Catat, Ini 8 Cara Mengobati Gatal karena Ulat Bulu

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juni 2023

“Racun dari ulat bulu bisa menyebabkan gatal dan rasa tidak nyaman pada kulit. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi efek gigitan ulat bulu, mulai dari mengusap dengan garam, menggunakan minyak kelapa, kunyit, hingga menggunakan soda kue."

Catat, Ini 8 Cara Mengobati Gatal karena Ulat BuluCatat, Ini 8 Cara Mengobati Gatal karena Ulat Bulu

Halodoc, Jakarta – Ulat bulu adalah salah satu jenis serangga yang mempunyai rambut halus pada semua bagian tubuhnya. Namun, ada zat kimia beracun yang terkandung pada rambut halus tersebut. Jika bersentuhan dengan bagian tubuh manusia, bulu ini dapat mengakibatkan munculnya reaksi alergi dan iritasi. 

Gigitan ulat bulu bisa memicu munculnya gejala yang sangat bervariasi. Misalnya, muncul bercak kemerahan atau bentol pada kulit, terasa perih, membengkak, dan gatal. Sudah pasti, hal ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman, bahkan menghambat aktivitas. 

Cara Mengatasi Gatal karena Gigitan Ulat Bulu

Guna membantu mengurangi efek samping yang muncul karena gigitan ulat bulu, kamu bisa mencoba melakukan beberapa hal berikut ini. 

1. Tidak menggaruk bagian yang gatal

Rasanya memang sulit menahan keinginan untuk menggaruk bagian tubuh yang terkena bulu ulat. Namun, sebaiknya kamu menghindari menggaruk bagian tersebut, karena bisa meningkatkan risiko munculnya infeksi pada kulit. 

Beberapa orang juga mengalami bentol dan ruam seperti biduran ketika terkena bulu dari ulat beracun ini. Namun, benarkan bulu ulat ini bisa memicu biduran? Kamu bisa mendapatkan jawabannya melalui artikel Kena Ulat Bulu Bisa Sebabkan Biduran, Benarkah?

Alih-alih menggaruknya, sebagai tindakan alternatif, kamu bisa menggunakan krim atau salep untuk membantu mengurangi gatal karena gigitan serangga.

2. Hilangkan bulu yang menempel pada kulit

Jika kamu mengalami kontak langsung dengan ulat bulu, segera hilangkan bulu yang menempel pada kulit. Kamu bisa menggunakan sarung tangan, selotip, atau kertas untuk mengangkat bulu yang menempel. Sebisa mungkin, kamu melakukan hal ini secepat mungkin agar bulu tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

3. Bersihkan area tubuh yang terkena ulat bulu

Setelah berhasil menghilangkan bulu yang melekat pada tubuh, cucilah area yang terkena bulu tersebut dengan menggunakan air hangat dan sabun untuk membantu menghilangkan racun yang tersisa.

4. Usap dengan garam

Menghilangkan rasa gatal akibat ulat bulu juga bisa menggunakan garam. Caranya juga sangat sederhana, usapkan garam dan gosokkan selama lima menit pada bagian tubuh yang terkena bulu. Garam bisa membantu menghilangkan bulu dan racun yang tak terangkat ketika kamu membasuhnya dengan sabun.

5. Minyak kelapa dan es batu

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) atau kompres dingin untuk mengurangi rasa perih, pembengkakan dan nyeri. Namun, apabila kedua kondisi tersebut tidak mereda, segera lakukan pemeriksaan medis untuk menghindari terjadinya reaksi alergi yang serius.

6. Menggunakan kunyit

Beberapa pakar menyebutkan, kunyit juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi gatal akibat racun ulat bulu. Kunyit menjadi salah satu rempah dengan sifat antiinfeksi yang mampu membuat luka menjadi lebih cepat kering. 

Caranya, bersihkan kunyit dan parut hingga lembut. Kemudian, balurkan kunyit parut ke bagian kulit yang terkena ulat. Selanjutnya, tunggulah selama beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

7. Soda kue untuk mengatasi gatal karena ulat bulu

Soda kue memang memiliki banyak fungsi, salah satunya termasuk meredakan gatal karena bulu ulat sekaligus mencegah gatal tersebut menyebar. Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok makan soda kue dengan satu hingga dua sendok makan air hangat. Lalu, aduk hingga tercampur sempurna dan oleskan ke bagian kulit yang terasa gatal.

8. Menggunakan salep

Jika cara sebelumnya tidak memberikan hasil yang optimal, coba gunakan salep hidrokortison atau antihistamin. Kamu juga sebaiknya segera melakukan pemeriksaan medis ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. 

Kamu bisa mencari salep atau coconut oil untuk membantu mengurangi gatal tersebut di Toko Kesehatan Halodoc.✔️ Pengiriman cepat bisa sampai dalam satu jam, dengan kemasan yang aman tersegel.

Meski racun ulat bulu relatif tidak berbahaya, seseorang yang memiliki alergi sangat mungkin terkena dampak lain selain gatal. Misalnya, sesak napas atau pusing yang memiliki sebutan medis anafilaksis. 

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2023. What Parents Should Know About Caterpillars.
Medscape. Diakses pada 2023. Caterpillar Envenomation.
University of Kentucky. Diakses pada 2023. Insect & Pest Info. Stinging Caterpillars.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan