• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Akurat Hasil Tes Buta Warna Secara Online?

Apakah Akurat Hasil Tes Buta Warna Secara Online?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini di media sosial, tepatnya di Instagram Stories, beredar permainan tes buta warna. Dalam permainan tersebut, kamu akan diperlihatkan beberapa bulatan dengan warna yang sama, tetapi sebenarnya ada satu warna yang berbeda, entah itu lebih terang atau lebih gelap. Bila kamu bisa menemukannya, berarti kemampuan membedakan warna masih terbilang baik.

Nyatanya, sebelum permainan di Instagram Stories tersebut beredar, tes buta warna memang sudah bisa dilakukan secara online, tanpa perlu ke dokter. Biasanya, tes buta warna online menggunakan satu set gambar yang disebut pelat warna Ishihara. Pada tes tersebut, kamu akan melihat gambar bulatan besar yang didalamnya terdapat bulatan-bulatan kecil dengan warna yang senada dan terdapat angka yang tersembunyi di balik bulatan-bulatan warna tersebut. 

Namun, angka tersebut punya warna yang berbeda dari warna latar belakangnya. Bila kamu tidak bisa melihat angka tersebut, kemungkinan kamu buta warna. Tes ishihara ini sering sekali digunakan oleh anak-anak sekolah dan dianggap sebagai tes yang menyenangkan.

Baca juga: 2 Manfaat Melakukan Tes Buta Warna

Namun, sebenarnya apakah tes buta warna secara online tersebut dapat memberikan hasil yang akurat?

Nyatanya, hasil dari tes buta warna secara online agak diragukan keakuratannya. Hal ini karena setiap tampilan layar, baik itu di PC maupun smartphone, memiliki sedikit variasi dalam hal mereproduksi warna. Selain itu, warna yang ditampilkan pun tergantung pada pengaturan tampilan layar masing-masing. Saat menggunakan tes fisik, masalah tersebut tidak ada, karena tes fisik akan mencerminkan dan mewakili warna yang sama. 

Jadi, untuk mendapatkan hasil tes buta warna yang akurat, temuilah dokter mata dan lakukan tes buta warna yang diberikan oleh profesional yang terlatih, yang menggunakan bahan pengujian standar di bawah pencahayaan yang tepat.

Tes Buta Warna yang Akurat

Untuk dapat mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna atau menguji kemampuan seseorang untuk membedakan warna secara akurat, diperlukan tes buta warna kuantitatif. Tes buta warna kuantitatif yang paling populer adalah Tes Farnsworth-Munsell 100 Hue.

Pada tes ini, kamu akan diberikan empat baki yang berisi banyak disk kecil dengan beragam corak. Setiap baki memiliki disk referensi berwarna di salah satu ujung. Kemudian, kamu yang diuji harus mengatur disk lain di dalam baki untuk membuat gradasi warna secara bertahap.

Untuk hasil yang akurat, Tes Farnsworth-Munsell 100 Hue harus dilakukan di tempat yang memiliki cahaya yang paling mendekati dengan cahaya alami. Disk berwarna juga harus diganti setidaknya setiap dua tahun sekali untuk mencegah hilangnya saturasi warna yang dapat memengaruhi hasil.

Setiap disk berwarna diberi nomor di bagian bawah untuk memudahkan penilaian. Semakin dekat kecocokan antara urutan warna yang kamu susun dengan urutan yang benar, semakin akurat persepsi warna yang kamu miliki.

Dengan cara ini, Tes Farnsworth-Munsell 100 Hue dapat mendeteksi apakah seseorang mengalami buta warna dan juga menentukan jenis dan tingkat keparahan buta warnanya.

Baca juga: 5 Cara Tes Buta Warna yang Akurat

Seberapa Penting Tes Buta Warna?

Buta warna sebenarnya adalah kondisi yang jarang terjadi dan biasanya tidak serius. Namun, tes buta warna menjadi sangat penting dilakukan bila kamu ingin terjun dalam bidang profesi di mana persepsi warna yang akurat sangat penting. Misalnya, seniman komersial, perancang, teknisi, dokter, dan lain-lain. Meski buta warna tidak bisa diobati, tetapi dalam beberapa kasus, lensa kontak berwarna khusus dapat meningkatkan kemampuan orang dengan buta warna untuk melihat perbedaan antara warna tertentu. 

Baca juga: Ini 4 Profesi yang Mengharuskan Lulus Tes Buta Warna

Itulah penjelasan mengenai keakuratan tes buta warna secara online. Bila kamu ingin melakukan tes buta warna, kamu juga bisa langsung buat janji dengan dokter mata di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
All About Vision. Diakses pada 2020. Color blind tests: Do you see colors as they really are?
Munsell Color. Diakses pada 2020. How Do Online Color Vision Tests Compare with Analog (Physical) Tests.