27 April 2018

5 Olahraga yang Menambah Tinggi Badan

5 Olahraga yang Menambah Tinggi Badan

Halodoc, Jakarta — Secara genetik, kebanyakan dari masyarakat Indonesia punya postur tubuh lebih kecil dibandingkan mereka yang berasal dari Eropa atau Amerika. Selain itu, media dan dunia kecantikan seolah menjadikan badan yang tinggi sebagai salah satu “indikator kecantikan”. Karena itulah banyak orang Indonesia ingin menambah tinggi badan agar terlihat lebih “menarik”. Tak heran jika banyak mitos yang berkembang soal ini, termasuk mitos berenang dan basket bikin tinggi. Faktanya, beberapa jenis olahraga memang bisa membantu menambah tinggi badan, lho.

Jenis olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan, antara lain:

  • Basket
  • Berenang
  • Voli
  • Pull up
  • Lari

 

(Baca juga: Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya)

Stretching adalah Kuncinya

Ada satu kesamaan yang dimiliki semua olahraga ini, stretching. Inilah kunci mengapa kelima olahraga di atas bisa meningkatkan tinggi badan. Stretching ini dapat membantu perkembangan tulang dan otot. Gerakan utama dalam permainan basket dan voli adalah melompat dan merentangkan tangan mereka ke atas. Jika dilakukan secara rutin, basket dan voli bisa meningkatkan tinggi badanmu.

Kemudian dalam pull up, kamu tidak hanya melatih otot perut, pundak, dan tangan, tapi tubuhmu juga mendapat efek peregangan. Posisi tubuhmu yang menggantung dan gaya gravitasi adalah asal dari peregangan yang terjadi. Tentunya, hal ini bisa membantu pertumbuhan tinggi badan.

Sementara berenang juga membuat otot kaki dan dadamu bekerja. Ditambah lagi, bergerak di dalam air membutuhkan usaha yang lebih. Artinya, semua otot bekerja maksimal ketika kamu berenang. Inilah mengapa tulang belakang bisa tumbuh lebih panjang ketika kamu rajin berenang. Selain menambah tinggi badan, berenang juga bisa memperlebar dada dan pundak.

Selain itu, berenang tidak hanya dapat menambah tinggi badan anak-anak, lho! Kamu pun masih bisa bertambah tinggi dengan berenang meski sudah melewati masa pubertas. Tapi tentunya efek pertumbuhan tinggi badan pada anak dan orang dewasa berkat olahraga ini berbeda. Pertumbuhan tinggi badan anak cenderung lebih tinggi karena anak memang anak masih berada di masa pertumbuhan.

Fakta Meninggikan Badan yang Sering Dilupakan

Banyak orang berekspektasi jika tinggi badan akan segera naik setelah dua, tiga kali latihan. Inilah mengapa mitos berenang dan basket bikin tinggi bisa muncul. Faktanya, butuh komitmen dan ketangguhan fisik serta mental agar berhasil meninggikan badan dengan olahraga di atas.

Nah, di samping itu, tinggi badanmu juga bisa bertambah dengan meningkatnya produksi hormon pertumbuhan. Peningkatan produksi hormon pertumbuhan ini bisa terjadi kalau kamu lari 30 menit sampai satu jam setiap harinya. Namun, jika kamu termasuk jarang berolahraga, sebaiknya mulai dari durasi yang pendek. Lalu tingkatkan durasi lari seiring meningkatnya kemampuan fisikmu. Waktu lari yang paling ideal adalah pagi dan malam hari. Yuk, mulai biasakan lari!

(Baca juga: Tips, Manfaat, dan Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi)

Selain dengan bantuan olahraga-olahraga ini, faktor penting lainnya untuk menambah tinggi badanmu adalah pola makan yang kaya nutrisi yang konsisten. Jika kamu mau tahu apa kamu masih bisa membantu pertumbuhan tinggi badan dengan mengatur pola makan sehat setelah kamu melalui masa puber, kamu bisa tanyakan langsung ke berbagai dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Selain diskusi ini, kamu juga bisa cek lab dan pesan antar produk kesehatan, lho! Ayo, download aplikasinya di App Store atau Google Play!