• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Baby Spa Bisa Berbahaya, Ketahui Beberapa Hal Ini

Baby Spa Bisa Berbahaya, Ketahui Beberapa Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memanjakan tubuh agar tetap segar, salah satunya adalah dengan berendam di spa. Manfaat dari merendamkan tubuh di air hangat tersebut adalah dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Selain itu, ibu juga dapat membawa bayi untuk berendam di spa juga lho. Istilah ini disebut juga dengan baby spa.

Memang belakangan ini baby spa sedang marak bermunculan dengan menjanjikan beberapa manfaat yang dapat dirasakan Si Kecil. Anak ibu akan berendam di dalam kolam khusus dan menggunakan pelampung pada lehernya. Namun, beberapa hal yang harus diketahui adalah baby spa dapat menimbulkan dampak buruk. Ketahui beberapa bahaya dari baby spa yang dapat terjadi!

Baca juga: Baby Spa Cara Manjakan Si Bayi yang Baru Aktif Bergerak

Bahaya dari Baby Spa yang Dapat Terjadi

Baby spa adalah perawatan yang dilakukan agar dapat memberikan dampak positif bagi bayi ibu. Perawatan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu hidroterapi dan pijatan. Awalnya, si kecil akan berendam di kolam air dengan menggunakan pelampung di lehernya. Disebutkan hal ini dapat meningkatkan kesehatan dan perkembangan bayi.

Setelah itu, bayi ibu akan mendapatkan pijatan yang memang tradisi lama di beberapa negara. Teknik pijatan tidak dapat dilakukan sembarangan, karena harus menyesuaikan kekuatan dengan tubuh bayi. Namun, setiap orangtua dapat mempelajari teknik pijat ini agar mampu melakukannya di rumah setiap hari yang membuat tubuh anak ibu lebih rileks.

Memang, baby spa dapat memberikan banyak manfaat bagi bayi ibu. Walau begitu, bukan tidak mungkin terdapat bahaya yang dapat terjadi dari baby spa tersebut. Hal itu dapat terjadi disebabkan dari sisi kebersihan yang tidak terlalu diperhatikan oleh penyelenggaranya. Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab dari bahaya baby spa adalah air kolam yang kotor. 

Dengan minimnya pengecekan akan kebersihan air rendaman tersebut, alergi dapat menyerang anak ibu. Minyak yang dioleskan untuk memijat bayi juga dapat menimbulkan alergi. Maka dari itu, ibu harus mengetahui beberapa alergi yang dapat terjadi disebabkan oleh baby spa agar lebih mudah untuk diatasi. Berikut beberapa alergi tersebut:

  1. Dermatitis Kontak

Bahaya baby spa yang pertama dapat terjadi karena alergi adalah dermatitis kontak. Hal ini terjadi akibat kontak dengan pemicu alergi saat berendam atau dilakukan pijat. Anak ibu akan mengalami beberapa gejala seperti ruam, gatal parah, hingga kulit kering atau bersisik. Maka dari itu, ibu harus memastikan terkait kebersihan dan minyak yang digunakan saat memijat.

Baca juga: Ingin Pijat untuk Bayi, Ibu Harus Tahu Hal Ini

  1. Eksim

Eksim termasuk salah satu alergi kulit yang dapat terjadi sebagai dampak buruk dari baby spa. Kelainan ini dapat menimbulkan gejala benjolan merah kecil yang terlihat seperti kulit kering yang bersisik. Salah satu pemicu gangguan ini adalah panas, yang mungkin terjadi ketika anak ibu berendam dan suhu airnya terlalu tinggi.

Jika ibu mempunyai pertanyaan terkait bahaya dari baby spa, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, ibu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Dengan mengetahui beberapa bahaya yang dapat timbul disebabkan baby spa, terdapat beberapa hal yang harus benar-benar dipastikan sebelum melakukannya. Berikut beberapa hal yang harus ibu lakukan:

  • Cobalah untuk memastikan metode pembersihan air kolam yang dilakukan, apakah setiap pergantian sesi akan dibersihkan atau tidak. Selain itu, pastikan bahan kimia dan minyak pijat yang digunakan agar tidak menimbulkan alergi. Tubuh bayi masih terbilang rentan terserang banyak penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah.

  • Ibu juga harus bijak dalam menilai apakah anak ibu sudah siap secara fisik dan mental untuk melakukan baby spa. Sebelum itu, ibu dapat mengajaknya untuk bermain air atau berendam sebelum mengikuti baby spa agar dirinya lebih siap.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 4 Manfaat Pijat untuk Bayi

Berikut adalah beberapa hal yang harus ibu ketahui tentang bahaya dari baby spa. Jika ibu menganggap Si Kecil belum siap untuk mendapatkan metode perawatan ini, tunggulah beberapa waktu. Dengan begitu, dampak buruk dari baby spa ini dapat diminimalisir dan hanya manfaatnya yang didapatkan.

Referensi:
The Asianparent Singapore. Diakses pada 2020. Baby Spas are Cute and Trendy, But Could They be Hurting Your Baby?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to do if a baby has an allergic reaction