selain beberapa kandungan di atas, buah kesemek juga mengandung berbagai jenis vitamin, yaitu vitamin A sebanyak 32 persen dari angka kecukupan gizi harian (AKG), vitamin B6: 14 persen dari AKG, dan vitamin C: 80 persen dari AKG.

Tak hanya itu, vitamin E di dalamnya mengandung senyawa antioksidan berupa karotenoid dan katekin. Fungsinya untuk membantu peradangan dalam tubuh dan sebagai agen antikanker.

Selain itu, terdapat senyawa antioksidan flavonoid. Nutrisi ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Buah Kesemek untuk Apa?

Manfaat Buah Kesemek untuk Apa?

Buah asal Jepang dan China ini lengkap dengan vitamin dan mineral yang memberikan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Dapat meningkatkan imunitas

Jurnal Influence of vitamin C on lymphocytes: An overview dalam Antioxidants menyebutkan, kandungan asam askorbat atau vitamin C berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih.

Hal ini merupakan garis pertahanan utama tubuh untuk menghalau patogen dan racun penyebab penyakit. 

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam kesemek berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, serat ini mampu menjerat lemak pemicu kolesterol. Jika tidak dihilangkan, kolesterol bisa menghambat aliran darah dan memicu penyakit jantung.

Bukan itu saja, kalium pada buah ini bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin C dan folatnya berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah stroke dan serangan jantung. 

3. Mendukung fungsi penglihatan

Salah satu khasiat buah kesemek yang paling terkenal adalah menyehatkan mata. Manfaat ini berasal dari kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat tinggi.  Keduanya adalah beta karoten, sejenis antioksidan pada  retina. 

Antioksidan tersebut bisa melindungi mata dari degenerasi makula seiring bertambahnya usia. Bukan itu saja, kandungan vitamin E dan C-nya juga bisa menghambat radikal bebas yang menyasar bagian mata. 

Selain kesemek, masih ada sejumlah makanan lain yang baik untuk mata. Simak informasinya dalam artikel: Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

4. Buah kesemek meningkatkan kesehatan otak

Buah ini ternyata bukan cuma mengandung satu jenis antioksidan saja. Selain lutein dan zeaxanthin, buah kesemek juga mengandung fisetin yang bermanfaat untuk kesehatan otak

Antioksidan yang satu ini mampu meningkatkan memori jangka panjang, mencegah disfungsi saraf, dan mencegah penurunan fungsi kognitif akibat pertambahan usia. 

Tidak sampai di situ, fisetin juga mampu mencegah kerusakan otak akibat stroke iskemik. Senyawa ini juga mampu meningkatkan kadar serotonin yang memberikan efek antidepresan.

5. Mencegah kanker usus besar

Penelitian menyebutkan kalau buah berwarna orange kekuningan seperti kesemek bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Warna tersebut berasal dari kandungan beta karoten. Ini adalah antioksidan yang menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

6. Mencegah osteoporosis

Mencegah osteoporosis bukan hanya lewat kalsium yang terdapat pada susu saja. Buah-buahan seperti kesemek juga bisa mencegah pengeroposan tulang. Khasiat ini terjadi berkat kandungan polisakarida di dalamnya. Cara kerjanya dengan menghambat ekspresi genetik osteoklas, yakni sel-sel yang memicu kerusakan tulang. 

7. Buah kesemek dapat mencegah obesitas

Kesemek punya sifat antiradang untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes. Efek ini bersumber dari kandungan vitamin C. Senyawa tersebut membantu melindungi sel dari kerusakan karena radikal bebas.

Cara Mengolah Buah Kesemek 

Ada beberapa cara untuk mengolah buah kesemek. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan memotongnya menjadi beberapa irisan atau langsung memakannya seperti apel. Beberapa orang juga mengirisnya menjadi dua dan menyerok dagingnya dengan sendok.

Selain itu, kamu juga bisa mengolah kesemek sebagai kombinasi hidangan dengan bahan lain. Berikut rekomendasinya:  

  • Tambahkan kesemek kering ke roti, kue, dan makanan panggang lainnya.
  • Campurkan kesemek segar dalam salad, acar, atau saus.
  • Haluskan daging kesemek dan tambahkan ke yogurt atau es krim.
  • Tambahkan kesemek kering atau segar sebagai taburan pada sereal, muesli, atau granola. 

Itulah berbagai manfaat buah kesemek yang perlu kamu ketahui dan cara mengolahnya. Jika kamu atau anggota keluargamu mengalami gangguan kesehatan setelah mengonsumsinya, segeralah hentikan konsumsinya. 

Kemudian, pastikan untuk berdiskusi dengan dokter untuk mendapatkan saran kesehatan yang tepat. Agar mudah, kamu juga bisa secara langsung menghubungi dokter lewat aplikasi Halodoc!

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Persimmon Nutrition Facts and Health Benefits.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are the health benefits of persimmon fruit?
Healthline. Diakses pada 2023. Top 7 Health and Nutrition Benefits of Persimmon.
EXCLI Journal. Diakses pada 2023. Persimmon (Diospyros kaki) fruit: hidden phytochemicals and health claims.
Antioxidants. Diakses pada 2023. Influence of vitamin C on lymphocytes: An overview.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan