• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga yang Menambah Tinggi Badan

5 Olahraga yang Menambah Tinggi Badan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta — Ada beberapa faktor yang menjadi penentu tinggi badan seseorang, tetapi faktor utama adalah genetik. Faktor genetik memegang peran sekitar 60 hingga 80 persen dalam menentukan tinggi badan seseorang. Selain itu, tinggi badan juga oleh asupan nutrisi alias jenis makanan yang dikonsumsi dan olahraga yang dilakukan. Lantas, apa saja olahraga yang bisa dilakukan agar tubuh bisa lebih tinggi?

Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, rutin berolahraga ternyata juga bisa membantu menambah tinggi badan seseorang. Melakukan jenis olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, seperti jogging, lari, lompat tali, basket, bersepeda, dan berenang disebut bisa membantu menambah tinggi badan. Sebab, jenis olahraga tersebut bisa merangsang tulang terus tumbuh dan akan berpengaruh pada tinggi badan. Baca ulasannya di bawah ini.

Baca juga: 5 Olahraga yang Dapat Dicoba agar Si Kecil Cepat Tinggi

Biar Lebih Tinggi, Coba Jenis Olahraga Ini

Faktor utama yang menentukan tinggi badan seseorang adalah faktor genetik. Namun, mencukupi asupan makanan dan rutin berolahraga nyatanya juga bisa membantu agar tubuh lebih tinggi. Selain itu, rutin berolahraga juga menjadi hal yang patut dicoba. Setidaknya, ada 5 jenis olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan:

  1. Basket.
  2. Berenang.
  3. Voli.
  4. Pull up.
  5. Lari.

Baca juga: Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Stretching adalah Kuncinya

Ada satu kesamaan yang dimiliki semua olahraga ini, stretching. Inilah kunci mengapa kelima olahraga di atas bisa meningkatkan tinggi badan. Stretching ini dapat membantu perkembangan tulang dan otot. Gerakan utama dalam permainan basket dan voli adalah melompat dan merentangkan tangan mereka ke atas. Jika dilakukan secara rutin, basket dan voli bisa meningkatkan tinggi badanmu.

Kemudian dalam pull up, kamu tidak hanya melatih otot perut, pundak, dan tangan, tetapi tubuhmu juga mendapat efek peregangan. Posisi tubuhmu yang menggantung dan gaya gravitasi adalah asal dari peregangan yang terjadi. Tentunya, hal ini bisa membantu pertumbuhan tinggi badan.

Sementara berenang juga membuat otot kaki dan dadamu bekerja. Ditambah lagi, bergerak di dalam air membutuhkan usaha yang lebih. Artinya, semua otot bekerja maksimal ketika kamu berenang. Inilah mengapa tulang belakang bisa tumbuh lebih panjang ketika kamu rajin berenang. Selain menambah tinggi badan, berenang juga bisa memperlebar dada dan pundak.

Selain itu, berenang tidak hanya dapat menambah tinggi badan anak-anak, lho! Kamu pun masih bisa bertambah tinggi dengan berenang meski sudah melewati masa pubertas. Namun tentunya, efek pertumbuhan tinggi badan pada anak dan orang dewasa setelah berenang akan berbeda. Pertumbuhan tinggi badan anak cenderung lebih tinggi karena masih berada di masa pertumbuhan. Selain dengan bantuan olahraga-olahraga ini, faktor penting lainnya untuk menambah tinggi badanmu adalah pola makan yang kaya nutrisi yang konsisten.

Baca juga: Relasi antara Basket dan Tinggi Badan

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do?
Health Kart. Diakses pada 2020. 4 Exercises To Help Your Kid Grow Taller.
Grow Taller Natural. Diakses pada 2020. Sports That Can Help You Grow Taller.