• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa yang Harus Dilakukan saat Pasangan Alami PTSD?

Apa yang Harus Dilakukan saat Pasangan Alami PTSD?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – PTSD atau post traumatic stress disorder terjadi ketika seseorang mengalami gangguan mental setelah mengalami atau menyaksikan peristiwa yang tidak menyenangkan. Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang alami PTSD, misalnya bencana alam, kecelakaan, pelecehan seksual, atau kejadian yang mengancam nyawa. Hal ini akan menjadi traumatis bagi seseorang.

Baca juga: Ketahui Fakta Penting tentang PTSD

Lalu, bagaimana apabila pasangan kita sendiri yang mengalami PTSD? Jika tidak segera diatasi, maka PTSD bisa mengganggu aktivitas dan memengaruhi kualitas hidup pasangan. Berikut ini beberapa cara untuk mendukung pasangan agar dapat menyesuaikan diri dan memiliki hidup yang lebih baik.

Kenali Post Traumatic Stress Disorder

Melansir Mayo Clinic, umumnya pengidap PTSD mengalami gejala beberapa bulan setelah kejadian yang traumatis. Namun tidak jarang, pengidap PTSD terlihat memiliki gejala setelah bertahun-tahun kejadian traumatis terjadi dalam hidupnya.

Gejala yang muncul dapat menyebabkan gangguan pada hubungan sosial, pekerjaan, maupun hubungan pengidap dengan pasangan. Selain itu, gejala PTSD yang tidak diatasi membuat pengidap kesulitan menjalankan kehidupan sehari-hari dengan baik.

Melansir Anxiety and Depression Association of America, ada tiga jenis gejala yang terlihat ketika seseorang mengalami PTSD, yaitu:

  1. Pengidap sering mengingat kejadian traumatis dengan mengingat masa lalu atau mimpi buruk saat tidur.

  2. Pengidap juga lebih memilih untuk menghindari lingkungan dengan orang banyak, kegiatan yang berhubungan dengan kejadian traumatis, dan lokasi yang membuatnya mengingat peristiwa traumatis.

  3. Gangguan tidur, lebih merasa gelisah, sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, perubahan suasana hati yang cukup cepat, dan lebih mudah marah.

Selain orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami PTSD. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat jika kamu atau pasangan mengalami beberapa gejala yang menunjukkan PTSD. Sebelum ke rumah sakit, buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memudahkan penanganan.

Baca juga: Awas, 6 Hal Ini Bisa Menyebabkan PTSD

Lakukan Hal Ini saat Pasangan Alami PTSD

Tentunya penanganan yang lebih dini membuat kondisi pasangan menjadi lebih baik. Lakukan beberapa hal berikut untuk mendampingi pasangan yang alami PTSD, yaitu:

1. Hindari Membicarakan Kejadian Masa Lalu

Sebaiknya ketahui dengan detail apa yang membuat pasangan mengalami kejadian traumatis. Dengan begitu, kamu bisa untuk menghindari pembicaraan yang menyinggung penyebab trauma pada pasangan. Hindari juga lokasi, situasi, suara, atau faktor apa pun yang menyebabkan pasangan teringat penyebab PTSD. Pencegahan ini menjadi cara yang cukup efektif agar pasangan tidak alami gangguan kecemasan atau serangan panik bisa membahayakan kesehatannya.

2. Berikan Dukungan dengan Kasih Sayang

Jangan ragu untuk tunjukkan kasih sayang pada pasangan agar mereka merasa nyaman dan aman dengan kondisi saat ini. Rasa nyaman yang diberikan pasangan membantu pengidap untuk bangkit dari putus asa, sedih, atau perasaan tidak berdaya.

Meskipun tidak mudah untuk membangun rasa kepercayaan, tidak ada salahnya untuk terus berusaha dan selalu mendampingi pasangan. Jika pasangan tidak ingin bertemu dengan siapa pun, pastikan bahwa pasangan mengetahui kamu siap untuk menjadi tempat bersandar.

3. Dengarkan Tiap Keluhannya

Selalu ciptakan komunikasi yang baik dengan pasangan. Sampaikan bahwa kamu siap mendengarkan apa pun yang dirasakan kapan saja. Hindari menghakimi atau menyalahkan pasangan karena sebenarnya mereka membutuhkan dukungan mental dari orang yang disayanginya.

4. Sabar

Temani pasangan dengan sabar dan yakinkan pasangan bahwa kondisi ini pasti akan dilewati dengan baik. Tetap sabar dan ikhlas saat mendampingi pasangan agar kamu terus semangat dan tidak merasa lelah secara mental. Sebaiknya ketahui dengan jelas pengobatan yang harus didapatkan oleh pasangan di rumah saat gejala PTSD sedang muncul dengan begitu kamu dapat segera membantunya.

Baca juga: Begini 2 Cara Tepat Atasi PTSD

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika memiliki pasangan dengan PTSD. Dukungan kasih sayang membantu pengobatan medis untuk mengatasi PTSD yang dialami oleh pasangan.

Referensi:
Anxiety and Depression Association of America. Diakses pada 2020. Posttraumatic Stress Disorder (PTSD)
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Post Traumatic Stress Disorder
Healthline. Diakses pada 2020. Post Traumatic Stress Disorder