• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Sakit Tenggorokan

8 Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat mengalami sakit tenggorokan, tentunya menelan makanan ataupun minuman jadi terasa menyiksa. Sembarangan mengonsumsi makanan bisa membuat sakit tenggorokan bertambah parah. Lantas, makanan apa yang aman dikonsumsi saat sakit tenggorokan?

Tentunya, makanan yang dikonsumsi harus bernutrisi, memiliki tekstur lembut, dan mudah ditelan. Tekstur makanan yang lembut dan mudah ditelan dapat membantu mengatasi iritasi pada tenggorokan. Selain itu, makanan yang hangat juga bisa menjadi alternatif karena memberikan rasa nyaman pada tenggorokan. 

Baca juga: Ketahui 3 Infeksi Penyebab Radang Tenggorokan

Makanan saat Sakit Tenggorokan

Jika tadi sudah disebutkan kriteria makanan yang aman dikonsumsi saat sakit tenggorokan seperti apa, lantas apa saja jenis makanannya? Berikut beberapa makanan Halodoc rekomendasikan:

1.Sup Ayam

Selain nyaman di tenggorokan jika dimakan hangat-hangat, sup ayam juga mengandung nutrisi yang bisa mengurangi peradangan dan membantu membersihkan saluran napas. Dengan begitu, gejala sakit tenggorokan pun bisa berkurang.

2.Sayur-sayuran

Sayur-sayuran memiliki nutrisi yang baik untuk pemulihan sakit, termasuk sakit tenggorokan. Namun, pastikan kamu mengolahnya dengan direbus atau dibuat menjadi sup, ya. Jika sayuran tersebut diolah dengan cara digoreng, yang ada sakit tenggorokan malah semakin parah.

Baca juga: Minum Es dan Makan Gorengan Bisa Bikin Radang Tenggorokan?

3.Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah untuk ditelan. Selain itu, pisang juga mengandung banyak sekali nutrisi, yang baik untuk pemulihan sakit tenggorokan.

4.Madu

Selain kaya akan nutrisi, madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antivirus. Hal itu membuat madu bisa membantu meredakan peradangan pada kasus sakit tenggorokan. Tak hanya itu, madu juga dipercaya efektif dalam melawan infeksi dan menyembuhkan luka. 

5.Telur Orak-arik

Telur memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk menutrisi tubuh dan membantu pemulihan dari sakit. Jika diolah dengan cara diorak-arik, tentunya tekstur telur jadi terasa lebih lembut dan lunak, sehingga lebih mudah ditelan. Kalau bisa, jangan gunakan minyak dalam mengolahnya, ya.

6.Peppermint

Selain menyegarkan napas, kandungan mentol dalam peppermint juga dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki khasiat antiradang, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendukung penyembuhan.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

7.Kunyit dan Jahe

Kunyit dan jahe adalah dua dari sekian banyak tanaman herbal yang memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Hal ini membuat kunyit dan jahe bermanfaat untuk meredakan gejala flu, seperti sakit tenggorokan. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman hangat atau campuran untuk membuat teh hangat.

8.Bawang Putih

Sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang terkandung dalam bawang putih sangat baik untuk mengatasi sakit tenggorokan. Kamu bisa mencampur bawang putih dengan madu atau minyak zaitun, dan memakannya langsung. Namun, jangan terlalu banyak juga mengonsumsinya, ya.

Itulah beberapa makanan yang aman dikonsumsi saat sakit tenggorokan, bahkan membantu pemulihannya. Jika sakit tenggorokan yang kamu alami tak kunjung sembuh, segera download aplikasi Halodoc untuk membicarakannya pada dokter, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Sore Throat.
Health. Diakses pada 2020. 8 Foods to Eat When You Have a Sore Throat.
Healthline. Diakses pada 2020. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat.
MedicineNet. Diakses pada 2020. Sore Throat Home Remedies.