24 May 2018

5 Cara Tes Buta Warna yang Akurat

5 Cara Tes Buta Warna yang Akurat

Halodoc, Jakarta - Buta warna adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada mata. Ini adalah kondisi di mana kualitas penglihatan terhadap warna secara umum mengalami penurunan. Beberapa warna tersebut antara lain merah, biru, hijau, serta pencampuran ketiga warna ini.

Faktor genetik dan gangguan kesehatan seperti alzheimer, parkinson, glaukoma, diabetes, serta paparan bahan kimia bisa menjadi pemicu buta warna. Lantas, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk tes buta warna? Berikut ini lima cara yang bisa dilakukan untuk tes buta warna:

  1. Tes Ishihara

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengidentifikasi perbedaan warna. Tes ini dikenal dengan istilah ishihara. Caranya adalah dengan membuat lingkaran yang telah diberi gambar berupa titik dengan warna serta ukuran yang berbeda.

  1. Tes Amanoloskop

Peralatan yang digunakan hampir sama dengan tes ishihara, yaitu dengan membuat lingkaran berbeda tipe. Namun pada tes ini, bagian atas lingkaran menggunakan lampu kuning.

  1. Tes Cambridge

Tes cambridge ini juga menyerupai tes ishihara. Melalui bantuan komputer, kamu akan diminta untuk melihat lingkaran. Jika kamu bisa melihat huruf C dengan jelas, maka, kamu tidak mengidap buta warna.

  1. Tes Penyusunan

Berbeda dengan tes-tes sebelumnya, tes yang satu ini menggunakan beberapa balok dengan gradasi warna yang berbeda. Ketika melakukan pengecekan, kamu akan diminta untuk menyusun balok-balok sesuai gradasinya. Sebagai contoh, warna hijau muda, hijau, kemudian hijau tua.

  1. Tes Farnsworth-Munsell

Beberapa perusahaan membutuhkan karyawan yang terbebas dari buta warna. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tes buta warna adalah dengan tes farnsworth-munsell. Pada tes ini, kamu akan untuk mengambil beberapa benda dengan warna yang sama, tetapi memiliki nuansa yang berbeda.

Tes buta warna disarankan untuk dilakukan sedini mungkin. Jika kamu ragu, kamu bisa bertanya ke dokter Halodoc tentang tes buta warna yang aman dilakukan. Kamu bisa menghubungi dokter spesialis Mata melalui layanan Contact Doctor di aplikasi Halodoc melalui Chat, dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin melalui layanan Pharmacy Delivery di aplikasi Halodoc. Pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: Cara Sederhana Tingkatkan Kemampuan Mata