Amankah Konsumsi Paracetamol untuk Redakan Nyeri Haid?

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Maret 2024

“Paracetamol seringkali digunakan untuk meredakan nyeri haid dengan dosis maksimal yang direkomendasikan yakni 4 gram per hari atau 1000 mg per dosis. Beberapa jenis obat paracetamol yang dapat membantu meredakan haid adalah Pamol 500 mg 10 Tablet, Paracetamol Sirup 60 ml, hingga Sanmol Forte Sirup 60 ml.”

Amankah Konsumsi Paracetamol untuk Redakan Nyeri Haid?Amankah Konsumsi Paracetamol untuk Redakan Nyeri Haid?

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Paracetamol Ampuh dan Mudah Dicari 


Halodoc, Jakarta – Nyeri haid atau dismenore adalah kondisi yang umum yang terjadi pada wanita selama masa menstruasi. Saat kamu mengalami menstruasi, dinding di dalam rahim akan berkontraksi sementara lapisan rahim luruh, berupa darah menstruasi. 

Gejala sakit yang muncul bisa berupa kram perut, sakit kepala, atau nyeri punggung. Untuk meredakan gejala ini, banyak wanita yang memilih mengonsumsi obat pereda nyeri, salah satunya paracetamol. 

Konsumsi paracetamol sangat membantu terutama bagi wanita yang tidak dapat mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid. Namun, amankah mengonsumsi paracetamol untuk meredakan nyeri haid?

Ketahui Kegunaan Paracetamol

Paracetamol adalah obat pereda nyeri yang termasuk ke dalam kelompok analgesik. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat produksi prostaglandin, yaitu senyawa yang memicu rasa sakit dan peradangan pada tubuh. Dalam hal ini, paracetamol dapat membantu mengurangi rasa sakit yang berasal dari nyeri haid. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu dapat membaca artikel mengenai manfaat dan efek samping Paracetamol.

Dosis yang Dianjurkan

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi paracetamol sesuai dengan rekomendasi dosis. Dosis maksimal yang direkomendasikan untuk paracetamol adalah 4 gram per hari atau sekitar 1000 mg per dosis. Akan tetapi, dosis ini harus sesuai juga dengan kondisi kesehatan individu, seperti usia, berat badan, dan riwayat kesehatan.

Selain itu, ingat bahwa penggunaan paracetamol hanya dapat meredakan gejala, bukan untuk mengatasi penyebabnya. Oleh karena itu, jika nyeri haid yang kamu alami sangat parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

Jangan lupa untuk menghindari mengonsumsi paracetamol bersamaan dengan obat lain yang mengandung paracetamol atau alkohol. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan paracetamol dalam jangka waktu yang lama tanpa pengawasan dokter.

Dalam kesimpulannya, konsumsi paracetamol untuk meredakan nyeri haid aman jika dosisnya sesuai dengan anjuran dokter dan konsumsinya tidak berbarengan dengan obat lain atau alkohol. Namun, jika gejala yang dialami sangat parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis obgyn berpengalaman dan tepercaya melalui Halodoc.

Pilihan Obat Paracetamol Ampuh dan Mudah Dicari

Kamu tidak perlu bingung untuk mencari obat dengan kandungan paracetamol yang dapat meredakan nyeri haid, cukup simak ulasan di bawah ini:

1. Pamol 500 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat paracetamol yang pertama adalah Pamol 500 mg 10 Tablet. Obat ini bisa meredakan sakit kepala, sakit gigi, nyeri ringan, dan penurun demam. Sebab Pamol 500 mg 10 Tablet memiliki sifat antipiretik (pereda demam) dan analgesik (pereda nyeri).

Pamol 500 mg 10 Tablet dianjurkan untuk diminum setelah makan. Berikut dosisnya: 

  • Orang dewasa: 1 sampai 2 kaplet sebanyak 3-4 kali sehari (maksimal 8 kaplet per hari). 
  • Anak 6-12 tahun: ½ sampai 1 kaplet sebanyak 3-4 kali sehari (maksimal 4 kaplet per hari). 

Kisaran: Rp12.600 per strip.

Dapatkan Pamol 500 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Paracetamol Sirup 60 ml

Obat sirup yang satu ini mengandung zat aktif paracetamol. Dengan sifat analgesik (pereda nyeri) di dalamnya, Paracetamol Sirup 60 ml dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu meredakan nyeri haid, nyeri kepala, dan nyeri karena sakit gigi. 

Tak hanya itu, obat satu ini memiliki efek antipiretik sehingga bisa menurunkan demam yang bekerja dengan cara menghambat pengatur panas di hipotalamus.

Paracetamol Sirup 60 ml dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Ada beberapa kelompok orang yang perlu menghindari konsumsi obat ini. Contohnya ibu hamil dan menyusui, orang dengan penyakit ginjal, serta pengidap gangguan fungsi hati sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini. 

Rentang harga: Rp3.200 – Rp21.700 per botol.

Dapatkan Paracetamol Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Sanmol Forte Sirup 60 ml

Paracetamol pereda haid yang satu ini berjenis obat sirup yang juga bekerja menghambat sintesis prostaglandin, sehingga bisa mengurangi nyeri ringan sampai sedang. 

Selain itu, Sanmol Forte Sirup 60 ml juga bekerja di pusat pengatur suhu di hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh. Dengan mengkonsumsi obat ini, tak hanya nyeri haid, sakit kepala, sakit gigi, dan demam juga bisa teratasi. 

Sanmol Forte Sirup bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Berikut dosis pemakaiannya: 

  • Orang dewasa dan anak umur 12 tahun ke atas: 2 sampai 2.5 sendok takar sebanyak 3-4 kali sehari.
  • Anak-anak 9-12 tahun: 1 sampai 2 sendok takar sebanyak 3-4 kali sehari.

Tapi, perlu diingat, jika setelah 5 hari nyeri tidak mereda, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Rentang harga:  Rp38.600 – Rp39.500 per botol. 

Dapatkan Sanmol Forte Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet

Rekomendasi obat paracetamol untuk meredakan haid yang terakhir adalah Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet. Kandungan paracetamol di obat ini dapat mengurangi mengurangi nyeri dan menurunkan suhu tubuh. Selain nyeri haid obat ini ampuh untuk atasi sakit kepala, sakit gigi, demam, dan nyeri ringan lainnya.

Obat ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Berikut aturan pemakaiannya:

  • Orang dewasa: 1-2 tablet  Fasidol Forte 3-4 kali per hari (maksimal 8 kaplet).
  • Anak 7-12 tahun: ½ – 1 tablet  Fasidol Forte 3-4 kali perhari (maksimal 4 kaplet).

Rentang harga: Rp6.600 – Rp6.800 per strip.

Dapatkan Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa rekomendasi obat dengan kandungan paracetamol yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Kamu juga bisa temukan  beragam obat, suplemen, dan produk  kesehatan lainnya di  Toko Kesehatan Halodoc.

Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Referensi:

CAN Lifestyle. Diakses pada 2023. Why menstrual cramps hurt a lot – and what painkillers and natural remedies to try
Dr Felix. Diakses pada 2023. Is Paracetamol or Ibuprofen better for period pain?
Drugs. Diakses pada 2023. Paracetamol: 7 things you should know
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Menstrual cramps

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan