• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Permainan Seru Agar Si Kecil Tidak Bosan di Rumah

4 Permainan Seru Agar Si Kecil Tidak Bosan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya orang dewasa saja, terlalu lama tinggal di rumah juga bisa membuat Si Kecil merasa bosan. Biasanya, jalan-jalan mengunjungi tempat tertentu menjadi penawar rasa bosan di rumah. Adanya pandemi global COVID-19, kegiatan tersebut tidak bisa ibu lakukan bersama Si Kecil dan harus tetap tinggal di rumah. Maka dari itu, ibu perlu mencari cara agar Si Kecil tidak terlalu bosan yang jika dibiarkan terlalu lama justru bisa membuatnya stres. 

Baca juga: Olahraga Bisa Tambah Tinggi Anak? Ini Faktanya

Permainan Seru agar Anak Tidak Bosan di Rumah

Anak yang merasa terlalu bosan berisiko untuk membuatnya stres, yang akhirnya akan membuat orangtua menjadi kesulitan juga. Nah, masih banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama Si Kecil di rumah, yaitu:

  1. Permainan Pena dan Pensil

Dari sebuah kertas dan pena saja ibu sudah bisa membuat permainan yang seru. Contoh permainan yang mungkin sudah tidak asing untuk ibu adalah Tic Tac Toe. Permainan ini dimainkan dengan membuat kotak 3 × 3 pada kertas. Kemudian, orang pertama menuliskan 'X' di salah satu kotak dan pemain kedua menempatkan 'O'. 

Pemain pertama yang berhasil mendapatkan tiga X atau O dalam satu garis (vertikal, horizontal, atau diagonal) menang. Ibu juga dapat memainkan ini menggunakan papan tulis dan spidol.

  1. Bermain Murid dan Guru

Lama tidak masuk ke sekolah mungkin saja membuat Si Kecil rindu dengan suasana sekolah, teman-teman atau gurunya. Nah, untuk mengobati rasa rindunya, ibu bisa bermain murid dan guru dengan Si Kecil.

Pertama, atur ruangan keluarga seolah-olah seperti kelas di sekolahnya. Ibu perlu menyiapkan kursi kecil atau tikar, papan tulis, dan spidol yang mudah dipindahkan. Untuk mengganti teman-temannya, ibu perlu mengumpulkan beberapa boneka yang seolah-olah menggantikan teman sekolahnya. 

Kemudian ibu bisa berpura-pura menjadi guru dan Si Kecil adalah sang murid. Nah, ibu bisa berganti-ganti peran juga dengan Si Kecil, seperti anak bisa menjadi guru dan ibu serta boneka seolah-olah menjadi muridnya. Permainan ini bisa melatih perkembangan motorik kasar, halus, kognitif, dan bahasanya.

Baca juga: Anak Cerdas di Atas Rata-Rata, Ini Ciri Si Kecil Jenius

  1. Menjadi Putri Kerajaan

Menjadi putri kerajaan mungkin menjadi salah satu impian anak perempuan ketika kecil. Untuk mewujudkan mimpinya ini, ibu bisa mendandani Si Kecil bak putri kerajaan di rumah. Siapkan baju pesta, sepatu, sapu, bantal sofa, dan mainan hewan seperti tikus, kuda, atau ayam. Kemudian mulai dandani anak dengan baju pesta dan sepatu. Setelah itu, biarkan Si Kecil berakting menjadi Cinderella atau tokoh lainnya yang ia senangi. 

  1. Menjadi Superhero

Kalau anak perempuan suka menjadi princess, anak laki-laki umumnya suka dengan hal-hal yang berbau superhero. Untuk bermain menjadi superhero, ibu bisa membuat topeng superhero kesukaannya. Siapkan kertas, benang, pensil warna, selotip kertas, gunting kertas, dan pensil. 

Kemudian biarkan anak menggambar topeng superhero kesukaannya. Sebelum di gambar, jangan lupa ukur kertas agar sesuai dengan bentuk mukanya. Setelah selesai menggambar, biarkan Si Kecil menggunting topeng tersebut dan mewarnainya. Setelah jadi ikat dengan tali agar bisa disangkutkan ke kupingnya. 

Baca juga: Sering Tidur Malam, Risiko Obesitas pada Anak Meningkat

Studi dalam jurnal Journal of Marriage and Family ibu yang menghabiskan banyak waktu bersama anak-anak mereka berpengaruh pada prestasi akademik, perilaku, dan kesejahteraan emosional anak-anak tersebut. Jadi, manfaatkan waktu di rumah sebaik-baiknya untuk dekat dengan Si Kecil. Kalau ibu punya pertanyaan lain terkait perkembangan Si Kecil, ibu dapat menanyakannya ke psikolog melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi psikolog kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Mom Junction. Diakses pada 2020. 21 Enjoyable Indoor Games For Kids.
Journal of Marriage and Family. Diakses pada 2020. Families Under the Microscope: Repeated Sampling of Perceptions, Experiences, Biology, and Behavior.