Baik untuk Ibu Hamil, Ini Makanan yang Mengandung Asam Folat

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Juli 2022

“Asam folat adalah salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi selama kehamilan. Mengonsumsi makanan adalah salah satu cara termudah untuk memenuhi asupan asam folat setiap harinya.”

Baik untuk Ibu Hamil, Ini Makanan yang Mengandung Asam FolatBaik untuk Ibu Hamil, Ini Makanan yang Mengandung Asam Folat

Halodoc, Jakarta – Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Asupan yang memadai di awal kehamilan, mampu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. 

Setiap harinya, ibu hamil memerlukan setidaknya 400 mikrogram asam folat. Mengingat nutrisi ini amat penting, ibu hamil disarankan untuk memilih makanan kaya folat untuk memenuhi angka kecukupan tersebut. 

Ketahui Makanan Tinggi Asam Folat

Tidak sulit untuk memilih makanan yang mengandung tinggi asam folat. Bahkan, sebagian besar mudah ditemukan dan diolah menjadi menu sehari-hari. Berikut adalah makanan yang tinggi asam folat yang bisa ibu pilih:

1. Biji-bijian 

biji-bijian

Setiap setengah cangkir biji-bijian mengandung setidaknya 180 mikrogram asam folat. Bukan hanya itu, bahan makanan ini juga dikemas dengan protein, serat, dan rendah lemak. Bisa dibilang, biji-bijian cukup mengenyangkan sekaligus menyehatkan.

Cara mengolahnya pun tidak sulit. Ibu bisa mengonsumsinya dengan cara dicampur ke lauk pauk atau menaburkannya di atas smoothies. 

2. Daun bayam 

daun bayam

Satu setengah cangkir bayam mengandung sekitar 100 mikrogram asam folat. Bukan hanya mencegah cacat tabung saraf bayi saja. Daun bayam juga sarat akan kandungan fitokimianya. Fitokimia seperti beta karoten dan lutein mampu melindungi tubuh dari berbagai bentuk kanker. 

3. Telur

telur

Bahan makanan ini mungkin lebih dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Tapi siapa sangka bahwa telur juga termasuk sumber asam folat. Satu butir telur berukuran besar setidaknya mengandung 25 mikrogram asam folat. Tidak banyak memang. Namun, telur termasuk bahan makanan yang padat nutrisi lho!

Selain menjadi sumber protein terbaik, hampir semua vitamin esensial ada pada telur. Bayangkan saja, ibu bisa mendapatkan asupan folat, protein hingga omega-3 hanya pada satu jenis makanan. 

4. Brokoli 

brokoli

Sayuran hasil persilangan yang satu ini digadang-gadang sebagai makanan super. Bagaimana tidak, brokoli mengandung asam folat dan bermacam-macam antioksidan. Setiap satu cangkir brokoli mengandung setidaknya 50 mikrogram asam folat. Kandungan serat larut didalamnya juga membantu melancarkan pencernaan bumil yang rentan sembelit. 

5. Asparagus

asparagus

Asparagus termasuk makanan dengan kandungan asam folat terbaik. Empat batang asparagus rebus mengandung 85 mikrogram folat.  Sayuran ini juga merupakan sumber potasium dan serat yang sangat baik. 

Ibu juga bisa mencukupi asupan asam folat selama proses kehamilan berlangsung dengan beberapa rekomendasi produk dalam artikel ini: Ini 5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Bumil.

Jika ibu masih ingin tahu makanan tinggi asam folat lainnya, hubungi dokter di aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan siap menjawab semua pertanyaan bumil. Jangan tunda agar kehamilan tetap terpantau, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2022. Top Folate Foods for Pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2022. 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan