08 August 2018

Minum Es dan Makan Gorengan Bisa Bikin Radang Tenggorokan?

radang tenggorokan, es dan gorengan penyebab radang tenggorokan, tenggorokan

Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan adalah infeksi pada tenggorokan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Orang-orang kerap menghubung-hubungkan antara radang tenggorokan dengan flu. Ya, kedua penyakit ini bisa berbarengan. Namun, kalau kamu hanya flu biasa, umumnya rasa tidak nyaman pada tenggorokan hanya berlangsung selama dua hari saja, baru kemudian flu.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya disertai dengan gejala seperti hidung berair, batuk, mata merah dan berair, serta bersin-bersin. Selain virus dan bakteri, penyebab radang tenggorokan lainnya adalah merokok, polusi udara, alergi, dan udara kering.

Sebenarnya minum es dan gorengan tidak menjadi penyebab radang tenggorokan. Hanya saja kedua kebiasaan ini bisa memperparah radang tenggorokan. Minuman dingin serta gorengan bisa merangsang pertumbuhan bakteri dan virus, sehingga membuat kondisi tenggorokan semakin meradang. Terutama gorengan yang bisa menyebabkan iritasi pada lapisan tenggorokan lebih parah lagi. Baca juga: Bisakah Amandel Kambuh saat Dewasa?

Kalau kamu sedang mengidap radang tenggorokan, gorengan dan es adalah makanan dan minuman yang harus dihindari. Ada baiknya kamu mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang aman untuk tenggorokanmu seperti:

  • Minum teh dengan madu yang bisa mengademkan radang tenggorokan. Madu memiliki sifat antimikroba yang juga bisa membunuh bakteri penyebab radang. Kamu juga bisa menambahkan perasan lemon untuk tehmu untuk tambahan vitamin C.
  • Menambahkan jahe ke dalam minumanmu juga bisa jadi alternatif lain. Soalnya jahe dikenal dengan anti-inflamasi yang dapat mengurangi radang dan pembengkakan.
  • Untuk makanannya, sebaiknya hindari makanan goreng yang hanya akan membuat tenggorokanmu semakin gatal dan memperparah radang. Sebaiknya kamu memilih sup ayam yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu serta mengembalikan stamina.
  • Tambahkan irisan bawang putih dalam makananmu dapat membantu penyembuhan radang dengan cepat.
  • Perbanyak asupan buah seperti jeruk dan semangka untuk meningkatkan asupan vitamin C ke dalam tubuh.

Selain menjaga makanan dan minuman, ada baiknya kamu istirahat total. Tidur siang dan istirahat yang cukup saat malam hari akan mengembalikan daya tahan tubuhmu. Menurut penelitian dari Sleep Center at the University of Texas, tidur adalah cara yang paling ampuh untuk mengembalikan imunitas tubuh. Bahkan, kurang tidur bisa menyebabkan flu dan batuk. Baca juga: Ini Bahaya Pakai Lipstik Kedaluwarsa

Mengoleskan minyak angin ke sekujur leher lalu menutupnya dengan syal juga bisa menjadi cara ampuh lainya mengurangi radang tenggorokan. Selain itu, penggunaan minyak angin dan syal akan membuatmu nyaman. Jangan mengobrol dengan suara besar, minum air hangat, dan hindari paparan udara dingin untuk mengurangi radang tenggorokanmu.

Bepergian dengan menggunakan penutup mulut atau masker bisa menjadi salah satu cara menghindari penularan virus dan bakteri. Jangan bertukar peralatan pribadi dengan orang-orang yang sedang flu, melakukan olahraga rutin, dan menjaga pola makan sehat adalah cara untuk menjaga sistem imun tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk radang tenggorokan.

Ingin tahu lebih banyak mengenai bagaimana minuman es dan gorengan bisa memperparah kondisi radang tenggorokan, pencegahan, penanganan, serta tips-tips sehat lain mengenai pola makan yang benar bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.