• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Puasa Minggu Pertama Aman, Ikuti Pola Makan Sehat

Agar Puasa Minggu Pertama Aman, Ikuti Pola Makan Sehat

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, kamu akan mengalami perubahan pola makan. Pada minggu awal puasa, mungkin terasa beberapa efek samping pada tubuh seperti misalnya mudah kelelahan. Namun, hal ini sebenarnya bisa diatasi apabila kita menerapkan pola makan yang sehat.

Dengan mengikuti pola makan sehat saat puasa, kamu tidak hanya terbebas dari rasa lemas, tetapi hal ini juga membantu menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Ingat, terlalu memanjakan diri saat berbuka atau sahur dengan makan sepuasnya tanpa aturan dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Melansir Cleveland Clinic, berikut ini terdapat pola makan sehat yang bisa diikuti selama puasa: 

Minumlah Banyak Air dan Makan Makanan yang Mengandung Air

Aturan pertama, pastikan kamu minum banyak air antara berbuka dan sahur. Temperatur ruangan yang tinggi seperti di Indonesia juga bisa membuat kamu lebih banyak berkeringat, jadi penting untuk minum cairan untuk menggantikan apa yang hilang di siang hari. Kamu juga bisa menambah asupan air dengan mengonsumsi makanan yang mengandung air.

Coba tambahkan semangka ke santapan sahur atau usai berbuka puasa. Salad yang berisi timun dan tomat juga baik karena menghidrasi. Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola, karena kafein membuat beberapa orang lebih sering buang air kecil, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman bersoda dengan gula juga harus dihindari karena akan menambah kalori berlebih ke tubuhmu. 

Konsumsi Makanan yang Tepat Saat Sahur 

Makanan saat sahur harus dipenuhi dengan makanan sehat yang memberikan energi yang cukup hingga waktunya berbuka. Pilih makanan yang tepat untuk memberikan tenaga saat menjalani puasa. Makan karbohidrat kompleks, seperti buah dan sayuran, kacang-kacangan, buncis dan lentil, memberikan sumber energi yang baik dan tahan lama sepanjang hari. Sertakan produk susu rendah lemak, dan makanan dengan kandungan lemak tak jenuh yang sehat seperti alpukat, kacang tawar, salmon, dan minyak zaitun.

Baca juga: Ini Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Drastis saat Puasa

Berbuka Puasa dengan Makanan Sehat dan Seimbang 

Makan tiga kurma untuk berbuka puasa adalah cara tradisional dan sehat untuk memulai berbuka puasa. Kurma adalah sumber serat yang sangat baik. Selain itu, pastikan kamu mengonsumsi banyak sayuran untuk memberikan vitamin dan nutrisi penting.

Pilih biji-bijian utuh, yang memberi energi dan serat pada tubuh. Nikmati daging tanpa lemak panggang atau panggang, ayam dan ikan tanpa kulit, untuk mendapatkan porsi protein sehat yang baik. Hindari gorengan dan makanan olahan yang tinggi lemak atau gula. Nikmati makanan dan hindari makan berlebih dengan makan secara perlahan.

Ini Menu yang Disarankan 

Terdapat beberapa menu yang mungkin disarankan untuk dikonsumsi selama berpuasa, yaitu:

Sahur

  • Oatmeal dengan smoothie dan susu rendah lemak, tambahkan buah segar ke dalamnya;

  • Sup ayam dengan wortel cincang, seledri dan bawang

Buka puasa

  • Ayam, dipanggang dengan sayuran tumis dan disajikan dengan buncis

  • Ikan bakar dengan sayuran panggang dan nasi merah

Baca juga: Puasa dan Tetap Aktif, Ini Cara Mencegah Dehidrasi

Itulah pola makan sehat saat puasa yang bisa kamu ikuti. Kalau kamu punya keluhan sakit selama puasa, jangan ragu berbicara dengan dokter di Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur chat untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!

Referensi:
Cleveland Clinic Abu Dhabi. Diakses pada 2020. Top Tips For Healthy Eating During Ramadan.
Cornel Health. Diakses pada 2020. Tips for Healthy Ramadan Fasting.
SingHealth. Diakses pada 2020. Healthy Ramadan Fasting.