• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengobati Sakit Maag pada Balita?

Bagaimana Cara Mengobati Sakit Maag pada Balita?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sakit maag pada anak bisa saja ditandai dengan keluhan rasa sakit di bagian dada. Ibu perlu mengetahui bahwa bukan hanya orang dewasa saja yang dapat mengidap sakit maag. Balita pun bisa mengalaminya. Jika terjadi pada anak, sakit maag disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori. Bakteri tersebut bukan hanya mampu menyebabkan sakit maag saja, tetapi juga tukak lambung, tukak usus dua belas jari, hingga kanker lambung. Bagaimana cara mengatasi sakit maag pada anak? Ibu, lakukan beberapa hal berikut ini, ya.

Baca juga: Waspada, Ini Tanda Sakit Maag yang Sudah Parah

Begini Langkah Mengatasi Sakit Maag pada Anak 

Sama seperti penyakit lainnya, langkah mengatasi sakit maag pada anak dilakukan berdasarkan pada intensitas rasa sakit yang dialami. Jika anak mengalami gejala dengan intensitas yang rendah, ibu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini guna mengatasi sakit maag pada anak:

1.Menjalani Pola Hidup Sehat

Jika ingin terhindar dari penyakit maag, harus melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengurangi makanan yang mampu memicu asam lambung, serta perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran guna menyeimbangkan asam lambung. Pastikan anak mengonsumsinya setiap hari ya, bu. Selain itu, ibu bisa memberikan anak makan secara teratur, tetapi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

2.Mengonsumsi Obat-Obatan

Mengatasi sakit maag dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan, tentunya sesuai dengan resep dokter. Obat jenis ini mampu mengurangi jumlah asam lambung, serta mengurangi mulas akibat asam lambung berlebihan. Salah satu kandungan obatnya adalah H2-blocker, yang bekerja dengan mengurangi jumlah asam lambung dengan memblokir hormon histamin yang meningkatkan asam lambung.

3.Menghindari Pemicu Sakit Maag

Langkah terakhir dalam mengatasi sakit maag pada anak adalah menghindari pemicunya. Ibu perlu mengetahui jika makanan asam, berminyak, pedas, dan minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan soda adalah pemicu munculnya sakit maag pada anak. Kandungan kafein dapat merangsang mengeluarkan asam lambung dan memperburuk gejala yang muncul. Jika anak mengalami gejalanya, berikan makanan bertekstur lunak ya, bu.

Baca juga: 2 Manfaat Air Lemon untuk Meredakan Sakit Maag

Gejala maag pada anak mirip dengan orang dewasa. Beberapa gejala umum yang dialami, yaitu mudah kenyang walau makan sedikit, perut begah, nyeri ulu hati, perut kembung, penurunan nafsu makan, sering sendawa, mual, dan muntah. Ibu perlu lebih seksama dalam memperhatikan gejala yang muncul karena anak belum bisa menyampaikan dengan jelas keluhan sakit yang ia rasakan.

Baca juga: Faktor Penyebab Milenial Rentan Terkena Sakit Maag

Itulah sejumlah langkah mengatasi sakit maag pada anak. Jika sudah mengikuti beberapa langkah tersebut, tetapi gejala maag pada anak belum juga membaik, silahkan diskusikan hal ini dengan dokter anak di aplikasi Halodoc ya, bu. Ibu bisa langsung menceritakan rentetan gejala yang dialami anak, agar proses penanganannya bisa lebih tepat.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Heartburn in Children and Infants.
Kids Health. Diakses pada 2021. Gastroesophageal Reflux.
Stanford Children's. Diakses pada 2021. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) in Children.