30 January 2019

6 Trik Atasi Nyeri Haid saat di Kantor

6 Trik Atasi Nyeri Haid saat di Kantor

Halodoc, Jakarta - Setiap bulannya, wanita pasti akan mengalami Pre-Menstruation Syndrome atau dikenal dengan sebutan PMS. Ketika hal tersebut terjadi, rasa nyeri dapat timbul dan menyiksa, sehingga mengganggu aktivitas harian, terutama ketika kamu sedang berada di kantor. Bukan hanya nyeri yang terasa, tetapi kram perut dan pegal-pegal di punggung juga dapat dirasakan ketika PMS datang. Perubahan hormon yang terjadi pada wanita adalah penyebab haid terjadi pada seorang wanita. Dengan begitu, pastinya dibutuhkan cara untuk atasi nyeri haid tersebut.

Siklus normal pada menstruasi adalah setiap 28 hari atau sekitar sebulan sekali. Sebenarnya, terdapat banyak cara untuk atasi nyeri haid yang timbul. Cara-cara tersebut dapat mengatasi efek perubahan suasana hati yang terjadi ketika menstruasi, terutama ketika kamu sedang berada di kantor. Selain itu, nyeri yang terjadi ketika seorang wanita menstruasi dapat ditangani sendiri tanpa bantuan dokter. Cara-cara tersebut antara lain:

  1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Salah satu cara untuk atasi nyeri haid yang terjadi adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Hal tersebut dapat mengurangi kram yang terjadi ketika haid datang. Biasakan untuk membawa sebotol air putih ketika kamu di kantor. Kamu juga bisa mencampurnya dengan sedikit perasan lemon, supaya kamu lebih bersemangat untuk minum air putih. Selain itu, kurangi konsumsi garam dan hindari konsumsi alkohol yang dapat mengeluarkan air dari tubuh.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Cara atasi nyeri haid saat di kantor lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat. Makanan-makanan tersebut adalah yang terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, hindari makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak minyak, seperti donat dan gorengan yang berlemak. Makanan yang mengandung vitamin E, B1, dan B6, magnesium, seng, dan asam lemak omega-3 dapat mengurangi zat yang menyebabkan kram ketika haid terjadi.

  1. Kurangi Asupan Kafein

Kafein dapat memperburuk kram yang terjadi ketika haid, maka dari itu menghindari kopi adalah salah satu cara atasi nyeri haid yang dapat dilakukan. Selalu hindari kopi dalam bentuk apapun, karena kafein dapat memicu zat yang mengontrol rasa nyeri di perut. Cobalah untuk mencari alternatif lain untuk mengatasi rasa kantuk yang terjadi ketika sedang bekerja selain minuman yang mengandung banyak kafein.

Baca Juga: Ini Manfaat Berolahraga saat Haid

  1. Berolahraga

Cara atasi nyeri haid yang muncul yang lain adalah dengan berolahraga. Walaupun belum ada bukti ilmiah tentang hal tersebut, kebanyakan wanita yang melakukan olahraga ketika menstruasi mengaku rasa nyeri terasa berkurang. Olahraga dapat melepaskan zat kimia pada otak yang disebut endorfin, sehingga membuat perasaan menjadi lebih baik. Olahraga yang mudah seperti joging dapat membantu untuk mengembalikan suasana hati kamu.

  1. Mengonsumsi Vitamin D

Vitamin D dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi. Caranya adalah dengan menghambat produksi prostaglandin ketika menstruasi terjadi. Disebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen vitamin D akan mengalami lebih sedikit gejala kram selama periode menstruasi. Sumber makanan alami untuk asupan vitamin D adalah minyak hati ikan dan ikan yang berlemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel. Makanan lainnya yang kaya akan vitamin D adalah keju, kuning telur, dan jamur.

Baca Juga: 7 Tanda Haid Tidak Normal yang Harus Kamu Waspadai

  1. Melakukan Akupunktur

Akupunktur disebutkan dapat menjadi salah satu cara atasi nyeri haid. Kamu bisa melakukannya sebelum berangkat ke kantor. Akupunktur dapat mengatur aliran darah yang melalui rongga perut dan mengendurkan sistem saraf, sehingga kontraksi otot dapat diminimalisir. Disebutkan bahwa akupunktur sama efektifnya dengan mengonsumsi obat antiinflamasi yang berguna untuk mengurangi rasa sakit. Hal lainnya yang memberi dampak baik pada akupunktur adalah pencernaan yang lebih baik, tidur menjadi lebih nyenyak, dan suasana hati menjadi lebih tenang.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk atasi nyeri karena haid. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal menstruasi, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!