Anak Muda Bisa Kena Batu Ginjal, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 September 2021
Anak Muda Bisa Kena Batu Ginjal, Ini PenyebabnyaAnak Muda Bisa Kena Batu Ginjal, Ini Penyebabnya

“Batu ginjal bisa terjadi pada semua orang, termasuk juga anak muda. Dengan mengetahui penyebabnya, ibu dapat menghindari gangguan kesehatan ini pada anak. Biasanya, penyebab batu ginjal pada anak muda disebabkan kebiasaan makan tidak sehat.”

Halodoc, Jakarta – Penyakit ginjal adalah salah satu gangguan yang rentan terjadi pada semua orang di berbagai rentang usia, termasuk juga anak muda. Ada banyak jenis penyakit ginjal yang bisa terjadi, salah satunya batu ginjal. Hal ini terjadi akibat adanya endapan yang menyerupai batu pada ginjal.

Setiap orangtua perlu berhati-hati agar anaknya tidak mengalami masalah ini. Pasalnya, kenaikan angka dari pengidap batu ginjal terus bertambah setiap tahunnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya dengan menghindari segala penyebabnya. Ketahui ulasan berikut ini untuk memahami berbagai penyebab terjadinya batu ginjal pada anak muda.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Muncul Batu Ginjal

Penyebab Batu Ginjal pada Anak Muda

Batu ginjal telah menjadi masalah yang umum pada anak muda, termasuk juga anak-anak dan remaja beberapa tahun belakangan ini. Gangguan pada ginjal ini terjadi ketika mineral dan zat lainnya yang biasa ditemukan dalam urine bergabung bersama dan membentuk batu di saluran kemih. Hal ini dapat terjadi saat tidak cukup zat yang berguna untuk membantu tubuh menghentikan pembentukan batu.

Ada banyak jenis batu ginjal pada anak muda yang rentan untuk terjadi, tetapi yang paling umum adalah batu kalsium oksalat dan kalsium fosfat. Pada kasus yang lebih jarang, batu pada ginjal dapat terbentuk dari asam urat, asam amino yang disebut sistin, atau mineral struvite.

Namun, apa saja penyebab batu ginjal pada anak muda? Berikut beberapa penyebabnya, yaitu: 

1. Faktor Genetik

Penyebab pertama batu ginjal pada anak muda adalah faktor genetik atau keturunan. Memang, penyakit yang diturunkan berisiko jika tidak menerapkan pola hidup sehat. Meski begitu, hanya 5% anak yang mengidap batu ginjal akan mengalami kelainan genetik. Jika ayah/ibu memiliki gangguan pada ginjal, ada baiknya rutin memeriksakan anak terkait kesehatan ginjal.

Baca juga: 5 Penyebab Batu Ginjal yang Harus Dihindari

2. Konsumsi Garam

Anak yang terbiasa diberikan makanan yang kaya garam berisiko tinggi untuk menjadi penyebab batu ginjal pada anak muda. Setiap garam yang dikonsumsi diserap oleh tubuh dan masuk ke dalam urine. Faktanya, garam dapat menyeret kalsium ke dalam urine dan terlalu banyak zat tersebut dapat menyebabkan pembentukan endapan keras.

3. Dehidrasi

Seseorang yang tinggal di lingkungan dengan udara yang panas rentan mengalami dehidrasi. Semakin sering dehidrasi terjadi, risiko untuk mengalami batu ginjal lebih tinggi.

Hal ini juga rentan terjadi pada seseorang yang kerap beraktivitas di luar ruangan. Maka dari itu, ini perlu memastikan anak untuk mengonsumsi lebih banyak cairan untuk menurunkan risiko ini.

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait segala hal yang dapat menjadi penyebab batu ginjal pada anak muda. Selain itu, pemeriksaan rutin pada kesehatan ginjal juga penting untuk dilakukan sebagai langkah penanganan awal jika batu ginjal terjadi. Untuk mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Batu Ginjal Bisa Buat Sulit BAK, Ini Sebabnya

Nah, itulah beberapa penyebab batu ginjal pada anak muda yang perlu diketahui. Dengan mengetahui hal ini, ibu dapat memberikan penjelasan pada anak tentang bahaya dari batu ginjal dan cara pencegahannya agar segala penyebabnya dapat diatasi. Kesehatan ginjal pada anak tentu penting untuk memastikan aktivitas hariannya tidak terganggu.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Children’s Mercy. Diakses pada 2021. Kidney Stones and Teens: Causes, Symptoms and Prevention.
Healthy Children. Diakses pada 2021. Kidney Stones in Children and Teens.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan