• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Kecanduan Gadget, Orangtua Harus Apa?

Anak Kecanduan Gadget, Orangtua Harus Apa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Gadget bukan hanya memudahkan orangtua saja, karena bisa menenangkan anak yang rewel dalam waktu singkat. Namun, penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat membuat anak menjadi kecanduan gadget dan sulit sekali untuk dipisahkan. 


Kecanduan gadget pada anak akan membuat ia betah berlama-lama menatap layar gadget, yang dapat berujung pada rusaknya penglihatan sedari dini. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak? Lakukan hal-hal berikut ya, bu!


Baca juga: Anak Sering Membangkang, Dampak dari Pola Asuh yang Salah


1. Berikan Permainan yang Lain


Mengatasi kecanduan gadget bisa ibu lakukan dengan memberikan alternatif permainan lain pada anak. Kecanduan gadget yang ia alami bisa disebabkan adanya permainan yang menyenangkan dalam gadget. Ayah dan ibu bisa memberikan mainan non-elektronik, seperti lego atau mainan yang mengasah kreativitas lainnya. Selain dapat mengasah kreativitas anak, lego atau mainan sejenisnya dapat merangsang pola pikir anak.


2. Hindari Menggunakan Gadget di Depan Anak


Cara mengatasi kecanduan gadget lainnya yaitu hindari penggunaan gadget di depan anak. Anak merupakan peniru ulung yang akan meniru apa pun yang dilakukan orangtua. Sebagai orangtua, sebaiknya ayah dan ibu tidak menggunakan gadget di depan anak. Orangtua seharusnya memaksimalkan waktu bermain bersama anak. 


3. Berikan Hadiah atau Hukuman


Mendidik anak dengan memberikan hadiah atau hukuman dapat memberikan dampak tersendiri bagi beberapa anak. Namun, upaya mendidik anak dengan cara tersebut cukup berhasil. Mendidik dengan cara tersebut menunjukkan sejauh mana keterlibatan orangtua dalam kegiatan anak. Cara ini bertujuan untuk mengontrol perilaku anak. Dengan aturan dan cara yang tepat, sistem ini efektif untuk menerapkan aturan di rumah.


Baca juga: Apa Pola Asuh Terbaik untuk Anak yang Alami ADHD?


4. Buat Aturan Menggunakan Gadget


Aturan menggunakan gadget termasuk masalah waktu. Untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, orangtua harus memberikan batasan waktu anak dalam bermain gadget. Setelah waktunya habis, orangtua harus bersikap bijaksana dan mengalihkan perhatian anak pada kegiatan lainnya. Aturan ini juga bisa ditetapkan pada beberapa area rumah, seperti ruang makan, kamar mandi, dan juga kamar tidur dengan tidak memperbolehkan anak bermain gadget di ruangan tersebut.


5. Awasi Anak saat Menggunakan Gadget


Mengawasi penggunaan gadget dapat dilakukan dengan memantau aktivitas anak saat menggunakan gadget. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, seperti permainan apa yang sedang dimainkan atau film apa yang sedang ditonton. Hal tersebut akan membentuk tanggung jawab anak serta menumbuhkan keterbukaan pada orangtua.


6.Ajak Anak Bermain dengan Alam


Gadget membuat anak-anak jarang berinteraksi dengan alam, terutama bagi penduduk perkotaan. Padahal, banyak sekali permainan anak yang dapat dilakukan di ruang terbuka, seperti bermain bola di taman atau camping. Faktanya, anak yang lebih sering bermain di alam dan ruang terbuka akan lebih sehat secara fisik, memiliki gerak motorik yang lebih baik, serta lebih kreatif.


Baca juga: 3 Pola Asuh untuk Tetap Menjaga Kesehatan Mental


Itulah yang perlu ayah dan ibu lakukan jika anak kecanduan gadget. Jika ayah dan ibu merasa kewalahan untuk mengatasinya karena berkaitan dengan karakter atau tumbuh kembannya, berdiskusi dengan psikolog anak melalui aplikasi Halodoc bisa jadi jalan keluarnya. Ayah dan ibu juga bisa mengajak anak bertemu psikolog anak di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
First Cry Parenting. Diakses pada 2020. 10 Very Important Things Parents MUST Do To Prevent Gadget Addiction in Kids!
Healthxchange.sg. Diakses pada 2020. ​6 Tips to Prevent Tech Addiction in Children.