• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Stenosis Spinal Sebabkan Sindrom Cauda Equina

Alasan Stenosis Spinal Sebabkan Sindrom Cauda Equina

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

 Halodoc, Jakarta - Stenosis spinal terjadi ketika adanya penyempitan pada ruas tulang belakang. Akibatnya, muncul tekanan terhadap saraf tulang belakang. Tidak hanya menyebabkan rasa sakit, kondisi ini juga dapat sebabkan efek samping, salah satunya adalah sindrom cauda equina

Sindrom cauda equina adalah kondisi saat sekumpulan akar saraf (cauda equina) di bagian bawah saraf tulang belakang mengalami tekanan. Padahal, akar saraf ini berperan penting untuk menghubungkan otak dan organ tubuh bagian bawah, dalam mengirim dan menerima sinyal sensorik dan motorik, dari dan menuju tungkai, kaki, dan organ panggul. Nah, ketika akar saraf mengalami tekanan, maka sinyal akan putus dan memengaruhi fungsi tubuh. 

Baca juga: Hati-Hati, 4 Penyakit Ini Bisa Sebabkan Stenosis Spinal

Lantas, Hal Apa Saja yang Bisa Sebabkan Stenosis Spinal?

Faktanya, stenosis spinal paling umum disebabkan oleh penuaan. Akibat usia terus bertambah, maka proses perubahan jaringan terjadi di seluruh tubuh. Jaringan tulang belakang, seperti ligamen dapat menebal dan tulang menjadi lebih besar. Akibatnya, saraf akan tertekan.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa hal yang menyebabkan stenosis spinal, antara lain: 

  • Cedera tulang belakang. Akibat cedera, maka ruas tulang belakang bisa mengalami dislokasi atau patah tulang. Salah satu cedera yang paling sering terjadi adalah kecelakaan lalu lintas.

  • Tumor. Tumor dapat muncul di dalam saraf tulang belakang. Ia bisa tumbuh di dalam membran yang melapisi saraf tulang belakang, atau di ruang antara saraf dan ruas tulang belakang. Saat tumor semakin membesar, maka saraf di sekitarnya juga tertekan;

  • Penyakit Paget, terjadi ketika tulang tumbuh secara abnormal, sehingga dapat menekan saraf di sekitarnya;

  • Skoliosis, yakni kelainan bentuk tulang belakang;

  • Kelainan tulang belakang sejak lahir.

Baca juga: Gejala Stenosis Spinal yang Harus Diketahui

Langkah Pengobatan Stenosis Spinal

Sebelum berkembang lebih lanjut, ada baiknya untuk segera melakukan pengobatan untuk mengatasi stenosis spinal. Kamu bisa memeriksakan terlebih dahulu ke rumah sakit untuk melakukan serangkaian diagnosis untuk kemudian dipilih langkah pengobatan yang tepat. Nah, beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Obat-obatan. Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengobati stenosis spinal, maka dokter memberikan beberapa jenis obat untuk meredakan rasa sakit, seperti:

  1. Obat pereda nyeri, yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada tulang belakang secara sementara.

  2. Obat antikonvulsan, obat antikonvulsan atau obat antikejang akan diberikan untuk mengurangi nyeri akibat kelainan saraf.

  3. Antidepresan, obat ini diberikan untuk mengurangi nyeri yang berkelanjutan.

  • Fisioterapi. Tidak hanya mengurangi rasa sakit, pengobatan ini juga membantu pengidapnya menjalani aktivitasnya sehari-hari. Fisioterapi akan bermanfaat untuk:

  1. Meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh;

  2. Mempertahankan fleksibilitas dan stabilitas tulang belakang;

  3. Meningkatkan keseimbangan tubuh;

  • Kortikosteroid. Pengobatan ini ditujukan untuk mengurangi peradangan saraf yang terjepit dan meredakan nyeri. Pemberian obat ini dilakukan secara injeksi, tetapi tidak boleh terlalu sering untuk menghindari pelemahan di sekitar area injeksi. 

  • Operasi. Operasi bisa dilakukan apabila metode pengobatan lain tidak bisa mengatasi stenosis spinal. Operasi dilakukan untuk menghilangkan tekanan pada saraf tulang belakang secara permanen supaya komplikasi seperti sindrom cauda equina tidak akan terjadi. 

Namun, jika komplikasi seperti sindrom cauda equina telah terjadi, maka operasi harus segera dilakukan. Ini ditujukan untuk mencegah kerusakan permanen seperti kelumpuhan kaki, hilangnya kendali buang air kecil maupun besar, fungsi seksual, dan masalah lain yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kenali 5 Gejala Sindrom Cauda Equina yang Perlu Diwaspadai

Segera buat janji dengan dokter di Halodoc jika kamu mengalami penyakit terkait saraf yang menyebabkan rasa sakit. Pengobatan sejak dini adalah hal yang tepat dilakukan agar tidak semakin parah.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Spinal Stenosis.
Web MD. Diakses pada 2020. Cauda Equina Syndrome.