31 May 2018

5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Manfaat puasa telah terbukti secara ilmiah. Tapi kalau dilakukan secara sembarangan, kebiasaan tak sehat saat puasa bisa menghilangkan manfaat puasa terhadap kesehatan, lho. Lantas, apa saja sih kebiasaan tak sehat saat puasa? (Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa)

1. Melewatkan Sahur

Selama berpuasa, kamu tidak akan mengonsumsi makanan dan minuman apapun dalam periode waktu tertentu. Oleh sebab itu, kamu sangat dianjurkan untuk sahur agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup untuk berpuasa. Jika tidak, kamu akan rentan mengalami dehidrasi, bau mulut, mudah lelah, cepat merasa lapar, hingga masalah pencernaan. (Baca juga: Alasan Makan Sahur Tak Boleh Ditinggalkan)

2. Langsung Tidur Setelah Sahur

Hal yang harus kamu hindari adalah tidur setelah sahur. Ini karena saat kamu melakukannya, seluruh oksigen akan berpindah ke lambung dan mengganggu kinerja lambung dalam mencerna makanan. Jumlah oksigen di dalam otak juga akan berkurang dan makanan yang belum dicerna secara optimal akan berbalik dari lambung ke kerongkongan. Akibatnya, kamu rentan mengalami gangguan pencernaan dan penyakit seperti stroke, maag, hingga refluks asam lambung (GERD).

3. Makan Terlalu Banyak saat Berbuka

Saat berbuka, kamu tidak dianjurkan untuk langsung makan besar dan terlalu banyak makan. Ini karena selama lebih dari 12 jam perut dalam keadaan kosong, sehingga bukanlah hal yang baik jika kamu langsung menyuruh perut bekerja keras saat berbuka. Waktu ideal untuk makan besar saat puasa adalah selepas melaksanakan salat tarawih. Sedangkan saat waktu berbuka tiba, kamu cukup mengonsumsi makanan ringan yang bisa mengembalikan energi seperti buah kurma, kolak, es buah, atau makanan pembuka lainnya. (Baca juga: Makan Besar Sebaiknya Saat Berbuka atau Selesai Tarawih?)

4. Konsumsi Makanan yang Kurang Sehat

Ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa. Diantaranya adalah makanan berlemak, bergas, gorengan, dan terlalu manis. Ini karena jika dikonsumsi terus-menerus, jenis makanan tersebut bisa berdampak buruk untuk kesehatan seperti meningkatkan asam lambung, memicu penumpukan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh, hingga menyebabkan masalah pencernaan tubuh. (Baca juga: 5 Makanan yang Dihindari saat Puasa)

5. Minum Minuman Berkafein

Sebisa mungkin, hindari konsumsi minuman berkafein (seperti teh dan kopi) saat puasa. Ini karena kafein yang dikonsumsi bisa menimbulkan efek diuretin, yaitu efek yang bisa memicu keinginan buang air kecil dan membuat kamu cepat haus. Kafein juga bisa mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Jadi pengidap maag sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya saat sahur maupun berbuka. Namun, jika kamu tetap ingin minum kopi, kamu bisa mengonsumsi satu gelas kopi saat sahur, minum kopi saat dua jam setelah berbuka, dan tetap mengimbangi asupan kafein dengan memperbanyak minum air putih.

Jika kamu punya keluhan kesehatan saat puasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Lalu, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter tepercaya. (Baca juga: Planking, Olahraga Ringan yang Menyehatkan Saat Puasa)