7 Tips Sehat dan Bugar saat Memasuki Usia 40-an

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 November 2022

“Ada beberapa tips sehat dan bugar saat memasuki usia 40-an yang bisa dilakukan. Ini semata-mata dilakukan agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik.”

7 Tips Sehat dan Bugar saat Memasuki Usia 40-an7 Tips Sehat dan Bugar saat Memasuki Usia 40-an

Halodoc, Jakarta – Semakin bertambah usia, ada beberapa orang yang merasa khawatir mengenai kesehatan tubuhnya, khususnya jika kamu telah memasuki usia 40-an. Padahal, usia ini masih terbilang usia yang produktif untuk melakukan berbagai kegiatan. harian 

Pemeriksaan kesehatan secara rutin menjadi hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan saat memasuki usia 40-an. Selain itu, kamu juga bisa lakukan berbagai tips sehat dan bugar memasuki usia 40-an berikut ini!

Tips Sehat dan Bugar di Usia 40 Tahun

Saat memasuki usia 40 tahun, tentunya akan ada banyak perubahan yang dirasakan dalam hidup, terutama masalah kesehatan. Ada banyak perubahan secara hormon, mental, hingga kondisi fisik yang akan dialami oleh pria maupun wanita saat memasuki usia ini.

Usia ini pun menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi kondisi kesehatan secara menyeluruh dan melakukan berbagai hal tepat yang bisa membuat kamu menjadi semakin sehat. Ada beberapa tips sehat dan bugar di usia 40 tahun yang bisa kamu terapkan berikut ini:

1. Perhatikan Asupan Gula

Memasuki usia 40 tahun, pastikan kamu memerhatikan asupan gula yang dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, terlalu banyak asupan gula pada tubuh dapat menyebabkan gangguan tidur hingga risiko diabetes. Selain itu, kebanyakan gula membuat kamu lebih mudah mengalami penumpukan lemak di beberapa area tubuh. 

2. Batasi Asupan Makanan Cepat Saji

Berbagai jenis makanan cepat saji memang terlihat menarik untuk dikonsumsi. Namun, saat kamu memasuki usia 40-an sebaiknya batasi jenis makanan ini. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji akan membuat kamu berisiko kekurangan nutrisi sehingga kamu jadi lebih mudah lelah.

3. Jangan Mengonsumsi Suplemen Tanpa Anjuran Dokter

Mengonsumsi suplemen menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen. Sebaiknya konsumsi suplemen sesuai dengan anjuran dokter. 

Jika sudah mendapat resep dokter, kamu bisa mendapatkan suplemen dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play agar kebutuhan medis yang diperlukan langsung diantar ke tempat kamu.

4. Perbanyak Mengonsumsi Serat

Memasuki usia 40-an, metabolisme tubuh akan menurun dan bekerja lebih lambat. Untuk itu, kamu disarankan mengonsumsi berbagai makanan dengan jumlah kalori rendah ketika memasuki usia ini. Kamu juga perlu mengonsumsi lebih banyak serat untuk menunjang kesehatan.

5. Lakukan Olahraga

Usia 40 tahun nyatanya bukan halangan untuk tetap berolahraga. Namun, pastikan sesuaikan gerakan dan intensitasnya dengan kemampuan tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin olahraga di usia 40-an, seperti mengurangi peradangan sendi, menurunkan tekanan darah, mengelola stres, hingga meningkatkan fleksibilitas.

6. Jangan Lewatkan Sarapan

Jika kamu memiliki kebiasaan sering melewatkan sarapan saat muda, sebaiknya mulailah untuk menikmati sarapan satu jam setelah bangun tidur. Sarapan menjadi waktu yang penting untuk proses metabolisme dalam tubuh.

Pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk sarapan, seperti buah, sereal, telur, atau roti gandum. Dengan begitu, kamu akan memiliki energi untuk melakukan berbagai kegiatan.

7. Perbanyak Asupan Antioksidan

Memasuki usia 40 tahun sebaiknya perhatikan asupan antioksidan untuk tubuh. Kandungan ini bisa membantu kamu mencegah paparan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menyebabkan berbagai kerusakan jaringan tubuh atau munculnya penyakit kanker. Kamu bisa menemukan kandungan antioksidan, dari buah, sayur, hingga kacang-kacangan.

Itulah berbagai tips sehat dan bugar yang bisa kamu lakukan memasuki usia 40-an. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kualitas hidup yang semakin optimal.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Eat This Not That. Diakses pada 2022. You Need to Stop Making These 40 Health Mistakes After 40.
Live Science. Diakses pada 2022. 7 Ways to Stay Healthy After 40.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan