Adakah Manfaat Rutin Konsumsi Roti Gandum saat Sarapan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 November 2021
Adakah Manfaat Rutin Konsumsi Roti Gandum saat Sarapan?Adakah Manfaat Rutin Konsumsi Roti Gandum saat Sarapan?

“Tidak ada salahnya  mengganti roti tawar putih menjadi roti gandum. Roti gandum memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga menurunkan risiko diabetes tipe 2.”

Halodoc, Jakarta – Roti menjadi salah satu menu sarapan favorit bagi keluarga. Selain praktis, roti tawar sangat mudah ditemukan dan lezat jika dipadankan dengan berbagai jenis selai kesukaan. Jika kamu ingin lebih sehat, kamu bisa memilih roti gandum sebagai salah satu menu sarapan sehari-hari.

Roti gandum memiliki warna lebih kecokelatan dibandingkan dengan roti tawar. Selain itu, roti gandum memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan roti tawar putih. Nah, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin mengonsumsi roti gandum saat sarapan!

Baca juga: Ini yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Roti Gandum

Kandungan Nutrisi Roti Gandum

Banyak orang yang beralih untuk mengonsumsi roti gandum karena roti gandum dinilai memiliki lebih banyak kandungan nutrisi baik di dalamnya. 

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang membuat roti ini sangat cocok untuk dijadikan sarapan. Karbohidrat komplek dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Selain karbohidrat, roti gandum juga dinilai sebagai sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Satu helai roti gandum memiliki kandungan protein nabati sebanyak sebanyak 5 gram.

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam roti gandum juga cukup beragam. Roti gandum umumnya mengandung zat besi, kalium, vitamin B, dan asam folat. Jika dalam proses pembuatan roti diberikan sedikit garam, maka roti gandum akan memiliki kandungan sodium.

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam roti gandum. Kandungan nutrisi yang beragam membuat roti gandum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Sarapan Bergizi, Berapa Banyak Kalori Roti Gandum?

Manfaat Mengonsumsi Roti Gandum

Jika kamu ingin beralih mengonsumsi roti gandum, sebaiknya ketahui manfaat mengonsumsi roti gandum, yaitu:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi banyak serat dapat membantu kamu menjaga perkembangan bakteri baik pada usus. Bakteri baik dalam usus dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan usus.

2. Manfaat Roti Gandum untuk Mengontrol Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, roti gandum menjadi jenis makanan yang bisa kamu konsumsi setiap pagi. Berbeda dengan roti tawar putih, roti gandum memiliki jumlah kalori lebih rendah dibandingkan dengan roti tawar putih.

3. Manfaat Baik Roti Gandum untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi roti gandum menjadi kebiasaan yang baik dan punya manfaat baik bagi kesehatan jantung. Kandungan biji-bijian dalam roti gandum dapat membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang memicu gangguan pada jantung.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kandungan dalam roti gandum membuat kamu terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis. Penelitian dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh British Medical Journal, mengatakan dengan meningkatkan pengonsumsian makanan yang mengandung gandum dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan kematian yang menjadi komplikasi penyakit tersebut.

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Rutin mengonsumsi roti gandum juga membantu kamu menurunkan risiko alami diabetes tipe 2. 

Baca juga: Benarkah Roti Gandum Lebih Sehat saat Asam Lambung Naik?

Itulah manfaat mengonsumsi roti gandum secara rutin. Namun, jika kamu memiliki riwayat alergi gandum, sebaiknya jangan mengonsumsi roti jenis ini untuk mencegah munculnya gejala alergi.

Meskipun menyehatkan, tetapi jangan berlebihan dalam mengonsumsi roti gandum, ya. Cari tahu seberapa banyak jumlah roti gandum yang sebaiknya dikonsumsi dengan bertanya langsung pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Whole Wheat Bread Nutrition Facts and Health Benefits.
British Medical Journal. Diakses pada 2021. Whole Grain Consumption and Risk of Cardiovascular Disease, Cancer, and All Cause and Cause Specific Mortality: Systematic Review and Dose-Response Meta-Analysis of Prospective Studies.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Which Bread Is Best For You — Whole-Grain, Multigrain or Whole Wheat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan