• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Aktivitas yang Direkomendasikan untuk Anak Mengisi Liburan

5 Aktivitas yang Direkomendasikan untuk Anak Mengisi Liburan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Merencanakan liburan bersama anak adalah hal yang menyenangkan. Ayah dan ibu tentu ingin menghabiskan waktu yang berkualitas dengan Si Kecil. Biar lebih afdol, pastikan untuk mempersiapkan liburan sebaik mungkin, mulai dari pemilihan waktu, tempat, serta aktivitas yang dilakukan untuk mengisi liburan. 

Anak-anak menyukai hal yang menyenangkan dan bersifat seru. Ada beberapa jenis aktivitas yang bisa dicoba bersama saat liburan, seperti pergi piknik, mengunjungi alam terbuka, berbelanja, atau sekadar membuat kue di rumah. Malam pergantian tahun bisa jadi lebih meriah jika diisi dengan beragam kue, masakan, serta dekorasi rumah. 

Baca juga: Enggak Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat Berlibur Bagi Anak

Aktivitas Liburan agar Anak Lebih Kreatif 

Tak hanya bersenang-senang, ibu dan ayah juga bisa membantu mengembangkan kreativitas Si Kecil melalui beragam aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan. Meski begitu, sebaiknya tidak terlalu memaksakan anak untuk melakukan hal-hal tertentu. Alih-alih membuat senang, hal ini malah bisa memicu anak mengalami stres saat liburan.

Ada berbagai jenis aktivitas menyenangkan yang direkomendasikan untuk anak mengisi liburan, di antaranya: 

  • Wisata Alam 

Mengisi liburan bisa dilakukan dengan pergi ke pantai, menjelajahi hutan, hingga berenang di air terjun. Selain memberikan memori yang indah untuk Si Kecil, nyatanya berwisata ke alam terbuka bisa membantu meningkatkan hormon bahagia, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Pastikan untuk merencanakan waktu yang tepat dan perhatikan kondisi cuaca, ya!

  • Piknik Keluarga 

Jika tidak memiliki cukup banyak waktu untuk pergi jauh, ayah dan ibu bisa mengajak anak untuk piknik keluarga di taman sekitar. Siapkan bekal makanan sehat untuk disantap bersama sambil berbincang dan menikmati suasana. Melakukan aktivitas bersama bisa meningkatkan kedekatan pada anak dan orangtua dan baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. 

Baca juga: Jangan Melulu ke Mal, Ini 6 Cara Didik Anak Sambil Liburan

  • Membuat Kue di Rumah

Berencana di rumah saja menjelang malam pergantian tahun? Tidak masalah! Untuk mengisi waktu, ajak si Kecil membuat kue dan memasak makanan sehat untuk dinikmati pada malam pergantian tahun. Mengajari anak memasak nyatanya bisa membantu merangsang kreativitas dan membuatnya lebih aktif. Kue-kue dan makanan sehat ini bisa dinikmati sambil menonton film di ruang keluarga. 

  • Dekorasi Rumah 

Menggambar, menggunting, dan menempel juga bisa menjadi hal yang baik untuk kreativitas anak. Biar lebih bermanfaat, ajak Si Kecil melakukan hal tersebut untuk mendekorasi dan mempercantik rumah. Ayah dan ibu boleh membebaskan anak memilih jenis hiasan, warna cat rumah, hingga jenis karpet yang ingin dipilih. Menghadirkan suasana baru menjelang tahun yang baru adalah hal yang patut untuk dicoba bersama seluruh anggota keluarga. 

  • Membaca Buku 

Orangtua bisa meminta Si Kecil untuk membaca buku atau cobalah menceritakan kisah yang menarik. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk mengisi liburan dan tentunya memberi manfaat yang baik. Rutin membaca sudah terbukti memiliki banyak manfaat, termasuk menghindari stres, meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan anak, serta menurunkan risiko Alzheimer dalam jangka panjang. 

Meski memiliki list aktivitas untuk dilakukan, sebaiknya ayah dan ibu memastikan anak mendapat cukup istirahat. Tidur malam setidaknya 8 hingga 9 jam bisa membantu menjaga kekebalan tubuh anak, sehingga terhindar dari serangan penyakit. 

Baca juga: Tingkatkan Imun Anak Agar Tetap Sehat saat Liburan

Selain itu, pastikan untuk download aplikasi Halodoc untuk membantu mengatasi masalah kesehatan yang mungkin muncul selama liburan. Ibu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga kebugaran dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Harvard Health. Diakses pada 2019. 7 ways to prevent holiday stress — for your children.
Kids Health. Diakses pada 2019. 5 Ways to Stay Healthy for the Holidays.
Health line. Diakses pada 2019. 10 Healthy Holiday Traditions to Try This Year.