• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengatasi Hipertensi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengatasi Hipertensi

8 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengatasi Hipertensi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Oktober 2022

“Tanaman rempah bisa menjadi alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa di antaranya daun basil, peterseli, biji seledri, cakar kucing cina, bawang putih, thyme, kayu manis dan jahe.”

8 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengatasi Hipertensi8 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengatasi Hipertensi

Halodoc, Jakarta – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika angka tekanan darah di atas 130/80 mmHg. Angka 130 berarti tekanan darah sistolik. Sedangkan untuk 80 adalah tekanan darah diastolik.

Sistolik adalah tekanan darah saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara diastolik adalah tekanan darah saat jantung beristirahat sebelum memompa darah kembali.

Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi tanaman herbal. Di antaranya daun basil, peterseli, biji seledri, cakar kucing cina, bawang putih, thyme, kayu manis dan jahe.

Tanaman Rempah untuk Menurunkan Hipertensi

1. Daun Basil atau Kemangi

Kemangi adalah daun beraroma yang mengandung tinggi eugenol. Ini adalah jenis antioksidan yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Cara kerjanya dengan menghambat saluran kalsium menuju jantung dan sel-sel arteri.

Proses tersebut dapat membantu merelaksasi pembuluh darah. Kandungan eugenol juga berperan dalam mengencerkan darah. Dengan begitu, peredaran darah dalam tubuh bergerak lebih lancar. 

2. Peterseli

Peterseli (Petroselinum crispum) adalah tanaman herbal yang mengandung vitamin C dan karotenoid. Keduanya efektif menurunkan hipertensi dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Tak hanya itu, kandungan vitamin C bersifat larut air dan bertindak sebagai diuretik. Caranya dengan membantu ginjal mengeluarkan air lebih banyak air dan melemaskan dinding pembuluh darah.

Pembuluh darah yang rileks dapat meningkatkan asupan oksigen, nutrisi, elektrolit dan hormon ke seluruh tubuh. Dengan begitu, angka hipertensi bisa menurun secara perlahan.

3. Biji Seledri

Biji seledri (apium graveolens) mengandung nutrisi seperti zat besi, magnesium, mangan, kalsium dan serat. Semua kandungan tersebut efektif menurunkan tekanan darah dengan cara menghambat saluran kalsium alami.

Biji seledri memiliki cara kerja yang sama dengan daun basil. Tanaman herbal ini membantu merelaksasi pembuluh darah, sehingga peredaran darah dalam tubuh bekerja lebih lancar.

4. Cakar Kucing Cina

Cakar kucing Cina (uncaria rhynchophylla) mengandung senyawa hirsutine dan rhynchophylline. Kedua senyawa tersebut bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Selain itu, hirsutine dan rhynchophilline dapat merangsang pembuluh darah untuk menghasilkan oksida nitrat. Ini adalah senyawa kimia yang dapat membantu melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa belerang, seperti allicin yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. Keduanya adalah faktor yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

6. Thyme

Tanaman herbal ini mengandung asam rosmarinic yang berperan mengurangi peradangan dan kadar gula darah. Kandungan ini juga mampu meningkatkan aliran darah yang berdampak pada penurunan kadar hipertensi.

Cara kerjanya adalah mengurangi tekanan darah sistolik dengan menghambat enzim pengubah angiotensin (ACE). ACE adalah molekul yang dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. 

7. Kayu Manis

Kayu manis berperan dalam membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah. Jika dikonsumsi secara konsisten selama 12 minggu, tanaman herbal ini mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

8. Jahe

Dalam menurunkan hipertensi, jahe bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami dan inhibitor ACE alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi sebanyak 2 hingga 4 gram jahe per hari.

Selain tanaman herbal, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin guna membantu menurunkan kadar hipertensi dalam tubuh. Untuk mendapatkannya, silakan download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Herbs That May Help Lower High Blood Pressure.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Herbs and Supplements for Hypertension.