• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Besar Pengaruh Pola Pikir Ibu Terhadap Anak?

Seberapa Besar Pengaruh Pola Pikir Ibu Terhadap Anak?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua punya cara yang berbeda-beda dalam mendidik dan membesarkan anak. Salah satu hal yang menentukan gaya didikan orangtua adalah pola pikir yang mereka punya mengenai apa yang baik dan apa yang menurutnya benar. Yuk, simak seberapa besar pengaruh pola pikir orangtua, khususnya ibu, terhadap anak di sini.

Pernahkah terlintas dalam pikiranmu, mengapa cara tiap orangtua di dunia ini berbeda-beda dalam membesarkan anak? Salah satu jawabannya adalah karena mereka meniru gaya parenting dari orangtua mereka sendiri. Banyak orangtua yang tanpa sadar memberlakukan cara didikan yang mereka dapatkan dari orangtua mereka kepada anak-anak mereka. Faktor lainnya yang juga menentukan gaya didikan orangtua adalah informasi mengenai cara pengasuhan yang tepat yang mereka peroleh, baik dari buku-buku, situs website, maupun nasihat orang lain.

Namun, faktor yang bisa dikatakan sebagai penentu utama dalam cara orangtua mendidik anak-anak terletak pada karakteristik mereka secara umum, serta keyakinan, pola pikir, dan perasaan tertentu yang timbul selama mengasuh anak. Hal tersebut memiliki pengaruh yang kuat pada perilaku orangtua terhadap anak. 

Baca juga: Baik dan Buruk dari Tren Parenting Zaman Now

Pola Pikir Ibu Memengaruhi Gaya Pengasuhannya

Sikap pengasuhan (parenting) anak adalah proses yang memengaruhi seorang ayah atau ibu untuk bertindak secara positif atau negatif terhadap seorang anak. Contoh sikap parenting adalah, seperti memperlakukan anak dengan hangat atau malah bersikap dingin dan menolak anak, serta sejauh mana orangtua bersikap permisif atau memberikan batasan pada anak-anak mereka.

Nah, penelitian menemukan bahwa pola pikir orangtua dapat memengaruhi sikap pengasuhannya yang dapat berdampak pada pertumbuhan anak. Contohnya, ibu yang mencari tahu alasan mengapa Si Kecil berlaku seperti itu dan mengapa ibu memberi respons seperti itu dapat membuat gaya pengasuhan ibu menjadi lebih efektif, sehingga dapat menghasilkan anak dengan perilaku yang baik. 

Sebaliknya, pola pikir juga dapat mengganggu pola asuh yang efektif, bila terdapat perasaan-perasaan negatif, seperti marah atau depresi. Perasaan negatif tersebut dapat mengalihkan perhatian ibu dari tugas mengasuh anak, sehingga membuat ibu lebih sulit lagi memberikan respons yang tepat dan efektif terhadap anak-anaknya.

Contoh lain, ibu yang tidak percaya ia dapat menjadi orangtua yang efektif dan menyerah melakukan tugas pengasuhan ketika tugas tersebut menjadi lebih sulit dan menantang, ia akan cenderung bersikap dingin dan tidak mau terlibat dalam interaksi dengan bayinya. Namun, para ibu yang percaya bahwa anak-anak mereka pasti akan berkembang secara alami dan sehat, biasanya dapat menyesuaikan diri lebih baik dengan tugas pengasuhan dan kecil kemungkinannya mereka mengembangkan gaya pengasuhan yang memaksa.

Baca juga: Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua

Pola Pikir Ibu Memengaruhi Perspektif Anak

Pengaruh lain dari pola pikir orangtua terhadap anak adalah kemampuan membentuk perspektif anak. Para ibu yang peka dan peduli terhadap kesulitan-kesulitan yang dialami anak biasanya dapat mendidik anak untuk bertumbuh menjadi orang yang percaya diri yang yakin bahwa dirinya mampu mengatasi kesusahan mereka sendiri. 

Jadi, kesimpulannya, pola pikir ibu memengaruhi diri untuk bertindak secara positif atau negatif saat membesarkan anak-anak. Ketika ibu memiliki pola pikir yang positif, maka ibu dapat mengarahkan anak pada tindakan yang positif. Namun ketika pola pikir ibu terdistorsi dan negatif, hal itu bisa mengalihkan ibu dari tugas untuk mendidik anak, menjadi emosi, dan atribusi negatif yang akhirnya merusak cara pengasuhan yang efektif.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Dampak Pola Asuh Permisif pada Anak

Bila ibu ingin berdiskusi tentang pola asuh anak, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, untuk minta saran kesehatan kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Encyclopedia on Early Childhood Development. Diakses pada 2020. Parents’ Attitudes and Beliefs: Their Impact on Children’s Development.