Aktivitas di Rumah yang Bisa Dilakukan dengan Keluarga

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juni 2021
Aktivitas di Rumah yang Bisa Dilakukan dengan KeluargaAktivitas di Rumah yang Bisa Dilakukan dengan Keluarga

“Berada bersama keluarga menjadi hal terbaik yang bisa kamu dapatkan di waktu luang. Menciptakan momen indah dan membahagiakan untuk diceritakan dan dikenang pada masa mendatang.”

Halodoc, Jakarta – Sibuknya aktivitas dan pekerjaan terkadang membuat waktu bersama keluarga dan orang tersayang menjadi sangat sedikit. Padahal, bisa berada di tengah keluarga setiap saat nantinya akan menjadi hal yang sangat kamu rindukan. Kebersamaan jelas tidak tergantikan, terlebih bisa melakukan banyak aktivitas bersama keluarga.

Aktivitas Bersama Keluarga yang Bisa Dicoba

Tidak perlu bingung mencari aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga di akhir pekan atau musim liburan. Tak perlu juga keluar rumah dan menghabiskan banyak uang meski kadang dibutuhkan. Tidak pula ada interaksi gawai karena yang ada hanya kebersamaan antara anggota keluarga. 

Baca juga: Inilah 4 Ide Quality Time untuk Dilakukan Bersama Keluarga

Tidak hanya membuat anak lebih dekat dengan orangtua, ibu juga bisa melatih kemampuan sang buah hati agar mampu berpikir kritis melalui permainan sederhana. Lalu, aktivitas bersama keluarga seperti apa yang bisa dilakukan? Berikut ini beberapa pilihannya:

  • Memasak

Memasak menjadi kegiatan sederhana yang bisa dilakukan bersama keluarga. Ibu bisa mengajari anak memilih bahan, mengupas, memotong, atau mengolah makanan yang disukai anak. Misalnya, membuat sup atau memanggang roti. 

Berikan dukungan saat anak menunjukkan ketertarikan pada aktivitas memasak, meski anak ibu laki-laki. Biarkan ia bereksperimen dan berimajinasi dengan peralatan masak, salurkan rasa ingin tahunya dengan menemani dan mengajari lebih banyak lagi. 

  • Bermain Game

Aktivitas bersama keluarga lainnya yang bisa dicoba adalah bermain gim bersama. Bukan, bukan memainkan gim gawai seperti masa sekarang, melainkan board gim untuk meningkatkan kedekatan pada anggota keluarga. 

Permainan papan bisa membantu meningkatkan banyak keterampilan, termasuk kerja sama, berbagi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Beberapa pilihan permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak adalah monopoli atau scrabble.

Baca juga: Inilah Jenis Aktivitas yang Baik Dilakukan Bareng Anak

  • Menonton Film

Kamu juga bisa mengajak anggota keluarga menonton film bersama. Jika sudah memiliki anak, pilih film bertema anak dan keluarga karena sudah pasti ada pesan moral yang terselip di sana. Jika anak belum paham jalan ceritanya, ibu bisa membantunya menjelaskan dengan kalimat yang lebih mudah dipahami. 

  • Berkemah

Tidak perlu ke hutan atau lahan perkemahan, aktivitas ini bisa kamu lakukan di rumah. Memang baik mengajak anak berinteraksi langsung dengan alam, tetapi pastikan kondisi sudah memungkinkan untuk dilakukan, ya. Tidak masalah berkemah di pekarangan rumah, ibu tetap bisa mengajari anak membuat api unggun, memasak dengan memanfaatkan peralatan sederhana, dan tidur tanpa alas kasur. 

Baca juga: 5 Kegiatan Seru di Akhir Pekan saat Puasa Bersama Keluarga

Namun, jangan lupa untuk memantau kesehatan keluarga. Pastikan mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tak perlu keluar rumah, kamu bisa gunakan layanan pharmacy delivery dari aplikasi Halodoc untuk membeli vitamin maupun obat. Cukup dengan download aplikasi Halodoc di ponsel dan kamu sudah bisa pakai semua fiturnya. 

Referensi:
Parents. Diakses pada 2021. 20 Fun Family Activities to Do at Home.
Lifehack. Diakses pada 2021. 15 Fun And Easy Family Activities That You Can Do At Home.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan