Tips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

Ditinjau oleh  dr. Gabriella Florencia   11 Maret 2020
Tips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada AnakTips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

Halodoc, Jakarta – Perkembangan teknologi yang pesat memang tidak mampu dicegah. Ibu bisa melihat bagaimana anak-anak di bawah umur sudah memegang ponsel di tangan.Sebagai orangtua, ibu perlu memerhatikan dan memberikan batasan penggunaan ponsel pada sang buah hati. Hal ini bertujuan agar Si Kecil tidak kecanduan dan terkena dampak negatif dari gawai itu sendiri.

Baca juga: Si Kecil Kecanduan Gadget, Ini Dampaknya pada Kesehatan

Dilansir dari Smart Parenting, ada beberapa dampak negatif yang akan dialami oleh anak-anak yang mengalami kecanduan bermain gadget, seperti mengganggu tumbuh kembang anak. Anak-anak yang lebih sering mengisi waktunya dengan menikmati gadget mengalami keterlambatan perkembangan bicara. Tidak hanya itu, anak pun rentan mengalami gangguan tidur.

Begini Tips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

Mungkin, ibu masih bingung bagaimana membatasi pemakaian ponsel pada Si Kecil. Nah, tips bijak mengatur penggunaan gadget berikut ini bisa ibu terapkan:

1. Berikan Jadwal Penggunaan Gadget

Dilansir dari The New York Times, memberikan jadwal penggunaan gadget pada anak bisa diterapkan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Pertama, ibu bisa membuat jadwal kapan Si Kecil boleh bermain gadget dan kapan ia tidak boleh menyentuh benda tipis tersebut. Saat sedang makan dan berkumpul bersama keluarga adalah waktu yang tepat untuk ibu tidak memberikan ponsel pada anak, sehingga ia dapat menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga.

Cara agar Si Kecil tidak merengek, ibu bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain bersama. Temani ia bermain, sehingga ia tidak merasa bosan. Ciptakan permainan yang seru dan menarik, seperti bermain puzzle atau membaca cerita. Sembari bermain, ibu dapat mengajaknya bicara seputar kesehariannya.

Baca juga: Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak Milenial

2. Orangtua Perlu Melek Teknologi

Anak lebih paham teknologi daripada orang tuanya. Inilah mengapa ibu dan ayah harus turut mengikuti perkembangan teknologi terkini, alias melek teknologi. Ibu bisa mulai dari mencari tahu apa saja media sosial yang sedang digandrungi oleh anak-anak. Lalu, hal-hal apa saja yang sedang sering dicari oleh Si Kecil. Tidak ketinggalan pula aplikasi yang paling sering diunduh.

3. Orangtua Wajib Menjadi Contoh yang Baik

Dilansir dari American Academy of Pediatric, perilaku orangtua selalu menjadi cerminan utama yang ditiru oleh anak. Inilah mengapa ibu dan ayah perlu bersikap bijak serta menjadi teladan yang baik untuk sang buah hati, termasuk saat menggunakan ponsel.

Hindari memegang gadget ketika ibu atau ayah sedang bersama anak, karena akhirnya hal ini membuat mereka menjadi kecanduan ponsel. Sebaiknya ganti penggunaan gadget saat bersama anak-anak dengan melakukan kegiatan bersama yang menyenangkan.

4. Isi Waktu dengan Kegiatan Bebas Gadget Lainnya

Tips mengatur penggunaan gadget selanjutnya adalah membuat waktu bebas gadget untuk Si Kecil. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan berjibaku dengan gadget akan membuat anak tidak tahu apa yang harus dilakukan jika benda kecil tersebut tidak berada dalam genggaman. Oleh karena itu, cobalah jauhkan Si Kecil dari ketergantungan gawai dengan mengajaknya melakukan aktivitas lainnya.

Dilansir dari We Have Kids, orangtua mengajak anak untuk meningkatkan daya kreativitas dengan mengajak anak untuk mengunjungi toko buku dan membaca buku favorit mereka. Ibu juga bisa mengikutsertakan anak dalam berbagai klub yang ia sukai, misalnya sepakbola, basket, atau musik. Jangan lupa, ajari juga Si Kecil untuk bersosialisasi dengan tetangga atau teman-temannya.

Baca juga: Perlu Tahu, Inilah Pengaruh Gadget pada Perkembangan Anak

Itulah tips bijak mengatur penggunaan gadget pada anak yang bisa ibu coba. Jika ibu merasa terjadi perubahan yang tidak biasa pada tubuh atau kebiasaan sehari-hari Si Kecil, tanyakan pada dokter lewat aplikasi Halodoc untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Download aplikasi Halodoc sekarang juga!

 

Referensi:

We Have Kids. Diakses pada 2020. How to Prevent Gadget Overuse in Children

American Academy of Pediatric. Diakses pada 2020. Tips for Parents in The Digital Age

The New York Times. Diakses pada 2020. How and When to Limit Kids Tech Use

Smart Parenting. Diakses pada 2020. 5 Damaging Effects of Letting Your Child Use a Gadget for as Long as She Wants

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan