11 January 2018

Suka Nyanyi di Kamar Mandi? Ini Manfaatnya

Suka Nyanyi di Kamar Mandi? Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, bernyanyi di kamar mandi mungkin adalah hal yang sering dilakukan. Mungkin saja untuk mengusir bosan atau memang ia senang bernyanyi. Namun tahukah kamu bahwa kegiatan yang terkesan “sepele” tersebut ternyata memiliki bayak manfaat, lho.

Bernyanyi, sekalipun hanya di kamar mandi, nyatanya dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Bagusnya, kegiatan bernyanyi di kamar mandi sama sekali tidak mengharuskan kamu memiliki suara merdu yang dapat mengguncangkan dunia untuk mendapatkan manfaatnya. Rutin bernyayi  di kamar mandi ternyata tak sebatas keisengan belaka. Mau tahu apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat bernyanyi selama di kamar mandi?

  1. Bebas Stres

Setelah seharian beraktivitas, mandi adalah hal menyegarkan untuk segera dilakukan. Namun tak hanya menyegarkan, kamu bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk menghilangkan stres dan tekanan harian. Caranya? Bernyanyi saja!

Sejumlah ahli menyebut bahwa bernyanyi di kamar mandi bisa mendatangkan manfaat yang baik bagi tubuh dan pikiran. Bernyanyi  di kamar mandi juga berguna untuk melatih pernapasan sehingga kadar oksigen dalam tubuh menjadi lebih baik. Saat kadar oksigen cukup, tubuh akan menjadi lebih relaks dan bebas stres.

Selain itu, penelitian lain membuktikan bahwa orang yang bernyanyi cenderung memiliki kadar kortisol yang lebih rendah. Yaitu hormon yang berhubungan dan dapat memicu stres. Artinya, semakin rendah hormon kortisol maka semakin rendah pula risiko kamu mengalami stres.

  1. Baik untuk Kekebalan Tubuh

Bernyanyi sambil mandi ternyata juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini masih berkaitan dengan menurunnya kadar kortisol saat bernyanyi. Sebab hormon kortisol yang berlebihan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh (imun). Maka, semakin sedikit hormon kortisol akan semakin kuat pula kekebalan tubuh dalam memerangi penyakit.

Bernyanyi juga bisa menjadi obat antinyeri. Hal ini membuat kegiatan ini lagi-lagi menjadi “senjata” untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit serta dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Bernyanyi juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Sebab bernyanyi melibatkan otot-otot pernapasan yang secara otomatis menjadi lebih “terlatih”. Selain itu, otot-otot wajah juga akan ikut terlatih jika kamu rutin bernyanyi.

Di sisi lain, bernyanyi dan menghibur diri telah terbukti dapat membantu seseorang melawan insomnia alias gangguan tidur di malam hari. Sehingga, tidur malam pun akan menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Hal ini terjadi karena efek relaksasi yang dihasilkan pada tubuh. Tentu kondisi ini baik bagi kesehatan jantung, peredaran darah dan kondisi tubuh secara keseluruhan.

  1. Menghindari Alzheimer

Bernyanyi terutama pada pagi hari disebut dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Sementara itu, menurut penelitian dalam Journal of Alzheimer’s Disease kegiatan ini mampu mencegah terjadinya dementia dan penyakit alzheimer.

Hal itu karena bernyanyi dan musik mampu merangsang aktivitas otak dan membuatnya lebih aktif. Hasilnya, fungsi kognitif otak pun menjadi semakin baik dan terasah.

  1. Anti Kesepian

Bernyanyi juga ternyata dapat menghindari seseorang dari rasa kesepian. Pasalnya, bernyanyi dapat meningkatkan produksi hormon endorphin yang berkaitan dengan perasaan senang. Tak berhenti di situ, tubuh pun akan memproduksi hormon oksitosin yang dapat membangun perasaan percaya diri sehingga membuatmu terhindar dari rasa sepi.

Bagaimana, menyanyi di kamar mandi ternyata banyak manfaatnya bukan? Kalau kamu lagi stres dan  butuh ketenangan, jangan lupa untuk bernyanyi, ya. Tapi kalau kamu sakit dan butuh saran dokter, jangan lupa download Halodoc untuk mulai bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, membeli obat serta merencanakan pemeriksaan laboratorium. Selalu sedia Halodoc, ya!