• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Manfaat Oatmeal Sehat untuk Sarapan

8 Manfaat Oatmeal Sehat untuk Sarapan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan tren makanan sehat datang dan pergi karena mungkin tidak diminati. Namun, tidak dengan oatmeal, makanan ini seolah sepanjang masa dan tidak lenyap akibat perputaran tren. Makanan yang mengandung gandum utuh ini dikemas dengan nutrisi yang baik dan citarasa yang akrab pada berbagai generasi. 

Makanan ini juga dianggap sebagai salah satu makanan yang menenangkan dan baik dikonsumsi kapanpun, terutama untuk sarapan. Kamu bisa memakan oatmeal dengan cara dimasak dengan sedikit air atau susu dan menambahkan beberapa jenis topping kesukaanmu. Makanan ini bisa menjadi awal yang baik untuk memulai hari. Apalagi jika kamu menjadikan sarapan oatmeal sebagai kebiasaan. Setidaknya inilah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan:

Baca juga: Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

  • Mengandung Antioksidan

Oatmeal mengandung antioksidan yang tinggi, khususnya polifenol yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Nah, avenanthramides ini memberi manfaat dengan meningkatkan produksi asam nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi peradangan dan gatal-gatal. 

  • Meningkatkan Respon Insulin dan Mengurangi Gula Darah

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan respons insulin dan mungkin juga mengurangi gula darah. Orang dengan diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat dengan mengonsumsi oatmeal. Ini dapat membantu mereka untuk mengatur gula darah, selama pengidap diabetes 2 tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanan. Untuk pengidap diabetes tipe 2, oatmeal memiliki efek positif pada kontrol gula darah. 

  • Menyediakan Banyak Vitamin dan Mineral

Oatmeal adalah makanan kaya nutrisi yang mengandung banyak vitamin dan mineral, tetapi rendah kalori. Mengonsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi dapat memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, makanan ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. 

Baca juga: Jangan Skip Sarapan, Ini 6 Buah untuk Diet yang Mesti Dikonsumsi

  • Mendukung Kadar Kolesterol Sehat

Oatmeal dapat mendukung kadar kolesterol sehat berkat kandungan beta-glukannya. Oatmeal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total jika seseorang mengonsumsi 3 gram atau lebih beta-glukan sehari. Beta glukan mampu menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah atau “kolesterol jahat”, tapi tidak memengaruhi “kolesterol baik”. 

  • Mendukung Bakteri Baik di Saluran Pencernaan

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur air. Larutan ini melapisi perut dan saluran pencernaan. Lapisan memberi makan bakteri baik dalam usus dan meningkatkan pertumbuhan mereka, sehingga berkontribusi pada usus yang sehat. Ini merupakan efek positif dari makan oatmeal. 

  • Mengelola Berat Badan

Oatmeal kaya akan serat larut, sehingga orang yang memakannya cenderung merasa lebih cepat kenyang setelah memakannya. Rasa kenyang ini dapat membantu seseorang untuk mengurangi porsi makan dan mencapai tujuan untuk menurunkan berat badan. 

  • Mengurangi Risiko Asma

Asma merupakan kondisi yang umum berkembang selama masa kanak-kanak. Makanan tertentu dapat menjadi faktor risiko untuk mengembangkan masalah asma, sedangkan oatmeal adalah salah satu makanan yang dapat mengurangi risiko asma. 

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

  • Menghilangkan Sembelit

Sembelit merupakan masalah pencernaan yang umum memengaruhi hampir semua orang. Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga limbah di saluran pencernaan tetap bergerak, sehingga dapat meredakan atau mencegah sembelit. 

Oatmeal adalah makanan bergizi luar biasa yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Selain itu kandungan serat dan proteinnya lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lainnya. Itulah manfaat memakan oatmeal yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami masalah terkait pencernaan atau makanan, kamu bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the benefits of oatmeal?
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal.