Apakah Sayuran Kale Aman untuk Dimakan Mentah?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 November 2021
Apakah Sayuran Kale Aman untuk Dimakan Mentah?Apakah Sayuran Kale Aman untuk Dimakan Mentah?

“Ada beberapa hal yang menjadi perhatian jika seseorang makan sayur, seperti sayuran kale tanpa dimasak alias mentah. Namun, beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi kale mentah dalam jumlah moderat cukup aman untuk siapa saja. Namun untuk mencegah efek sampingnya, sebaiknya padukan kale mentah dan matang.”

Halodoc, Jakarta – Sayuran kale adalah salah satu jenis sayur yang sering diberi label sebagai makanan super. Ini adalah sayuran hijau yang mungkin bisa dikatakan sebagai makanan paling padat nutrisi yang bisa kamu makan. Sayuran hijau ini hadir dalam berbagai warna, bentuk, dan tekstur. Ia bahkan sering dimakan mentah dalam salad dan smoothie tetapi juga bisa dinikmati dikukus, ditumis, direbus, atau dipanggang.

Namun, apakah aman untuk mengonsumsi sayuran kale dalam kondisi mentah? Dan apakah sayuran kale mentah lebih bernutrisi daripada yang sudah dimasak? Mari cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini!

Kandungan Nutrisi dalam Kale

Sayuran kale adalah makanan padat nutrisi, karena rendah kalori dan tinggi banyak vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Misalnya, dalam 21 gram kale mentah hanya mengandung 7 kalori, tetapi ia merupakan sumber vitamin A, C, dan K yang sangat baik. Ini juga merupakan sumber mangan, kalsium, tembaga, kalium, magnesium, dan beberapa vitamin B yang baik.

Sayuran ini juga dikemas dengan antioksidan. Molekul-molekul ini membantu menangkal kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh senyawa yang disebut radikal bebas dan dapat mengurangi risiko kondisi, seperti penyakit jantung, Alzheimer, dan bentuk kanker tertentu.

Oleh karena komposisi nutrisi kale yang luar biasa, memakannya secara mentah mungkin menawarkan beberapa manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan mata dan jantung serta melindungi dari bentuk kanker tertentu.

Memasak Sayuran Kale Maka Akan Memengaruhi Nilai Gizinya

Sayuran kale mentah memiliki rasa pahit yang bisa dikurangi dengan cara memasaknya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa memasaknya dapat mengurangi kandungan nutrisinya, termasuk antioksidan, vitamin C, dan beberapa mineral. 

Jika dibandingkan dengan sayuran kale mentah, semua metode memasak menghasilkan pengurangan antioksidan dan mineral total yang signifikan, termasuk kalsium, kalium, zat besi, seng, dan magnesium. Sementara kale mentah memiliki kandungan nutrisi tertinggi, penelitian ini menemukan bahwa mengukus mempertahankan antioksidan dan mineral paling banyak, dibandingkan dengan metode memasak lainnya.

Oleh karena itu, bagi mereka yang lebih menyukai kangkung yang dimasak, mengukusnya dalam waktu singkat mungkin merupakan cara terbaik untuk mempertahankan kadar nutrisinya.

Kale Mentah Mungkin Memengaruhi Fungsi Tiroid

Kale mentah mungkin lebih bergizi, tetapi juga dapat membahayakan fungsi tiroid. Kale, bersama dengan sayuran silangan lainnya, mengandung goitrogenik dalam jumlah tinggi, yang merupakan senyawa yang dapat mengganggu fungsi tiroid. Secara khusus, kale mentah mengandung sejenis goitrogen yang disebut goitrin.

Ada beberapa kekhawatiran tentang makan sayuran kale dalam kondisi mentah karena gondok dapat menurunkan penyerapan yodium yang penting untuk produksi hormon tiroid. Ini mengkhawatirkan, karena hormon tiroid membantu mengatur metabolisme. Akibatnya, disfungsi tiroid dapat menyebabkan penurunan tingkat energi, penambahan berat badan, kepekaan terhadap dingin, dan ketidakteraturan detak jantung. 

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa asupan moderat sayuran kale mentah kemungkinan aman bagi kebanyakan orang. Namun, mereka yang mengalami fungsi tiroid sejak awal, disarankan untuk mengolah kale terlebih dahulu. 

Jadi, sayuran kale adalah salah satu makanan yang cukup aman dikonsumsi secara mentah. Namun, alangkah lebih baik untuk mengurangi risiko potensi efek samping dengan memadukan antara kale mentah dna kale yang sudah dimasak.

Jika kamu ingin memastikan seluruh anggota keluarga tercukupi kebutuhan gizinya, maka kamu juga bisa cek kebutuhan suplemen di Halodoc. Kamu bisa pesan semua jenis suplemen yang dibutuhkan, mulai dari suplemen anak hingga suplemen orang dewasa. Pesanan kamu pun bisa segera tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can You Eat Raw Kale, and Should You?
WebMD. Diakses pada 2021. Kale: Nutrition, Types, Cooking, and More.
Well+Good. Diakses pada 2021. Is Eating Raw Kale *actually* Bad for You?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan