• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Kacamata Antiradiasi Perlu Digunakan?

Apakah Kacamata Antiradiasi Perlu Digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Mata merupakan salah satu indera yang sangat penting bagi manusia. Mata yang sehat dapat membantu kamu dalam melakukan berbagai aktivitas. Untuk itu, sangat penting memperhatikan kesehatan mata. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik bagi mata, hingga menghindari penggunaan gadget terlalu lama menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Keseringan Main Gadget Bisa Memengaruhi Pertumbuhan Balita

Ya, belakangan penggunaan gadget yang semakin meningkat membuat banyak orang mengalami gangguan mata, seperti mata lelah. Paparan radiasi yang muncul juga dapat menimbulkan berbagai keluhan kesehatan yang membuat tidak nyaman. Selain mengurangi penggunaan gadget, benarkah kacamata antiradiasi perlu digunakan untuk menjaga kesehatan mata? Nah, tidak ada salahnya simak ulasan seberapa penting penggunaan kacamata antiradiasi, di sini!

Kapan Penggunaan Kacamata Antiradiasi Diperlukan?

Radiasi merupakan gelombang energi atau partikel yang memiliki kekuatan tinggi dan terjadi sangat cepat. Dalam kehidupan sehari-hari, ada berbagai radiasi yang nyatanya berbahaya bagi kesehatan mata. Mulai dari radiasi sinar ultraviolet, hingga gadget yang kamu gunakan sehari-hari.

Lalu, apakah penggunaan kacamata antiradiasi mampu menurunkan berbagai risiko gangguan kesehatan mata? Nyatanya, ketika kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan untuk beraktivitas dalam jangka waktu yang cukup lama, tidak ada salahnya menggunakan kacamata hitam atau sunglasses yang mampu menurunkan risiko paparan sinar ultraviolet.

Melansir American Optometric Association, radiasi dari sinar ultraviolet dalam jangka pendek dapat memicu risiko fotokeratitis. Kondisi ini dapat menyebabkan mata merah, gatal, mata berair, hingga mata menjadi lebih sensitif. Sedangkan radiasi sinar ultraviolet dalam waktu yang cukup panjang, dapat memicu katarak hingga degenerasi makula. 

Untuk itu, sangat penting menggunakan kacamata hitam atau sunglasses yang memiliki UV protection bagi mata. Selain itu, jangan lupa gunakan perlengkapan lain, seperti topi untuk menurunkan risiko paparan radiasi sinar ultraviolet pada mata secara langsung.

Baca juga: Tips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

Banyak yang mengatakan, kacamata antiradiasi juga sangat diperlukan bagi seseorang yang bekerja menggunakan gadget, seperti komputer atau laptop. Radiasi dari gadget dapat memancarkan blue light. Hal ini dinilai menjadi salah satu penyebab mata mengalami gangguan kesehatan. Mulai dari mata lelah hingga mata kering.

Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang memastikan bahwa blue light dari gadget yang digunakan dapat memicu gangguan kesehatan mata. Mata lelah dan kering umumnya disebabkan penggunaan gadget yang terlalu lama hingga penurunan frekuensi berkedip ketika menggunakan gadget

Untuk itu, penggunaan kacamata antiradiasi saat penggunaan gadget dirasa belum diperlukan. Sebaiknya, lakukan beberapa cara ini untuk menghindari kondisi tidak nyaman pada mata setelah menggunakan gadget:

  1. Duduklah sejauh 30 sentimeter dari layar. 
  2. Pastikan cahaya yang muncul dari gadget tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup. Sebaiknya pilihlah pencahayaan yang nyaman.
  3. Tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan teknik 20-20-20. Setiap 20 menit penggunaan gadget, pindahkan tatapan selama 20 detik pada objek yang berjarak 20 kaki. Kamu juga bisa pindahkan pandangan pada hal-hal baru yang menyejukkan. Misalnya, pepohonan.
  4. Jangan ragu gunakan obat tetes mata saat kamu merasa mata menjadi lebih kering.
  5. Pastikan cahaya ruangan yang kamu gunakan juga dalam pencahayaan yang baik.

Baca juga: Si Kecil Kecanduan Gadget, Ini Dampaknya pada Kesehatan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi tidak nyaman pada mata. Jangan ragu untuk kunjungi rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami keluhan kesehatan pada mata yang tidak kunjung menghilang. Pemeriksaan perlu dilakukan untuk memastikan penyebab dan pengobatan.

Yuk, gunakan Halodoc untuk buat janji dengan dokter mata pada rumah sakit terdekat dari rumah. Dengan begitu, pemeriksaan akan lebih cepat dan lancar. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Pandemic Screen Time: Will Blue Light Glasses Help?
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2021. Are Computer Glasses Worth It?
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2021. The Sun, UV Light, and Your Eyes.
American Optometric Association. Diakses pada 2021. Ultraviolet Protection.