• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Bagian Tubuh yang Nyeri Akibat Datang Bulan

Ini 3 Bagian Tubuh yang Nyeri Akibat Datang Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Setiap bulannya, seorang wanita akan mengalami menstruasi sebagai bagian dari siklus reproduksi. Dengan terjadinya menstruasi, tandanya seorang wanita sudah dapat mengalami pembuahan hingga terjadi kehamilan. Menstruasi terjadi ketika rahim tidak mendapatkan pembuahan, sehingga dinding rahim akan luruh dan keluar bersamaan dengan darah.

Memang sudah umum terjadi jika rasa nyeri dan tidak nyaman saat menstruasi dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh. Mungkin kamu akan merasakannya di seluruh tubuh dan membuat aktivitas menjadi sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa bagian tubuh yang akan terasa nyeri saat haid terjadi!

Baca juga: Wanita, Wajib Tahu Cara Menghilangkan Nyeri Menstruasi

Nyeri yang Disebabkan Haid pada Beberapa Bagian Tubuh

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah terjadinya perdarahan pada vagina yang normal terjadi sebagai bagian dari siklus bulanan wanita. Kebanyakan wanita yang sedang mengalami periode tersebut akan merasakan sakit atau nyeri pada beberapa bagian tubuhnya, yang disebut juga dismenore. Kondisi tersebut bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dismenore yang terjadi pada wanita dalam siklus menstruasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Pada jenis primer, wanita yang mengidapnya akan merasakan nyeri sebelum dan selama haid terjadi. Namun, jika menstruasi yang terjadi menimbulkan rasa nyeri setelahnya disebut juga dengan dismenore sekunder. Jenis ini umumnya disebabkan kondisi lain, seperti endometriosis atau fibroid rahim.

Penting juga untuk mengetahui bagian tubuh mana saja yang dapat mengalami nyeri saat seseorang mengidap haid. Dengan begitu, kamu sudah dapat menyiapkan cara untuk mengatasi atau meminimalisir rasa sakit yang timbul. Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang dapat terasa nyeri saat menstruasi terjadi:

  1. Perut

Salah satu bagian tubuh yang kerap terasa nyeri saat haid terjadi dan paling umum terjadi adalah perut. Gejala ini dapat terjadi dalam beberapa hari sebelum perdarahan tersebut terjadi hingga saat menstruasi tiba. Gangguan nyeri ini dapat berkisar dari ringan hingga berat dan mampu mengganggu rutinitas harian. Rasa nyeri tersebut pun dapat menyebar ke punggung dan paha.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

  1. Payudara

Bagian tubuh lainnya yang dapat terasa nyeri sebelum atau saat menstruasi terjadi adalah payudara. Kamu akan merasakan dada terasa bengkak dan timbul nyeri saat disentuh. Hal ini terjadi ketika kadar estrogen pada tubuh meningkat, begitu juga dengan hormon prolaktin. Semua itu dapat memengaruhi payudara untuk memproduksi air susu yang memang berhubungan dengan kehamilan.

  1. Nyeri Kepala

Kamu juga dapat merasakan nyeri pada kepala sebagai bagian dari dampak saat menstruasi terjadi. Terkadang, sakit kepala yang terjadi tersebut sangat tidak tertahankan dan membuat kesulitan beraktivitas. Hal ini terjadi akibat perubahan dari kadar estrogen yang membuat hormon di otak terganggu. Akhirnya, nyeri pada kepala terjadi sebagai gejala dari haid.

Itulah beberapa bagian tubuh yang dapat mengalami nyeri ketika haid terjadi. Dengan mengetahui dampak yang biasa terjadi saat menstruasi, kamu tentu dapat mengambil langkah cepat untuk mencegahnya lebih parah. Cobalah untuk mengompres perut dan payudara dengan air hangat, serta mengonsumsi obat pereda sakit kepala.

Baca juga: Hati-hati, Ini Penyakit yang Sebabkan Nyeri Haid

Selain itu, kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait bagian tubuh mana saja yang dapat mengalami nyeri saat haid terjadi. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2020. Period Pain.
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Painful Menstrual Periods and How Do I Treat Them?