Ini Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di Apotek

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Mei 2024

Ada beberapa rekomendasi obat gatal di apotek yang mampu mengatasi berbagai penyebab gatal-gatal pada kulit. Contohnya Cetirizine, Dextamine, Benoson, Desoxiron, Pi Kang Shuang, Ozen Sirup, hingga Caladine Lotion yang bisa didapatkan di Halodoc.”

Ini Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di ApotekIni Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI:

Rekomendasi Obat Gatal pada Kulit di Apotek

Halodoc, Jakarta – Gatal-gatal pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari alergi kulit kering, eksim, dermatitis kontak, hingga gigitan serangga. Bila tidak ditangani dengan tepat, gatal pada kulit bisa mengganggu aktivitas pengidapnya, bahkan menyebabkan infeksi bila mengalami luka akibat digaruk. 

Gejala yang muncul saat mengalami gatal dapat bervariasi, tergantung dari penyebabnya. Umumnya, yaitu ruam kemerahan, bengkak, dan sensasi rasa terbakar di area yang terkena. 

Nah, mau tahu obat gatal pada kulit apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini? Simak, ulasan ini!

Rekomendasi Obat Gatal pada Kulit di Apotek

Ada beberapa pilihan obat gatal pada kulit di apotek yang ampuh dan bisa kamu gunakan, antara lain:

1. Cetirizine 10 mg 10 Tablet

Cetirizine adalah obat golongan antihistamin yang bekerja dengan menghambat reseptor H1 pada tubuh. Reseptor ini berhubungan langsung dengan peradangan dan alergi.

Obat gatal pada kulit ini  juga mampu mengobati rhinitis tahunan, rhinitis alergi musiman, konjungtivitis, pruritus, dan urtikaria idiopatik kronis. Dosis penggunaan sesuai berdasarkan masalah yang mendasari.

Dosis penggunaan:

  • Anak berusia 2-6 tahun: 2.5 mg, 2 kali sehari. 
  • Anak berusia 6-12 tahun: 5 mg, 2 kali sehari. 
  • Di atas 12 tahun dan orang dewasa: 10 mg, 1 kali sehari. 
  • Insufisiensi ginjal: ½ dosis dari yang tertera.

Kisaran harga: Rp6.500 per strip.

Dapatkan Cetirizine 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Dextamine 10 Tablet

Dextamine adalah pilihan obat gatal pada kulit yang juga dapat mengatasi inflamasi atau peradangan. Obat ini mengandung dexametasone sebagai antiinflamasi dan Dexchlorpheniramine maleat sebagai antialergi. 

Obat gatal ini juga sering diresepkan dokter untuk mengobati beberapa penyakit lainnya seperti asma bronkial, rhinitis alergi, dermatitis atopik, serum sickness, konjungtivitis alergi, hingga alergi terhadap obat-obatan tertentu. 

Berikut dosis yang dianjurkan untuk obat ini:

  • Dewasa: 1 tablet tiga kali sehari sesudah makan.
  • Anak-anak: ½ tablet tiga kali sehari sesudah makan.

Rentang harga: Rp23.800 – Rp24.200 per strip.

Dapatkan Dextamine 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Benoson N Cream 5 g

Kamu juga dapat menggunakan obat topikal berbentuk krim seperti Benoson N Cream 5 g. Kandungannya adalah Betamethasone valerate dan antibiotik Neomycin sulfate. 

Obat gatal pada kulit ini  dapat mengobati peradangan, gatal-gatal, dan membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.  

Cukup oleskan tipis-tipis pada bagian tubuh yang gatal 2-3 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp24.500 per tube.

Dapatkan Benoson N Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Desoxiron Cream 0.25% 15 gr

Desoxiron Cream mengandung desoximetasone 2,5 mg. Senyawa ini merupakan golongan kortikosteroid yang bekerja sebagai antiradang dan imunosupresan.

Dalam beberapa kasus tertentu, dokter kadang meresepkan krim gatal ini untuk mengobati dermatitis dan psoriasis. Dalam sehari, kamu dapat oleskan krim ini 1-2 kali. 

Kisaran harga: Rp94.400 per tube.

