• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Ibu Hamil Konsumsi Obat Sakit Gigi?

Amankah Ibu Hamil Konsumsi Obat Sakit Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Kondisi sakit gigi yang dialami oleh banyak orang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, pengobatan mudah dilakukan untuk mengatasi masalah sakit gigi. Lalu, bagaimana dengan keadaan ibu hamil yang mengalami sakit gigi?

Baca juga: Sakit Gigi Bikin Susah Hamil, Benarkah?

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil menyebabkan banyak dampak, termasuk salah satunya adalah gangguan kesehatan pada gigi. Hal ini wajar terjadi meskipun memang membuat tidak nyaman. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi obat sembarangan dan lakukan pencegahan untuk hindari sakit gigi.

Penyebab Ibu Hamil Alami Sakit Gigi

Bagi ibu hamil, mengalami gangguan kesehatan saat hamil menjadi hal yang cukup membingungkan, karena ibu tidak dapat mengonsumsi obat secara sembarangan. Jika sakit gigi yang dialami sudah tidak tertahankan, ada baiknya segera periksakan ke dokter gigi terdekat. Namun, sebelumnya ketahui berbagai faktor penyebab ibu hamil sakit gigi, yaitu:

1. Perubahan Hormon

Dilansir dari National Health Service UK, perubahan hormon yang terjadi pada saat kehamilan dapat meningkatkan risiko ibu alami sakit gigi. Perubahan hormon pada saat kehamilan membuat gusi lebih rentan mengalami peradangan, pembengkakan, dan perdarahan. Tidak hanya itu, perubahan hormon yang terjadi lebih rentan ibu hamil memiliki plak.

2. Mengonsumsi Makanan Manis

Saat menjalani kehamilan, ngidam menjadi kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil. Ada berbagai makanan yang ingin dikonsumsi, termasuk makanan manis. Dilansir dari Healthline Parenthood, banyak mengonsumsi makanan manis pada saat masa kehamilan dapat sebabkan ibu hamil alami sakit gigi. Makanan yang manis juga meningkatkan risiko gigi berlubang.

3. Muntah saat Morning Sickness

Ibu hamil umumnya mengalami morning sickness, terutama pada trimester pertama. Morning sickness ditandai dengan rasa mual dan muntah. Nah, muntah dapat membuat gigi terkena asam lambung. Menurut Healthline Parenthood, asam lambung yang naik dapat mengikis gigi dan berisiko mengalami gigi berlubang. Cara untuk mencegahnya adalah berkumur dengan air putih setelah muntah agar kesehatan mulut dan gigi dapat kembali normal. 

Baca juga: Kebersihan Gigi Ibu Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin, Kok Bisa?

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Obat Sakit Gigi?

Pengobatan yang paling baik untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil adalah mengunjungi dokter gigi. Tentunya, ibu hamil tidak dapat mengonsumsi obat sakit gigi secara sembarangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari dampak buruk dari penggunaan obat sakit gigi pada bayi dalam kandungan.

Ibu dapat bertanya langsung pada dokter gigi melalui aplikasi Halodoc untuk mengatasi gejala yang dirasakan. Umumnya, penggunaan paracetamol masih bisa digunakan oleh ibu hamil namun sebaiknya digunakan sesuai anjuran dokter. Selain itu ada beberapa obat yang sebaiknya dihindari, seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen karena dianggap berbahaya bagi bayi di dalam kandungan.

Dilansir dari National Health Service UK, penggunaan paracetamol pada ibu hamil hanya dapat digunakan jika ibu hamil mengalami nyeri yang mengganggu dan mengalami demam tinggi. Selalu gunakan paracetamol pada dosis yang paling rendah agar tidak berdampak apapun pada ibu maupun bayi.

Melansir Mayo Clinic, sebaiknya ibu hamil lakukan perawatan gigi pada saat kehamilan memasuki trimester kedua. Umumnya, pada trimester kedua, organ janin telah tumbuh secara lengkap sehingga risiko gangguan pertumbuhan pada bayi lebih rendah.

Baca juga: Sakit Gigi Bisa Picu Infeksi Otak, Benarkah?

Ada beberapa cara alami yang membantu untuk mengatasi sakit gigi yang ibu hamil alami. Mengompres bagian gigi yang sakit, berkumur dengan air garam, dan rajin membersihkan gigi menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi di rumah. 

Selain itu, ada baiknya ibu melakukan pencegahan sakit gigi dengan memperbanyak mengonsumsi air putih, mengonsumsi buah-buahan, dan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D agar kesehatan gigi terjaga dengan baik.

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Is Dental Work During Pregnancy Safe?
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Teeth and Gums in Pregnancy
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. Why Teeth Pain During Pregnancy Is a Thing
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Can I Take Paracetamol When I’m Pregnant?