• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Menari dan Bernyanyi Baik bagi Pertumbuhan Anak

Alasan Menari dan Bernyanyi Baik bagi Pertumbuhan Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Memiliki anak dalam usia tumbuh kembang tentunya menjadi perhatian bagi orangtua. Banyak cara yang ibu bisa lakukan agar tumbuh kembang anak berjalan sesuai dengan waktunya, mulai dari memberikan berbagai makanan yang bernutrisi hingga menstimulasi anak dengan berbagai macam kegiatan.

Baca juga: Trik Menemukan Bakat dalam Diri Si Kecil

Selain itu, ibu bisa mengajarkan anak untuk menari dan bernyanyi sebagai bentuk stimulasi pada anak agar tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal. Ketahui alasan menari dan bernyanyi sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

1. Menjaga Kesehatan Anak Tetap Optimal

Menurut National Dance Education Organization, anak-anak sebenarnya bergerak secara alami untuk mengekspresikan pikiran atau perasaannya. Ketika ibu mengajaknya menari maka akan menjadi gerakan yang lebih terstruktur. Menari meningkatkan kesehatan fisik karena menggerakkan seluruh tubuh. Menari juga hampir sama dengan latihan kardio untuk menjaga kesehatan jantung anak. 

Sama halnya dengan menari, bernyanyi juga meningkatkan kesehatan fisik anak. Bernyanyi juga memperbaiki aliran udara di bagian atas saluran pernapasan yang mengurangi kesempatan bagi bakteri untuk masuk, sehingga artinya menurunkan risiko alami pilek dan flu. Jadi, jangan ragu untuk menari dan bernyanyi bersama anak di waktu senggangnya.

2. Mencerdaskan Otak Anak

Mengajarkan anak untuk menari dapat membuat otak anak lebih cerdas. Hal ini disebabkan kegiatan menari membutuhkan kekuatan otak untuk lebih fokus dengan gerakan-gerakan yang diberikan. Lakukanlah tarian yang sederhana bersama anak sebagai stimulasi otak agar anak dapat melatih fokus dan konsentrasi. Selain itu, menari dapat membuat anak menjadi lebih senang dan rileks.

3. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa

Siapa bilang bernyanyi hanya dapat membuat anak menjadi lebih bahagia? Banyak manfaat bernyanyi yang dilakukan oleh anak-anak, salah satunya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Jangan lupa untuk memilih lagu yang sesuai dengan usia anak.

Baca juga: Suka Nyanyi di Kamar Mandi? Ini Manfaatnya

4. Melepaskan Stres

Selain orang dewasa, anak-anak bisa mengalami stres. Nah, menurut studi dari Institute of Education University of London, bernyanyi memberikan manfaat untuk anak yaitu pengurangan tingkat stres. Ketika bernyanyi, tubuh dapat melepaskan hormon endorfin dan membuat seseorang merasa lebih bahagia dan rileks. Ya, bernyanyi juga mampu menurunkan kadar kortisol dalam tubuh yang meningkatkan risiko stres.

5. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Melansir Healthline, bagian otak yang mengendalikan daya ingat serta keterampilan seseorang menjadi lebih optimal dan kemampuannya meningkat ketika seseorang rutin melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dan juga menari. Selain itu, anak yang rutin melakukan kegiatan menari dapat meningkatkan kemampuan keseimbangan tubuhnya.

6. Meningkatkan Daya Kreativitas

Jangan ragu untuk ajarkan anak menari dan bernyanyi secara bersamaan. Kegiatan ini merupakan kegiatan seni yang dapat membantu ibu untuk meningkatkan daya kreativitas anak. Berikan waktu pada anak untuk menari sesuai dengan kreativitas yang ia miliki dan ajak anak untuk membuat lirik sesuai yang dia inginkan. Dampingi anak agar suasana belajar semakin menyenangkan.

Baca juga: Mendengarkan Musik Bisa Meredakan Stres, Ini Faktanya

Itulah manfaat yang bisa ibu rasakan dengan mengajarkan anak bernyanyi dan menari. Jika saat latihan bernyanyi atau menari anak mengalami gangguan kesehatan, jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter anak mengenai keluhan yang dialami anak. Tentunya, penanganan lebih dini agar membantu anak lekas pulih.

Referensi:
Mom Loves Best. Diakses pada 2020. 25 Impressive Benefits of Dance For Kids
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Benefits of Dance
Making Music. Diakses pada 2020. Three Ways Singing Makes You Healthier
Institute of Education University of London. Diakses pada 2020. The Benefits of Singing for Children
National Dance Education Organization. Diakses pada 2020. Philosophy Underlying the Standards for Dance in Early Childhood