• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara untuk Mengoptimalkan Tinggi Anak?

Adakah Cara untuk Mengoptimalkan Tinggi Anak?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orangtua tentu berharap dan senang jika melihat anak-anaknya tumbuh tinggi dan kuat. Karena tinggi anak yang optimal dianggap sebagai tanda kesehatan dan pertumbuhan yang baik. Ayah dan ibu biasanya berusaha untuk memastikan bahwa Si kecil tumbuh sehat dan tinggi badan mencapai optimal. 

Perlu orangtua ketahui, bahwa gen mempengaruhi dalam menentukan tinggi badan anak. Meskipun begitu, itu bukan satu-satunya waktu yang mempengaruhi. Banyak faktor eksternal, seperti kondisi kehidupan dan pola makan yang sehat, yang memengaruhi tinggi badan anak. Maka itu, sangat memungkinkan bagi para orangtua untuk meningkatkan peluang agar anak tumbuh tinggi dan kuat. Bagaimanakah caranya?

Baca juga: 6 Fakta Tinggi Badan Manusia

Cara untuk Mengoptimalkan Tinggi Anak

Banyak orangtua yang khawatir tentang kesejahteraan anak, termasuk tinggi badan Si Kecil. Meskipun anak memilih tubuh yang pendek, itu bukanlah hal yang terburuk. Penting bagi orangtua untuk membantu anak mencapai tinggi badan yang optimal. Pastikan orangtua melakukan kiat untuk menambah tinggi badan anak agar optimal:

  • Pola Makan Seimbang

Aspek terpenting untuk menambah tinggi badan anak yaitu memastikan Si Kecil mendapatkan nutrisi yang tepat. Makanan yang dikonsumsi harus sehat agar ia tumbuh menjadi tinggi. Makanan dengan diet seimbang harus mencakup protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam proporsi yang benar.

Pastikan pula anak selalu menjauhi junk food, seperti burger, minuman manis bersoda, dan gorengan. Protein tanpa lemak harus tersedia dalam jumlah banyak, bersama sayuran berdaun, dan makanan yang kaya akan mineral seperti kalsium dan kalium. 

Zinc juga diketahui memiliki pengaruh besar pada pertumbuhan anak, jadi makanan kaya zinc seperti biji labu dan kacang juga harus diberikan ke dalam makanan anak. Pola makan yang seimbang tidak hanya memberikan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan tinggi badan anak, tapi juga akan membuatnya lebih kuat dalam segala hal. 

Baca juga: 5 Olahraga yang Menambah Tinggi Badan

  • Olahraga Peregangan

Olahraga peregangan, meskipun sederhana, dapat berdampak besar pada tinggi badan anak. Memperkenalkan anak pada olahraga peregangan sejak usia muda memudahkan proses pertumbuhan tinggi badan anak. Peregangan membantu memanjangkan tulang belakang dan meningkatkan postur tubuh anak setiap saat. 

Olahraga peregangan sederhana yang dapat dilakukan yaitu saat anak duduk di lantai dengan kaki terbuka lebar, kemudian arahkan anak untuk menyentuh jari-jari kaki dengan kedua lengan. 

  • Berenang

Berenang adalah olahraga kebiasaan sehat lainnya untuk membantu anak tetap aktif. Berenang adalah olahraga yang melibatkan seluruh tubuh. Olahraga ini melatih semua otot tubuh dengan efek yang luar biasa. Olahraga ini juga melibatkan banyak peregangan yang memperkuat tulang belakang dan menambah tinggi badan yang sehat. 

  • Tidur yang Cukup

Tidur juga hal penting untuk pertumbuhan anak. Orangtua perlu memastikan bahwa anak mendapatkan tidur nyenyak selama 8 jam setiap malam, agar dia bertambah tinggi dan lebih kuat.

Hal ini terjadi karena hormon pertumbuhan terjadi pada anak-anak saat ia tidur. Itulah sebabnya, tidur berperan langsung dalam membuat anak lebih tinggi. Jadi, sangat disayangkan apabila anak tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur.

Baca juga: Ingin Anak Aktif Bergerak, Asupan Protein itu Perlu

  • Berjemur Matahari

Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang membantu pertumbuhan otot dan tulang, sehingga baik untuk meningkatkan tinggi badan anak. Vitamin D juga membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan dan membantu memperkuat tulang. Jadi, doronglah anak untuk berjalan atau bermain di bawah sinar matahari. 

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan tinggi badan anak. Kemungkinan masih banyak kombinasi cara lainnya yang dapat dilakukan, ayah dan ibu dapat mendiskusikannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapat wawasan yang lebih banyak. Yuk, segera download aplikasi Halodoc.

Referensi:

Parenting Firstrory. Diakses pada 2020. Top 10 Ways to Increase Height in Children
Baby Destination. Diakses pada 2020. Top 7 Ways To Increase Your Child's Height
Mom Junction. Diakses pada 2020. 11 Best Foods That Help Increase Height In Kids