24 May 2018

6 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

6 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Mengajarkan anak puasa sebaiknya dimulai sejak dini, agar saat ia sudah besar nanti, Si Kecil pun dapat menjalankan ibadah ini dengan baik. Namun, mengajarkan anak berpuasa tidaklah mudah. Orangtua perlu bersabar dalam melatihnya sampai ia dapat mengerti dan menjalankan puasa dengan baik. Enggak perlu bingung, berikut tips-tips yang bisa kamu coba bila ingin mengajarkan anak berpuasa.

1. Latih Anak Berpuasa Setengah Hari Dulu

Bagi Si Kecil yang usianya masih di bawah lima tahun, menahan lapar dan haus seharian mungkin akan terasa sangat berat. Selain itu, kamu juga perlu ingat bahwa Si Kecil masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga ia membutuhkan banyak nutrisi. Jadi, kamu sebaiknya tidak memaksa anak untuk puasa seharian penuh setiap hari, karena bisa-bisa Si Kecil malah jatuh sakit. Ajarkanlah Si Kecil untuk berpuasa secara bertahap, mulai dari puasa selama beberapa jam dulu dalam sehari, kemudian tingkatkan sampai setengah hari. (Baca juga: Bolehkah Memaksa Buah Hati untuk Puasa)

2. Latih Anak Puasa dari Makanan Tertentu Saja

Selain melatih anak berpuasa secara bertahap, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melatih anak berpuasa dari makanan tertentu saja. Misalnya jika anak terbiasa memakan makanan tertentu atau punya makanan favorit, seperti cokelat atau chicken nugget, mintalah anak untuk menghindari makanan tersebut saat berpuasa. Dengan cara ini, kamu secara tidak langsung bisa mengubah pola makan anak yang tidak sehat. Anak pun juga bisa belajar untuk menghargai makanan.

3. Beri Contoh yang Baik untuk Si Kecil

Anak-anak yang masih berusia balita biasanya masih dalam fase meniru dan mencoba melakukan apapun yang mereka lihat, khususnya hal yang dilakukan oleh orangtuanya. Nah, orangtua bisa membuat Si Kecil tertarik untuk berpuasa dengan memberikannya contoh yang baik. Misalnya, lakukanlah ibadah salat lima waktu, puasa secara rutin, berbuka puasa, sampai bangun dini hari untuk makan sahur. Saat anak penasaran dengan kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan tersebut, kamu bisa mulai menjelaskan tentang arti puasa pada Si Kecil pelan-pelan.

4. Ajak Anak Melakukan Kegiatan Menyenangkan untuk Ngabuburit

Agar Si Kecil tidak merasa berat menjalani hari-hari puasanya, ajaklah Si Kecil melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk ngabuburit. Misalnya, ajak Si Kecil membaca buku, menonton film, bermain permainan kesukaannya, dan lain-lain. Tapi hindari mengajak anak main di luar rumah saat cuaca panas atau melakukan kegiatan yang bisa membuatnya haus dan kelelahan. Buatlah puasa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan istimewa untuk Si Kecil agar anak bersemangat dalam berpuasa.

5. Masak Makanan Kesukaannya untuk Berbuka Puasa

Memacu anak agar semangat berpuasa tidak harus dengan cara memberikannya hadiah, tapi kamu bisa memasak makanan favorit Si Kecil atau membeli takjil kesukaannya untuk berbuka puasa nanti. Dijamin, Si Keci pasti akan terpacu untuk menjalankan puasanya dengan baik.  

6. Berikan Pujian

Walaupun anak mungkin hanya bisa menjalankan puasa selama beberapa jam atau selama beberapa hari saja, kamu sebaiknya tetap memberikan pujian untuk menghargai usahanya. Kamu juga bisa memberi kata-kata penyemangat agar Si Kecil dapat terpacu untuk menjalankan puasanya dengan lebih baik lagi.

Menyediakan makanan yang bergizi untuk Si Kecil selama ia berpuasa juga sangat penting lho (Baca juga: Meski Sedang Puasa, Pastikan Si Kecil Tetap Dapat 4 Nutrisi Ini). Orangtua bisa membicarakan soal gizi anak saat puasa dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat Voice/Video Call dan Chat, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu keluar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.