• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Istilah Kesehatan yang Perlu Diketahui Orang Awam

8 Istilah Kesehatan yang Perlu Diketahui Orang Awam

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Apa kamu pernah merasa kebingungan saat berdiskusi dengan dokter karena banyaknya istilah medis yang digunakan? Sebenarnya, tidak hanya ketika berada di fasilitas kesehatan, istilah medis banyak ditemui di berbagai artikel kesehatan, baik dari media cetak maupun digital.

Nah, kalau begitu, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih banyak istilah dasar kesehatan atau istilah medis ini:

  1. Kronis

Melansir dari Harvard Medical School, kata ini memiliki arti berlangsung dalam waktu lama atau terus-menerus. Artinya, gambaran suatu penyakit atau kondisi yang terjadi dalam periode berulang, perlahan, dan makin serius. Contoh dari penyakit kronis seperti osteoporosis atau diabetes.

  1. Akut

Nah, banyak orang awam sering tertukar antara istilah kronis dan akut. Akut merupakan istilah yang menggambarkan kondisi atau penyakit yang terjadi secara tiba-tiba. Biasanya terjadi dalam waktu singkat dan menunjukkan gangguan yang serius, serta membutuhkan penanganan secara cepat. Contoh penyakitnya seperti diare akut, glaukoma, atau leukimia akut.

Baca juga: Inilah yang Dimaksud dengan Fraktur Tulang

  1. Skrining

Istilah dasar kesehatan yang satu ini merupakan bentuk deteksi dini untuk mengetahui apakah seseorang memiliki penyakit atau tidak. Tujuannya untuk segera mendapatkan penanganan medis bagi pengidap penyakit tertentu. Contohnya, skrining pemeriksaan tumor payudara. Saat ini, ada dua jenis skrining kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, yaitu skrining preventif primer dan preventif sekunder selektif.

  1. Diagnosis

Diagnosis adalah penentuan jenis penyakit yang diteliti melalui gejala yang terjadi. Kata ini umum digunakan dokter ketika melakukan pemeriksaan kesehatan seseorang. Setelah diagnosis diperoleh, biasanya dokter akan melakukan prognosis. Nah, yang ini apa lagi ya?

  1. Prognosis

Sementara itu, laman MSD Manuals menyatakan, prognosis adalah ramalan tentang peristiwa yang terjadi terkait dengan penyakit atau penyembuhan setelah dilakukan tindakan pengobatan, misalnya operasi. Istilah kesehatan ini menunjukkan prediksi dokter mengenai bagaimana kondisi pasien di masa mendatang.

Baca juga: Dada Terasa Sesak, Cek Penyumbatan Jantung dengan Cath Lab

  1. Faktor Risiko

Mungkin, kamu tidak asing dengan istilah medis ini. Faktor risiko sebenarnya berhubungan dengan berbagai hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang terserang suatu penyakit.

Hal ini bisa termasuk karakter, tanda, dan gejala yang tampak atau tidak pada individu dengan peningkatan insiden penyakit. Misalnya, seseorang yang merokok memiliki faktor risiko penyakit jantung.

  1. Gula Darah

Istilah ini juga mungkin sering kamu dengar, baik dari dokter maupun artikel yang pernah kamu baca. Dalam ilmu medis, gula darah merupakan keberadaan gula atau zat glukosa dalam darah. Kadar gula darah yang terlampau tinggi atau rendah bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Salah satu penyakit yang berkaitan erat dengan gula darah adalah diabetes.

Kadar normal gula darah dalam tubuh setiap orang berbeda sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Misalnya, gula darah normal sebelum makan adalah sekitar 70-130 mg/dL, dua jam setelah makan kurang dari 180 mg/dL. Sedangkan menjelang tidur berkisar 100-140 mg/dL.

  1. Alergen

Sesuai namanya, alergen berkaitan dengan alergi. Alergen merupakan antigen (zat yang merangsang respon imun) yang bertanggung jawab untuk memroduksi reaksi alergi.

Berbagai masalah kesehatan pada tubuh yang disebabkan oleh alergen disebut alergi. Alergen yang umum menyerang banyak orang adalah debu, serbuk sari, zat kimia tertentu pada makanan atau air, dan bulu hewan peliharaan.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Alergi, Waspada Gejala-Gejalanya

Istilah di atas merupakan sebagian dari banyaknya istilah medis yang sering digunakan dalam dunia medis Kalau kamu masih memiliki pertanyaan seputar istilah kesehatan dan penyakit tertentu, tanyakan langsung pada dokter asli ya.

Sekarang lebih mudah kok, karena ada aplikasi Halodoc yang bisa kamu pakai untuk bertanya kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Lebih praktis, kan?

 

Referensi: 

Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Medical Dictionary Health Terms.
Select Health. Diakses pada 2020. 25 Important Medical Terms You Need to Know.
MSD Mannuals Consumer Version. Diakses pada 2020. Understanding Medical Terms.