• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Puasa Pertama Kali, Berikan Semangat dengan Hal Ini

Anak Puasa Pertama Kali, Berikan Semangat dengan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Mengajarkan Si Kecil untuk berpuasa untuk pertama kali menjadi tantangan tersendiri bagi  orangtua dan tentu bagi dirinya sendiri. Bagi orang yang sudah dewasa, menahan haus dan lapar seharian mungkin sudah terbiasa. Berbeda dengan anak-anak, kebiasaan baru ini mungkin akan sulit untuk mereka jalani, apalagi anak-anak cenderung belum sepenuhnya mampu menahan nafsu makan dan minumnya. 

Baca juga: 6 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Cara Menyemangati Si Kecil yang Puasa Pertama Kali

Oleh karena itu, peran orangtua sangat dibutuhkan. Ibu harus melakukan cara agar Si Kecil semangat menjalankan puasa. Tak perlu bingung, beberapa tips ini dapat membantu anak yang baru puasa pertama kali, yaitu:

  1. Membuat Menu Favorit Anak untuk Sahur

Biar Si Kecil semangat mengawali puasa pertamanya, ibu dapat mencoba membuat menu favoritnya ketika sahur. Sebelum tidur, coba tanyakan kepadanya makanan yang ingin ia santap kepadanya. Ibu bisa sedikit memodifikasi makanan favoritnya menjadi lebih menarik ketika dihidangkan.

Selain tampilannya yang menarik, ibu tidak boleh lupa dengan kandungan gizinya. Pastikan menu makanannya mengandung gizi seimbang. Pilih sumber karbohidrat yang tinggi serat dan memiliki indeks glikemik rendah, seperti nasi merah, kentang, atau pasta. Nah, jenis karbohidrat yang seperti ini memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga Si Kecil bisa kuat menjalankan puasa. 

  1. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Selama waktu berpuasa, ajak Si Kecil untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan yang menyenangkan ini bertujuan untuk memberi gambaran bahwa berpuasa itu menyenangkan dan istimewa. Kegiatan yang menyenangkan juga bisa membuatnya lupa sejenak terhadap rasa laparnya. 

Hal yang perlu diingat, pastikan ibu tidak membuatnya terlalu lelah ya. Pasalnya, Si Kecil yang kelelahan bisa membuatnya lemas. Aktivitas menyenangkan yang bisa ibu coba, misalnya menemani anak membaca beberapa buku cerita, memasak menu buka puasa bersama atau mengajaknya membeli takjil sambil ngabuburit. 

Baca juga: 4 Permainan Seru Agar Si Kecil Tidak Bosan di Rumah

  1. Buat Menu Berbuka yang Menarik

Bukan cuma sahur saja yang menarik, ibu perlu memasak menu yang menarik untuk ia berbuka puasa. Jangan lupa, menu buka puasa wajib mengandung zat gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh ya. Sekedar tips untuk ibu, sebaiknya sajikan makanan dan minuman manis untuk berbuka. 

Tujuannya, makanan dan minuman manis ini untuk menggantikan energinya yang hilang setelah berbuka. Setelah berbuka dengan menu yang manis, barulah ibu bisa memberikan makanan berat kepada Si Kecil satu atau setidaknya setengah jam kemudian. 

  1. Berikan Apresiasi

Setelah sukses menjalankan puasa pertamanya, ibu bisa memberinya apresiasi sebagai bentuk penghargaan atas usahanya. Apresiasi ini juga sebagai bentuk dukungan ibu supaya Si Kecil makin termotivasi untuk menjalankan puasa di hari-hari berikutnya. 

Berpuasa tidak hanya bermanfaat dari sudut pandang spiritual, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan Si Kecil. Dikutip dari Mom Junction, berpuasa dapat menanamkan kebiasaan makan yang sehat, melancarkan pencernaan, serta mencegah kerusakan gigi dan obesitas pada anak. Jadi, ibu tidak usah khawatir Si Kecil malah sakit saat puasa karena berpuasa dapat bermanfaat untuk kesehatannya. 

Baca juga: Anak Enggak Boleh Puasa? Inilah 5 Manfaat Puasa Untuknya

Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar tumbuh kembang anak, tanyakan saja ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Pediatric Education Organization. Diakses pada 2020. When Should Children Begin Fasting?.
Mom Junction. Diakses pada 2020. Dieting And Fasting Tips For Kids - All You Need To Know.