8 Manfaat Oatmeal Sehat untuk Sarapan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 April 2021
8 Manfaat Oatmeal Sehat untuk Sarapan8 Manfaat Oatmeal Sehat untuk Sarapan

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan tren makanan sehat datang dan pergi karena mungkin tidak diminati. Namun, tidak dengan oatmeal, makanan ini seolah sepanjang masa dan tidak lenyap akibat perputaran tren. Makanan yang mengandung gandum utuh ini dikemas dengan nutrisi yang baik dan citarasa yang akrab pada berbagai generasi. Jika rutin mengonsumsinya saat sarapan, berikut ini sejumlah manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh:

Baca juga: Penting untuk Kesehatan Tubuh, Ini 4 Manfaat Sarapan

1. Mengandung Antioksidan

Oatmeal mengandung antioksidan yang tinggi, khususnya polifenol yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Nah, avenanthramides ini memberi manfaat dengan meningkatkan produksi asam nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darahnya mengurangi peradangan dan gatal-gatal. 

2. Meningkatkan Respon Insulin dan Mengurangi Gula Darah

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan respons insulin dan mungkin juga mengurangi gula darah. Orang dengan diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat dengan mengonsumsi oatmeal. Hal ini dapat membantu mereka untuk mengatur gula darah, selama pengidap diabetes 2 tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanan. Untuk pengidap diabetes tipe 2, oatmeal memiliki efek positif pada kontrol gula darah. 

3. Menyediakan Banyak Vitamin dan Mineral

Oatmeal adalah makanan kaya nutrisi yang mengandung banyak vitamin dan mineral, tetapi rendah kalori. Mengonsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi dapat memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, makanan ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. 

4. Mendukung Kadar Kolesterol Sehat

Manfaat oatmeal selanjutnya adalah meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh karena kandungan beta-glukan di dalamnya. Oatmeal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total jika seseorang mengonsumsi 3 gram atau lebih beta-glukan sehari. Beta glukan mampu menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah atau “kolesterol jahat”, tetapi tidak memengaruhi “kolesterol baik”. 

Baca juga: Ini 4 Dampak pada Tubuh saat Melewatkan Sarapan

5. Mendukung Bakteri Baik di Saluran Pencernaan

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur air. Larutan ini melapisi perut dan saluran pencernaan. Lapisan memberi makan bakteri baik dalam usus dan meningkatkan pertumbuhan mereka, sehingga berkontribusi pada usus yang sehat. Nah, kondisi tersebut menjadi manfaat oatmeal lainnya.

6. Mengelola Berat Badan

Oatmeal kaya akan serat larut, sehingga orang yang memakannya cenderung merasa lebih cepat kenyang setelah memakannya. Rasa kenyang ini dapat membantu seseorang untuk mengurangi porsi makan dan mencapai tujuan guna menurunkan berat badan. 

7. Mengurangi Risiko Asma

Asma merupakan kondisi yang umum berkembang selama masa kanak-kanak. Makanan tertentu dapat menjadi faktor risiko untuk mengembangkan masalah asma, sedangkan oatmeal adalah salah satu makanan yang dapat mengurangi risiko asma. 

8. Menghilangkan Sembelit

Sembelit merupakan masalah pencernaan yang umum memengaruhi hampir semua orang. Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga limbah di saluran pencernaan tetap bergerak, sehingga dapat meredakan atau mencegah sembelit. 

Baca juga: Rekomendasi Menu Sarapan Sehat untuk Hari yang Produktif

Oatmeal adalah makanan bergizi luar biasa yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Selain itu, kandungan serat dan proteinnya lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lainnya. Setelah mengetahui beragam manfaatnya, apakah kamu masih ragu untuk mengonsumsinya? Jika iya, kamu bisa diskusikan keraguan yang kamu alami dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the benefits of oatmeal?
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan