• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Maag Kronis Bisa Disembuhkan?

Apakah Maag Kronis Bisa Disembuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Maag kronis adalah kondisi yang menyebabkan pengidapnya mengalami sakit perut secara berulang dalam dalam jangka panjang. Penyakit ini biasanya muncul diakibatkan oleh gangguan lambung yang bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Maag kronis ditandai dengan nyeri perut bagian atas. Gejala penyakit ini muncul secara berulang dan dalam jangka waktu yang lama. 

Maag kronis juga disebut dengan istilah gastritis kronis. Kondisi ini umumnya muncul sebagai tanda ada gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh peradangan dinding lambung. Peradangan biasanya muncul secara perlahan dan jangka waktu lama. Meski begitu, apakah gejala penyakit ini bisa hilang? Apakah maag kronis bisa sembuh? 

Baca juga: Selalu Kambuh, Maag Jadi Penyakit Susah Sembuh?

Tips Meredakan Gejala Maag Kronis

Maag kronis adalah penyakit yang gejalanya sering muncul secara perlahan dan dalam jangka waktu lama. Namun jangan khawatir, gejala dari penyakit ini bisa dikontrol sehingga tidak sering kambuh. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mencegah gejala maag kronis sering muncul, termasuk konsumsi obat tertentu dan menerapkan gaya hidup sehat. 

Secara umum, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami maag kronis. Namun, secara umum penyakit ini bisa disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan tertentu. Selain itu, kondisi ini juga bisa muncul karena kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, mengalami infeksi, dan mengalami stres berkepanjangn. 

Maag kronis juga bisa muncul karena faktor riwayat kesehatan, yaitu pada pengidap penyakit diabetes, gagal ginjal, serta gangguan pada sistem imun yang menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Gejala utama pada penyakit ini adalah rasa tidak nyaman dan nyeri di area perut dan sering menyerupai gejala dispepsia, gastritis, atau bahkan tukak lambung. 

Baca juga: Idap Maag Kronis, Bolehkah Berpuasa?

Maag kronis adalah kondisi yang berlangsung dalam jangka waktu lama, hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Namun, bukan berarti gejala penyakit ini tidak bisa dikontrol atau dicegah kekambuhannya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala maag kronis, di antaranya:

  • Menerapkan Pola Makan Sehat 

Mengurangi gejala maag kronis bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan dengan porsi kecil tapi sering. Selain itu, hindari konsumsi makanan maupun minuman yang bisa mengiritasi lambung, seperti minuman beralkohol, makanan pedas atau asam, minuman berkafein, serta makanan yang tinggi garam dan lemak. 

Selain makanan yang harus dihindari, ada juga daftar makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pengidap maag kronis. Beberapa jenis makanan yang baik untuk lambung adalah buah-buahan, sayuran, tahu dan tempe, yogurt, serta ikan dan daging ayam. 

  • Konsumsi Obat-obatan 

Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, mengatasi gejala maag kronis juga bisa dilakukan dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Salah satu jenis obat yang mungkin diresepkan dokter adalah antibiotik untuk mengatasi maag kronis yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori. Jika obat-obatan dikonsumsi teratur dan disertai dengan penerapan pola makan sehat, gejala maag kronis biasanya akan membaik dan terkontrol. 

Baca juga: Hal-Hal Ini Bisa Terjadi pada Pengidap Maag Kronis

Namun, jika gejala penyakit ini tidak kunjung membaik atau malah semakin buruk, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis segera. Biar lebih mudah, temukan daftar rumah sakit terdekat dengan aplikasi Halodoc. Atur lokasi dan temukan rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan. Ayo, download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Chronic Gastritis
Medscape. Diakses pada 2021. Chronic Gastritis Treatment & Management
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Gastritis.