Kenali Prosedur Perawatan yang Dilakukan Ahli Terapi Fisik

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ahli Terapi Fisik

Halodoc, Jakarta - Kamu mengalami masalah ketika menggerakkan salah satu anggota tubuhmu? Jika iya, terapi fisik bisa menjadi solusinya. Terapi fisik tidak hanya dilakukan pada orang yang mengalami sakit saja, tetapi ini juga dapat dilakukan oleh semua orang guna mencegah timbulnya penyakit. Sedangkan ahli terapi fisik merupakan seseorang yang ahli di bidang ini yang akan membantu menentukan program yang tepat dengan menggunakan alat bantu terapi yang sesuai.

Baca juga: Ketahui Terapi Fisik untuk Menangani Tendinitis

Terapi Fisik Dilakukan Guna Mengembalikan Fungsi Bagian Tubuh

Terapi fisik, atau yang lebih dikenal dengan fisioterapi merupakan perawatan yang dapat dilakukan guna membantu mengembalikan fungsi gerak suatu bagian tubuh. Biasanya, seseorang akan kehilangan fungsi gerak tubuh setelah mengalami luka atau sakit. Fisioterapi dini juga dapat dilakukan guna mengurangi risiko terjadinya luka atau sakit di kemudian hari.

Tidak hanya seseorang yang mengalami hilangnya fungsi gerak tubuh, terapi ini bisa dilakukan oleh semua kalangan dari segala usia. Fisioterapi sendiri akan dipandu oleh ahli terapi untuk membantu peserta terapi dalam mengurangi rasa sakit. Terapi fisik tidak serta merta dilakukan begitu saja, terapi ini akan dilakukan berdasarkan ilmu pengetahuan, termasuk gaya hidup peserta secara umum.

Baca juga: Perlu Tahu, Terapi Fisik untuk Atasi Sakit Lutut

Berikut Prosedur Perawatan yang Dilakukan saat Terapi Fisik

Terapi fisik biasanya berlangsung selama 30-60 menit dalam satu kali pertemuan. Peserta terapi bisa saja melakukan beberapa pertemuan dalam satu minggu, tergantung dari program dan teknik terapi yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil terapi di akhir pertemuan akan menentukan frekuensi dan waktu terapi. Jika hasilnya baik, terapi dapat dilakukan dengan lebih cepat dari waktu perkiraan. Berikut prosedur perawatan yang dilakukan dalam fisioterapi:

  • Terapi Manual

Terapi manual dilakukan dengan menggunakan tangan fisioterapis untuk membantu menggerakan, memijat atau memanipulasi jaringan tubuh peserta yang terganggu. Terapi manual ini berfungsi untuk meningkatkan fungsi gerak tubuh pada organ yang mengalami kerusakan, melancarkan aliran darah, mengatasi nyeri dan kaku pada sendi dan otot, serta memberikan relaksasi pada sendi dan otot.

  • Latihan dan Gerakan

Ahli terapi akan membantu peserta untuk melakukan gerakan pada bagian tubuh tertentu, sesuai dengan program yang telah direncanakan. Gerakan yang dilakukan adalah gerakan yang berulang, yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Gerakan yang dilakukan biasanya hanya melibatkan satu bagian tubuh, bahkan bisa saja melibatkan seluruh bagian tubuh, seperti berjalan. Latihan berjalan yang dibantu oleh ahli terapi dapat dilakukan dengan dibantu oleh tongkat. Latihan berjalan ini juga dapat dilakukan di dalam air, yang disebut dengan hidroterapi.

Baca juga: Bantu Obati Frozen Shoulder, Apa Itu Prosedur Manipulasi Bahu?

  • Edukasi dan Saran

Selain latihan gerakan yang dilakukan, ahli terapi juga akan memberikan pendidikan seputar gaya hidup sehat, seperti cara menjaga berat badan agar tetap ideal dan olahraga teratur. Ahli terapi juga akan memberi pengetahuan tentang gerakan-gerakan sehari-hari apa yang dapat dilakukan guna mengurangi rasa nyeri.

Jika kamu berniat untuk menjalani terapi fisik, entah untuk memperbaiki struktur tubuh setelah mengalami luka atau untuk mencegah timbulnya suatu penyakit di kemudian hari, kamu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Pencegahan dini baik dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Yuk,  download aplikasinya segera!