• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Gangguan Ginjal

Awas, Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Gangguan Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Kidney Foundation, disebutkan kalau konsumsi air sangat penting untuk membantu darah membawa nutrisi penting dan bersirkulasi di ginjal

Ketika kamu mengalami dehidrasi maka sistem sirkulasi akan menjadi terhambat. Dehidrasi ringan dapat membuat kamu merasa lelah, sedangkan dehidrasi parah dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Konsumsi air putih menjadi sangat penting, terutama buat kamu yang sedang bekerja dan aktif berolahraga. Informasi selengkapnya mengenai dehidrasi dan konsumsi air putih baca di bawah ini!

Akibat-Akibat Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan penumpukan limbah dan asam dalam tubuh serta menyumbat ginjal dengan protein otot (mioglobin). Semua ini bisa melukai ginjal. Dehidrasi juga dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih yang mengakibatkan kerusakan ginjal jika tidak ditangani dengan cepat. 

Tanda-tanda dehidrasi bisa dilihat dari warna urine. Jika warnanya kuning gelap, itu berarti kamu membutuhkan lebih banyak air. Namun, jika sangat gelap, maka kamu harus memeriksakan diri ke dokter untuk melihat apakah sesuatu seperti obat tertentu mengubah warna urine tersebut, atau malah sedang mengalami dehidrasi.

Baca juga: Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

Sebenarnya tidak ada aturan pasti tentang jumlah air yang harus diminum setiap orang. Kita semua memiliki kebutuhan air yang berbeda tergantung pada perbedaan usia, iklim, intensitas olahraga, serta keadaan kehamilan, menyusui, dan penyakit tertentu. 

Jika kamu mengalami gagal ginjal atau fungsi ginjal rendah, maka kamu mungkin perlu membatasi asupan cairan. Butuh rekomendasi ahli medis mengenai hal ini tanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orangtua. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal berarti meminum jumlah air yang tepat untukmu. Ada kesalahpahaman yang umum terjadi ketika orang-orang diharuskan untuk minum delapan gelas air per hari tanpa mempertimbangkan kebutuhannya. 

Tadi sudah disinggung kalau banyaknya air yang dibutuhkan didasarkan pada perbedaan usia, iklim, intensitas olahraga, serta keadaan kehamilan, menyusui, dan penyakit. Berikut beberapa informasi mengenai anjuran dan pentingnya mengonsumsi cukup air demi menjaga kesehatan ginjal.

  1. The Institute of Medicine merekomendasikan laki-laki untuk mengonsumsi 13 gelas air putih sedangkan perempuan 9 gelas.

  2. Jumlah ini harus lebih sedikit jika ternyata kamu memiliki gagal ginjal (penyakit ginjal tahap akhir). Ketika gagal ginjal, orang tidak dapat mengeluarkan cukup air, bahkan tidak ada sama sekali. Bagi mereka yang menerima perawatan dialisis, air sebenarnya harus sangat dibatasi.

  3. Bijaksana dalam mengonsumsi air juga berarti minum cukup air atau minuman sehat lain. Minuman sehat lain, seperti jus tanpa pemanis atau susu rendah lemak untuk memuaskan dahaga dan menjaga air seni tetap kuning atau tidak berwarna pekat. 

Baca juga: Ternyata Ini Manfaat Puasa untuk Pengidap Hipertensi

  1. Ketika urine berwarna kuning gelap, ini menunjukkan bahwa kamu mengalami dehidrasi. Untuk menanganinya kamu harus mengonsumsi setidaknya 1,5 air.

  2. Mengonsumsi cukup air dapat membantu melarutkan antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih. Minum cukup air juga membantu menghasilkan lebih banyak urine, yang membantu menghilangkan bakteri penyebab infeksi.

Referensi:

National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. Can Dehydration Affect Your Kidneys?
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. 6 Tips To Be “Water Wise” for Healthy Kidneys.