Dapatkan Desoxiron Cream 0.25% 15 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Pi Kang Shuang Cream 5 g

Pi Kang Shuang Cream 5 g adalah pilihan obat gatal pada kulit yang mengandung zat aktif Miconazole nitrate, Neomycin sulfate, dan Triamcinolone acetonide. 

Biasanya, obat ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit yang disebabkan jamur, mulai dari kudis, panu, hingga kurap.

Untuk mengatasi gatal, cukup oleskan 2-3 kali sehari. Penggunaan krim ini maksimal 1 minggu. Bila tidak ada perubahan, jangan lanjutkan dan segera konsultasi ke dokter. 

Kisaran harga: Rp15.600 per tube.

Dapatkan Pi Kang Shuang Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Ozen Sirup 60 ml

Ozen Sirup mengandung Cetirizine 2 HCl 5 mg dalam 5 ml. Cetirizine adalah obat golongan antihistamin yang bekerja secara kompetitif dan selektif dalam menghambat reseptor H1. 

Gunanya adalah untuk mengobati rhinitis menahun, konjungtivitis, pruritus, urtikaria idiopatik kronis, dan rhinitis alergi seasonal.

Nah, karena obat ini dapat dikonsumsi obat anak-anak hingga dewasa. Pastikan kamu mendapatkan dosis yang tepat untuk pengobatanmu. Berikut aturan dosisnya:

  • Anak di atas 12 tahun dan dewasa: 10 ml sekali sehari. 
  • Anak 6-12 tahun: 5 ml dua kali sehari.
  • Anak 2-6 tahun: 2,5 ml dua kali sehari

Kisaran harga: Rp67.300 per botol.

Dapatkan Ozen Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Caladine Lotion 60 ml

Caladine Lotion adalah obat gatal pada kulit dalam bentuk losion yang mengandung  calamine, zinc oxide dan Diphenhydramine HCL. Khasiatnya efektif mengatasi gatal akibat udara panas, serangga, dan biang keringat.

Dalam satu botol berukuran 60 ml obat gatal ini mengandung 5 persen calamine, 10 persen zinc oxide, dan 2 persen Diphenhydramine HCL. Sebelum mengaplikasikan, bersihkan kulit terlebih dulu.

Dosis penggunaan obat gatal ini adalah 2-4 kali sehari, setelah mandi.

Rentang harga:Rp20.900 – Rp21.100 per  botol.

Dapatkan Caladine Lotion 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain itu, Ini Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Ruam Kulit.

Nah, untuk mendapatkan obat-obatan di atas bisa melalui Toko Kesehatan Halodoc secara online tanpa perlu keluar rumah. Pengiriman instan dan cepat, 1 jam sampai!

Berbagai Penyebab Gatal pada Kulit

Kulit akan tampak mengalami ruam dan peningkatan hasrat ingin menggaruk saat mengalami gatal-gatal. Nah, ada beberapa kondisi yang menjadi pemicunya, seperti:

  • Kulit kering. Kondisi ini menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya, yang pada gilirannya akan memicu rasa gatal.
  • Gigitan serangga. Serangga melepaskan sejumlah kecil zat kimia ke dalam kulit manusia saat menggigitnya. Zat inilah yang menyebabkan munculnya rasa gatal.
  • Penyakit kulit tertentu. Misalnya, dermatitis atopik, cacar air, eksim dyshidrotic, dan folikulitis yang bisa memicu rasa gatal pada kulit.
  • Reaksi alergi pada kulit. Terpapar alergen (zat pemicu alergi) dapat memicu gatal-gatal pada kulit. Contoh alergen seperti serbuk sari, susu, kacang, hingga zat kimia tertentu. 

Jika kamu lebih memilih menggunakan bahan alami untuk mengatasi rasa gatal, ini rekomendasi bahan yang bisa kamu coba: 9 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit

Kamu juga bisa tanyakan pada dokter kulit di Halodoc untuk mengetahui pengobatan yang tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. What’s Causing Your Itchy Skin (pruritus)? (with Pictures).
WebMD. Diakses pada 2024. Your Skin, Pruritus, and Itching.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2024. 10 REASONS YOUR SKIN ITCHES UNCONTROLLABLY AND HOW TO GET RELIEF.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan