Baking Soda dan Baking Powder, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 November 2023

“Baik baking soda atau baking powder, keduanya bermanfaat dalam prosed pembuatan kue. Namun, pemakaian keduanya tidak dapat ditukar karena bisa menurunkan cita rasa makanan.”

Baking Soda dan Baking Powder, Ketahui Perbedaan dan ManfaatnyaBaking Soda dan Baking Powder, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Tak sedikit orang yang menganggap bahwa baking soda dan baking powder adalah dua bahan yang sama. Memang benar, keduanya adalah bahan yang bisa kamu pakai untuk membuat kue.

Namun, baik soda kue maupun baking powder tidak sama, termasuk pula manfaatnya.

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Soda kue atau baking soda adalah bahan tambahan dalam pembuatan makanan atau kue. Bahan ini mengandung bahan kimia sodium bikarbonat atau nama lainnya adalah natrium bikarbonat.

Sementara itu, baking powder atau bubuk pengembang tidak sepenuhnya terbuat dari sodium bikarbonat. Pengolahan bahan ini berlangsung dengan tambahan beberapa zat lain, yaitu penstabil lembam. Adanya kandungan tersebut membuat bubuk ini memiliki rasa yang lebih asam.

Manfaat Baking Soda

Baking soda mengandung zat ragi yang kerap digunakan pada makanan yang diolah dengan cara dipanggang. Produk ini mengandung 100 persen natrium bikarbonat supaya adonan dapat mengembang dengan baik.

Pada dasarnya, soda kue secara alami memiliki sifat basa. Saat kamu menggabungkan dengan bahan asam dan cairan, sifat kimia dari bahan ini dapat aktif. 

Alhasil, makanan mengembang dan menjadi ringan serta lembut. Maka dari itu, beberapa makanan perlu menggunakan bahan asam untuk mengaktifkan efek ini.

Sementara itu, manfaat soda kue untuk mendukung kesehatan tubuh bisa kamu ketahui dengan membaca artikel Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan.

Manfaat Baking Powder

Berbeda dengan soda kue, bubuk pengembang mengandung zat ragi lengkap dengan kandungan basa dan asam.

Semuanya perlu agar makanan dapat mengembang dengan sempurna.

Bubuk pengembang juga mengandung tepung jagung. Bahan ini berfungsi mencegah aktivasi sifat asam dan basa selama proses penyimpanan. Selain itu, bahan ini juga bereaksi dengan air dan bahan asam yang melepas karbon dioksida setelah bercampur dengan cairan.

Saat mencampurkan bahan pengembang dalam resep makanan, kandungannya akan menciptakan dua reaksi yang terpisah. Hal itu terjadi saat kamu mencampurnya pada cairan bersuhu ruangan atau panas.

Sementara itu, pada jenis makanan tertentu, reaksi ini dapat menguntungkan. Sebab, perkembangan ragi tidak terjadi sekaligus, sehingga menghasilkan bentuk yang sesuai dengan keinginan.

Selanjutnya, apakah baking powder sama dengan ragi instan? Sebenarnya, dari segi fungsi, keduanya sama-sama menjadi bahan pengembang. Namun, ragi instan menjadi bahan pengembang roti, sedangkan baking powder menjadi bahan pengembang kue.

Lalu, Kapan Perlu Menggunakannya?

Kamu bisa menggunakan soda kue untuk membuat berbagai jenis makanan, seperti bubuk kakao atau buttermilk. Saat memasukkannya ke oven, adonan jadi mengembang dan teksturnya lembut serta halus.

Bahan satu ini juga dapat membantu makanan panggang menjadi berwarna cokelat. Artinya, seseorang cenderung menggunakan bahan ini untuk membuat beberapa makanan dengan tampilan seperti itu. Contohnya, kue dan biskuit. Baking soda juga menjadi salah satu bahan wajib dalam pembuatan roti, seperti roti gandum.

Sementara itu, kamu bisa menggunakan baking powder untuk membuat kue vanila.  Reaksi akan terjadi kamu mencampur susu yang memicu kelembapan dan suhu dari panas oven. Hasilnya, kue jadi lebih mengembang dan lembut.

Selanjutnya, berapa takaran baking powder untuk 1 kilogram tepung? Sebenarnya, dalam 1 kilogram tepung umumnya menggunakan sekitar 1 sendok teh atau sekitar 5 gram baking powder. Namun, takaran ini dapat bervariasi, tergantung pada jenis resep dan tekstur makanan yang kamu inginkan.

Bolehkah Mengganti Baking Soda dengan Baking Powder?

Jawabannya adalah tidak. Meskipun memiliki nama yang hampir sama, penggunaannya memberi pengaruh berbeda pada hasil akhir kue. Hasilnya, tekstur makanan menjadi tidak sesuai.

Pada dasarnya, kedua bahan kue ini memang sama-masa memiliki fungsi sebagai pengembang dan menciptakan gas. Namun, efeknya berbeda pada kue.

Soda kue yang terbuat dari sodium bikarbonat bereaksi cepat segera setelah bercampur dengan bahan cair. Komposisi asam akan memproduksi karbon dioksida. Bahan ini umum dipakai untuk membuat makanan seperti yoghurt, keju, buttermilk, sour cream, muffin, dan kue kering.

Sementara itu, bubuk pengembang adalah soda kue yang ditambah bubuk asam dan bubuk tartar. Hasilnya memiliki efek lebih besar saat digunakan untuk memanggang kue. 

Sisi baiknya, baik penggunaan soda kue atau bubuk pengembang tidak memengaruhi rasa pada biskuit. Sementara pada cupcake, soda kue tidak menimbulkan rasa yang enak, sehingga bisa merusak cita rasa makanan.

Sederhananya, ketika ada resep kue yang secara spesifik memasukkan salah satu bahan ini, sebaiknya kamu tidak menggantinya. Sebab, kemungkinan hasilnya bisa berbeda dari yang sudah seharusnya.

Efek Samping Penggunaan Baking Powder

Meski berfungsi baik dalam proses pengolahan makanan, kamu tidak bisa memakai soda kue dan bahan pengembang berlebihan. Selain itu, kamu juga tidak boleh memakai kedua bahan ini dalam jangka waktu yang lama.

Buku Sodium Bicarbonate oleh StatPearls Publishing menyebutkan bahwa natrium bikarbonat adalah senyawa kimia yang dapat memicu keterlambatan konduksi jantung.

Selain itu, senyawa tersebut juga memicu asidosis metabolik, kondisi ketika terjadi peningkatan kadar asam dalam tubuh. 

Asidosis metabolik merupakan proses tubuh yang memiliki hubungan dengan:

  • Penyakit ginjal yang parah.
  • Diabetes yang tidak terkontrol.
  • Dehidrasi parah.
  • Gagal jantung.
  • Toksisitas obat.
  • Peningkatan kadar pH dalam urine.
  • Diare berat yang memicu masalah metabolisme tubuh.

Selain gangguan tersebut, kamu juga tidak boleh menggunakan bahan tersebut pada kulit dan wajah. Sebab, keduanya berisiko menyebabkan masalah.

Misalnya, kulit kering, keriput, munculnya jerawat, dan iritasi atau peradangan pada kulit. Baca artikel Kenali Efek Samping Memakai Baking Soda untuk Perawatan Wajah untuk informasi yang lebih lengkap.

Kamu juga tidak boleh menyikat gigi dengan bubuk kue maupun bahan pengembang. Ini karena penggunaan dalam jangka waktu yang lama bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan keropos.

Risiko ini juga sama tingginya untuk beberapa orang yang memiliki riwayat gangguan kesehatan berikut:

  • Penyakit ginjal dan gagal jantung kongestif.
  • Memiliki kadar kalium, natrium, klorin, dan kalsium yang tinggi.
  • Alkalosis, yakni memiliki pH tubuh di atas normal.
  • Alergi terhadap natrium bikarbonat.
  • Ibu hamil.

Kamu bisa membaca artikel Ibu, Ketahui 4 Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Baking Powder untuk mengetahui bahaya bubuk pengembang lebih dalam lagi.

Secara umum, penggunaan soda kue dan bahan pengembang memang aman. Asal tidak berlebihan dan tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Jika mengalami gangguan kesehatan setelah penggunaan, kamu bisa langsung mendapatkan penanganan dengan chat dokter di Halodoc. Agar lebih mudah, kamu bisa klik gambar di bawah ini:

chat dengan dokter untuk dapat solusi kesehatan di Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What’s the Difference Between Baking Soda and Baking Powder?
Food & Wine. Diakses pada 2023. Baking Soda vs. Baking Powder: What’s the Difference?
Medical News Today. Diakses pada 2023. What’s the difference between baking powder and baking soda?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan