• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kegiatan Seru di Akhir Pekan saat Puasa Bersama Keluarga

5 Kegiatan Seru di Akhir Pekan saat Puasa Bersama Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat  Muslim di seluruh dunia. Seharusnya bulan ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk melakukan berbagai aktivitas yang produktif. Sayangnya, tidak makan dan minum membuat kita cenderung malas beraktivitas karena takut kelelahan dan haus di tengah puasa. Padahal, beraktivitas membuat kamu tidak lagi merasakan lapar atau haus hingga waktu berbuka tiba, apalagi jika dilakukan dengan keluarga.

Pastikan dirimu tetap aktif dan produktif selama bulan Ramadan, dan temukanlah cara sederhana untuk membantu kamu tumbuh secara spiritual, mental, sosial, dan fisik. Nah, berikut ini adalah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga saat akhir pekan selama bulan Ramadan:

Baca juga: 4 Kesalahan saat Sahur yang Bikin Badan Lemas

Memasak

Terkadang, puasa membuat malas berkegiatan terutama pada siang hari. Jadinya, kamu lebih banyak tidur. Meski tidurnya orang puasa juga berpahala, tetapi bukan berarti kamu hanya menghabiskan hari untuk tidur sampai waktu berbuka puasa. Atau bisa juga dengan mencoba memasak bersama keluarga untuk mengisi waktu di akhir pekan.  

Kamu bisa mencoba resep takjil sederhana yang menarik dan menggugah selera. Atau kamu juga bisa membuat kue kering untuk latihan menjelang lebaran. Kalau ternyata rasanya lezat, tidak ada salahnya untuk dijadikan ide bisnis dadakan jelang hari raya. 

Berkebun

Kegiatan satu ini juga memiliki segudang manfaat kesehatan fisik maupun psikis. Pasalnya, berkebun bisa dikategorikan ke dalam olahraga ringan yang bisa membantu proses pembakaran lemak tubuh.

Hal ini karena saat kamu dan anggota keluarga lain tengah berkebun, anggota tubuh otomatis bergerak dua kali lebih aktif. Aktivitas berkebun seperti mengolah tanah, memindahkan tanaman, membersihkan tanaman, dan menyiram bisa meningkatkan kekuatan otot. Kegiatan ini ternyata juga dapat meningkatkan hormon melatonin dan serotonin, sehingga bisa menurunkan tingkat stres selama puasa.

Bermain Board Game

Bermain board game dengan anggota keluarga lain bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan selama puasa di akhir pekan. Bermain game seperti ini juga membawa semangat kompetitif satu sama lain. Kamu dapat memilih dari berbagai pilihan game yang bisa mengasah strategi hingga menguji pengetahuan umum. 

Baca juga: Ini 5 Asupan Penting yang Harus Ada saat Puasa

Olahraga

Takut olahraga membuat kamu lelah dan haus? Hal ini tidak akan terjadi jika kamu tahu kapan waktu terbaik untuk melakukannya. Kamu bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk berolahraga selepas sahur atau sejenak sembari menunggu waktu berbuka.

Dua waktu ini adalah saat yang disarankan karena tidak membuat kamu kehilangan banyak tenaga. Lakukan olahraga ringan saja, seperti bersepeda atau berjalan kaki. Meski terasa sederhana, olahraga selama Ramadan juga penting karena baik untuk kesehatan tubuh. 

Menonton Film

Jika bosan di rumah saat akhir pekan di bulan Ramadan, kamu bisa menonton film Bersama keluarga untuk mengusir rasa bosan. Apalagi kini semakin banyak layanan televisi internet yang tersedia dengan berbagai koleksi film yang seru.

Kamu bisa menonton drama, komedi, action, thriller, animasi hingga film dokumenter bisa dipilih. Namun, kamu juga harus pintar-pintar memilih film ya, jangan sampai film tersebut mengganggu kelancaran ibadah puasa dan pastinya film ini cocok untuk semua umur.

Baca juga: Perut Mendadak Panas Saat Puasa, Harus Apa?

Itulah ide aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan saat puasa di rumah saat akhir pekan. Namun, jika kamu merasa tidak fit, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc. Dokter akan siaga 24 jam memberikanmu saran kesehatan yang dibutuhkan. Mudah bukan? Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Wise Bread. Diakses pada 2020. Kill Boredom With These Fun and Productive Projects.
WikiHow. Diakses pada 2020. 5 Ways to Overcome Boredom.