5 Manfaat Licorice, Salah Satunya untuk Mengatasi Asam Lambung

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Februari 2024

“Salah satu fungsi licorice adalah membantu mengatasi asam lambung. Manfaat lainnya yaitu membantu melancarkan saluran pernapasan dan mendukung kesehatan kulit.”

5 Manfaat Licorice, Salah Satunya untuk Mengatasi Asam Lambung5 Manfaat Licorice, Salah Satunya untuk Mengatasi Asam Lambung

Halodoc, Jakarta – Akar manis atau licorice merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai pemanis rasa. Pemakaian bahan alami ini sangat umum dalam pembuatan permen, obat-obatan, tembakau dan produk pribadi, seperti pasta gigi. 

Tidak hanya memberikan rasa manis, tanaman yang berasal dari Asia Barat dan Eropa Selatan ini juga memiliki banyak khasiat untuk pengobatan dan merupakan salah satu obat herbal tertua. Cara menggunakan akar manis seringnya dengan menambahkan dalam teh herbal. Lalu, benarkah tanaman ini efektif untuk mengatasi asam lambung?

Manfaat Licorice untuk Mengatasi Asam Lambung

Akar manis adalah tanaman yang tumbuh terutama pada wilayah Mediterania dan Asia Barat. Tanaman yang berasal dari akar tanaman licorice (Glycyrrhiza glabra) ini memiliki rasa manis yang 50 kali lebih manis daripada gula. 

Masyarakat zaman dahulu menggunakan licorice untuk meredakan sakit perut dan peradangan. Selain itu, tanaman herbal ini juga membantu mengobati masalah saluran pernapasan atas. Ini berkat kandungan glycyrrhizin, senyawa utama akar manis yang tak hanya bertanggung jawab atas rasa manis, tetapi juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. 

Lalu, bagaimana dengan khasiat akar manis untuk asam lambung? Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux (GERD) sendiri terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah (LES) tidak menutup sepenuhnya. LES menyegel makanan dan asam yang memecah makanan dalam perut. 

Jika LES tidak menutup sepenuhnya, asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan sensasi panas seperti terbakar dan nyeri dada (heartburn). Faktanya, licorice bisa meringankan gejala penyakit asam lambung, seperti refluks asam dan heartburn

Studi yang berlangsung selama 8 minggu pada 58 orang dewasa yang mengidap GERD, dosis rendah asam glisiretinat dengan pengobatan standar dapat memperbaiki gejala GERD secara signifikan. 

Studi lain menemukan bahwa akar manis lebih efektif dalam meredakan gejala refluks asam daripada antasida. Manfaat ini terjadi ketika tanaman ini dipakai selama periode dua tahun.

Selain ekstrak akar manis, mengonsumsi deglycyrrhizinated licorice (DGL) bisa bantu meringankan gejala refluks asam. DGL sendiri adalah bentuk akar manis yang mengandung sedikit glycyrrhizin sehingga konsumsinya dalam jangka panjang lebih aman dan minim interaksi dengan obat.

Studi menyebutkan, DGL terbukti meningkatkan aktivitas lendir yang bertindak sebagai penghalang asam pada lambung dan kerongkongan. Penghalang ini meningkatkan efektivitas jaringan yang rusak, sehingga dapat mencegah refluks asam pada masa depan.

Asam lambung yang sudah menyerang terlalu sering bisa jadi tergolong kronis. Cari tahu obat apa saja yang ampuh untuk mengatasinya dengan baca artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Lambung Kronis yang Manjur di Apotek”. 

Manfaat Lain Licorice untuk Kesehatan Tubuh

Selain efektif untuk mengatasi asam lambung, akar manis juga menawarkan banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, termasuk:

1. Melancarkan saluran pernapasan

Studi dalam Current Therapeutic Research, Clinical and Experimental menyebutkan, akar manis menjadi obat herbal yang efektif untuk mengatasi asma. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang menerima glycyrrhizin mengalami perbaikan paru kronis. Namun, tetap perlu adanya studi lanjutan untuk mengevaluasi efektivitas glycyrrhizin dalam mengendalikan asma.

2. Memelihara kesehatan kulit

Selain itu, akar manis juga cukup efektif untuk mencegah dermatitis atopik sekaligus munculnya tanda penuaan dini karena paparan sinar matahari. Ini karena sifat antioksidan dan antiradang dalam tanaman tersebut.

Tak hanya itu, glycyrrhizic juga kabarnya efektif untuk mengatasi jerawat. Selain memakai tanaman akar manis, ketahui cara menghilangkan jerawat secara alami dengan membaca artikel: “10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat”.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Licorice memiliki kandungan antikanker yang mampu mencegah sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini termasuk kanker kulit, kanker payudara, usus besar, dan kanker prostat. Namun, masih perlu adanya studi lebih lanjut untuk mengetahui manfaat ini.

4. Mencegah kerusakan gigi

Kegunaan ini terjadi berkat kandungan antibakteri dalam akar manis. Cara kerjanya dengan menekan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Kamu bisa mendapat manfaat ini dengan cara menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak licorice.

5. Licorice dapat mengurangi gejala menopause

Menopause muncul dengan gejala berupa menstruasi tidak teratur, masalah pada saluran kemih, dan munculnya sensasi rasa panas (hot flashes). Penggunaan akar manis mampu meredakan gejala tersebut. Namun, efektivitas tanaman tersebut masih perlu dukungan penelitian lebih lanjut.

Itulah penjelasan tentang manfaat akar manis. Jika mengalami efek samping setelah mengonsumsinya, kamu bisa cari obat dan produk kesehatan yang ampuh di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

chat dengan dokter
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Are Licorice Root’s Benefits and Downsides?.
WebMD. Diakses pada 2023. Licorice Root Tea: Is It Good For You?.
Healthline. Diakses pada 2023. Can You Use Deglycyrrhizinated Licorice (DGL) to Treat Acid Reflux?
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Licorice Nutrition Facts and Health Benefits.
Current Therapeutic Research, Clinical and Experimental. Diakses pada 2023. Glycyrrhizin and long-term histopathologic changes in a murine model of asthma.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan