• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 09 Oktober 2020
Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan MataIni 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata selalu sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Selama ini, ada jenis makanan yang dikenal baik untuk kesehatan mata, yaitu wortel. Namun, tahukah kamu ternyata ada sederet jenis makanan lain yang juga baik untuk kesehatan mata. Apa saja? 

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin A dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, E, zinc, lutein, dan asam lemak omega-3. Rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tersebut bisa meminimalkan risiko penurunan kemampuan penglihatan. 

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Makanan untuk Mata yang Lebih Sehat

Seiring bertambahnya usia, organ tubuh rentan mengalami gangguan kesehatan, termasuk mata. Salah satu jenis penyakit mata yang bisa menyerang adalah katarak. Nah, kamu bisa meredakan risiko terjadinya penyakit mata dengan mengonsumsi makan sehat, di antaranya: 

1.Labu Kuning 

Jenis buah dan sayur yang berwarna kuning dan oranye, seperti wortel memiliki banyak kandungan beta karoten. Selain wortel, labu kuning juga bisa jadi pilihan. Beta karoten nantinya akan diubah tubuh menjadi vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya mencegah rabun senja. 

2.Ubi 

Selain labu kuning, konsumsi ubi juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Kamu bisa menambahkan ubi dalam menu makan harian atau menjadikan ubi panggang sebagai camilan. 

Baca juga: Ini 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak Sejak Dini

3.Sayuran Hijau 

Sayuran yang berwarna hijau, seperti bayam, brokoli, dan kubis, memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin sebagai antioksidan. Kedua kandungan itu disebut mampu menurunkan risiko katarak dan penurunan fungsi mata. Selain itu, antioksidan juga bisa membantu melindungi mata dari hal yang berbahaya, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, dan asap rokok.

4.Ikan Laut 

Menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi ikan laut, seperti ikan tuna, salmon, dan sarden. Jenis makanan ini banyak mengandung asam lemak jenis DHA yang disebut bisa membantu mencegah terjadinya sindrom mata kering. Selain itu, asam lemak pada ikan juga bisa melindungi mata dari peradangan dan membantu kinerja mata.

5.Buah-buahan

Konsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti jeruk, stroberi dan berbagai jenis buah beri juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Jenis makanan ini bisa membantu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana, seperti mengenakan kacamata saat keluar rumah. Selain itu, disarankan untuk berhenti merokok dan batasi waktu menatap layar komputer atau gadget. Hal ini bisa membantu menjaga daya penglihatan tetap optimal. 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Lakukan Tes Buta Warna?

Jika mengalami gangguan pada penglihatan atau kesehatan mata, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata terdekat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menanyakan seputar gejala yang muncul. Hubungi dokter mata terbaik melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga mata tetap sehat dari ahlinya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Good Foods for Eye Health.
Health. Diakses pada 2020. 5 Foods for Healthy Eyes.
WebMD. Diakses pada 2020. How to Keep Your Eyes Healthy.